5 UPDATE BLOGGER SEJAK TAHUN 2017 PENGGUNAAN A.I. YANG PALING MENARIK

blog dan Artificial Inteligent

1. ARTIFICIAL INTELIGENT (A. I.)

Saya tidak sepenuhnya faham seluk beluk A. I.  (Artificial Inteligent) tetapi melihat perkembangan super neural (super syaraf)  yang di gadang gadang akan menekuk kecerdasan alami kita sampai ketingkat hewan berakal kuno saya jadi sangat tertarik, dan membayangkan betapa kunonya cara ngeblog kita pada zaman sekarang alias zaman now. Kita sedang menuju generasi berikut: Zaman next.
Saya sedang mencoba memahami dan mempelajari algoritma dan menyadari bahwa A.I. memang telah hadir diantara kita dalam berbagai implementasinya di berbagai perangkat, aplikasi atau wearable device seperti jam gelang dan kacamata.

Tetapi Google memiliki "Deep Mind" dan itu bukan rahasia. Sebuah jaringan syaraf neural yang luar biasa rumitnya telah nyaris melilit dunia sekeliling kita.
Dan apakah Google DeepMind itu? Menurut wikipidea:
Google DeepMind adalah perusahaan kecerdasan yang pada awalnya dibuat oleh Britania Raya dan didirikan pada bulan September 2010 dengan nama DeepMind Technologies. 
Perusahaan ini berganti nama setelah diakuisisi oleh Google pada tahun 2014. Perusahaan ini menciptakan jaringan saraf yang mampu dengan sangat baik belajar memainkan permainan video layaknya manusia dan jaringan saraf yang dapat mengakses memori eksternal layaknya mesin Turing konvensional.
Hasilnya adalah komputer yang mampu meniru ingatan jangka pendek otak manusia. Perusahaan ini menjadi sorotan pada tahun 2016 setelah program AlphaGo ciptaannya mengalahkan seorang pemain Go profesional untuk pertama kalinya.
Hari ini jika kita sambil berbaring dan memerintahkan ponsel menulis di halaman dasbor blog,  mereka bisa melakukannya walaupun belum sempurna tetapi benar benar akan menjadi cikal bakal fasilitas ngeblog di zaman next. Seperti yang sekarang sedang saya coba lakukan. Namun saya masih tetap harus memperbaiki space, alinea hingga ejaan baru daripada artikel.

Lalu A.I juga dimanfaatkan untuk sistem sekuriti, mengawasi semua aktivitas ilegal kita pada saat blogging terutama sobat sobat yang rada rada nakal karena ingin cepat mendapatkan penghasilan melalui adsense. Mulai sekarang sobat harus mengerti Google dengan perangkat A.I yang memiliki algoritma rumit itu sudah sangat "berisiko" apabila kita mencoba coba mengibulinya. Ingin tahu lebih banyak gambaran kehebatan A.I.? Baca:

Artificial Inteligent

 

2. META TAG KEYWORD SUDAH TIDAK TERLALU PENTING LAGI

Pengertian meta tag adalah tag tag kata kunci yang memberikan sorotan atau highlight atau penekanan suatu kata kunci pada isi artikel sobat agar bisa dengan mudah di angkut dan ditemukan oleh mesin pencari dan akhirnya dengan mudah berada di hadapan pembaca blog sobat.
Meta tag sudah bukan prioritas lagi bagi mesin pencari
Semakin relevan isi artikel dengan Tag Meta Keyword yang sobat targetkan,  akan mempengaruhi ranking artikel sobat di halaman penelusuran Google atau SERP.

Tapi jangan sampai tertipu karena Google telah lama menon-aktifkan fitur ini, fungsi tag meta keyword sudah lama dimatikan dan sudah tidak penting lagi bagi SEO onpage dan sudah diabaikan oleh mesin pencari.

Mengapa hal itu terjadi adalah tidak lain karena banyaknya penyalah gunaan dan membingungkan tool crawling dalam melakukan penjelajahan. A.I dengan algoritmanya akan menggantikannya.

3. TEMPLATE DEFAULT BARU DAN TEMA AMP UNTUK BLOGSPOT

Sejak tahun 2017 Blogger telah menyediakan tema bawaan terbaru yakni CONTEMPO, SOHO, EMPORIO dan NOTABLE.

Hal ini tentu saja sejalan dengan kebjakan Google agar para blogger pemula dapat membuat halaman blog mereka menjadi responsive dan mobile friendly.
contempo dan variannya dan AMP adalah tema tema prioritas tahun 2017
Google sendiri telah memberi warning akan mem"finalty" blog blog yang tidak responsive sedangkan penyebab halaman blog tidak responsive dan apalagi mobile adalah template klasik blogger yang sudah tua.

Dan sebagian tema tema lama yang masih tersedia di dasbor pengaturan blogger walaupun memiliki opsi mobile, memiliki tampilan yang terlalu sederhana.

Nah bagi sobat yang kebetulan membaca artikel ini dan ingin ngeblog pilihan terbaik jika ingin memulai ngeblog adalah dengan cara memakai atau menggunakan template bawaan terbaru blogger yang telah saya sebutkan diatas. Sebenarnya menggunakan templat template yang lebih tua juga tidak masalah asalkan terlebih dahulu di modifikasi menjadi responsive dan tampilannya di rombak menjadi lebih dinamis. Tetapi untuk melakukannya sobat harus memiliki sedikit pengatahuan dasar HTML.

Yang terakhir program Google adalah membuat project AMP yang sampai saat ini masih menjadi masalah krusial karena:
  • Keterbatasan fitur
  • Tidak bisa digunakan untuk blog dengan kapasitas besar misalnya dipakai untuk suatu blog berisikan konten dan gambar gambar besar dan berat
  • Ternyata kecepatan internet dunia yang semakin cepat dan kuat mulai "mengaburkan" batasan kecepatan template blogger biasa dengan AMP.  Misalnya kecepatan 4G telah mulai merata di negara negara berkembang sedangkan tahun depan pengujian internet 5G akan segera di implementasikan di negara negara berkembang.
  • Kebanyakan situs situs besar dengan tegas menolak template jenis AMP. So AMP sampai kini masih menjadi "identik" dengan situs situs atau blog kecil. Reputasi ini karuan saja tidak menyenangkan.

4. ADSENSE
Adsense adalah impian para blogger yang menginginkan blog mereka bisa mendatangkan penghasilan akan tetapi dalam beberapa tahun telah terjadi banyak perubahan.

Adsense bukan yang terbaik dalam mendatangkan penghasilan namun tentu saja kalau sobat "jujur" sobat harus memiliki paling tidak (ini menurut pakar)  jika ingin mengikuti jalan yang terbilang "halal" dalam menghasilkan uang melalui adsense ini maka paling sedikit blog sobat memerlukan 2,5 juta pengunjung pertahun = 200ribu orang perbulan alias 6,7 ribu pengunjung perhari untuk mendapatkan penghasilan 13 jutaan rupiah perbulan.

Bayangkan adedansasa setelah hampir 2 tahun hanya bisa mencapai 1,02 juta visitor! Apalagi editblogtema yang baru berumur 4 bulan ini.

Tetapi ada hal lain bernama Program buying  jauh lebih mengancam, sama seperti algoritma A.I. yang mungkin cepat atau lambat segera akan "menghukum" blog anda dan jika selama ini anda ternyata mendapatkan uang dengan klik bantuan - dan algoritma A.I. akan memindainya melalui jaringan, lokasi hingga hubungan sobat dengan pihak yang melakukan iligel activity untuk blog  tertentu.

Apa yang disebut sebut sebagai Programmatic buying juga secara signifikan telah memotong penghasilan para blogger, jika sobat ingin tahu lebih jauh apa program buying dan membandingkannya dengan cara beriklan konvensional seperti blogger, silahkan baca salah satu artilkel kami:
TRADISIONAL VS PRAGRAMATIC, SIAPA YANG AKAN MENANG?
Yang memenangkan cinta dan perang selalu hal hal baru. Blogger juga sebenarnya sudah termasuk "old job" .

Tidak mungkin sobat menganggap hape jadul tahun 2013 jauh lebih laris daripada hape pintar tahun 2018 karena dalam segala hal yang lebih baru selalu memiliki segalanya: Kecepatan, model, fitur dan memenuhi hasrat animo berbelanja manusia yang ingin memilikinya.

5. KECEPATAN HALAMAN MOBILE

Bukan tiba tiba saja datangnya, sejak awal tahun 2009 para websider telah menyadari halaman mobile itu penting, dan pada tahun 2013 barulah tiba tiba orang menyadari bahwa halaman mobile itu sangat penting. 

Hampir 80% pengguna internet mengakses internet dan bertemu iklan bisnis via mobile tingga 20% melalui perangkat Telivisi,  dekstop, laptop dan lainnya. Dan tercatat 75%  orang melakukan transaksi via mobile: Belanja dan transaksi online, bayar listirik, air, pajak dll.

Dan ini berimbas pada cara penggunaan blog juga, mau tidak mau harus mobile, ingat bukan sekedar mobile friendly lagi tapi benar benar mobile. Dan ini mencakup kecepatan halaman blog.

Antar muka (UI) blog berubah menjadi semakin 'friendly' dan teknik UX-nya semakin memanjakan pengguna, lalu hal ini berimbas pada kecepatan ketika teknologi jaringan secara signifikan juga berubah menyesuaikan diri dengan teknologi baru ini (mobile) maka ditetapkanlah standar mobile. Kalian juga akan melihat di halaman webmaster notifikasi. Pengindeksan halaman web dialihkan ke mobile. Artinya Mobile di utamakan (di nomor satukan) dan halaman dekstop di tinggalkan perlahan lahan.

Bonus: merobah judul menjadi keyword secara otomatis.

Ini saya dapatkan dari blognya ARROX menurut penulisnya trik ini dapat membuat blog kita semakin SEO (search engine optimation). Dengan cara ini maka dengan sendirinya kita akan bisa membuat keyword otomatis.

Langsung saja kepada cara agar judul postingan sobat menjadi keyword otomatis.

Seperti biasa Pertama harus login ke pengaturan blogger sobat:

Pilih:
  • Template 
  • kemudian pilih edit HTML
cari kode/tag lebih mudah dengan cara tekan tombol CTR+F untuk mempermudah pencarian kode dibawah ini:
<title><data:blog.title/></title>
atau kalau tidak ketemu kodenya mungkin seperti dibawah ini:
<title><data:blog.pageTitle/></title>
Jika sobat sudah menemukannya ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini:

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'><title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title><b:else/><title><data:blog.pageTitle/></title></b:if>

Simpan jika sudah selesai.

Ini bisa diterapkan jika sobat adalah pengguna templat lama bawaan blogspot seperti sederhana, awsome, perjalanan dst. Tapi kalau sobat menggunakan templat template terbaru seperti contempo, emporio, soho dan terkemuka, trik ini tidak dapat diterapkan karena kode diatas tidak dapat ditemukan didalam struktur tema tema default (bawaan) blogspot terbaru. Dia ditulis berbeda.


www.editblogtema.net

20 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. ulasannya sangat menarik, di mulai dari alogaraitma ai, adsense, dan sebagainya, dari haru ke hari selalu berubah, kita sebagai Blogger jangan sampai ketinggalan

    BalasHapus
  2. woow ternyata banyak yang berubah ya.. Artificial inteligent ini baru saya dengar. Saya suka sekali gaya penulisan abang ini, saya tidak bosan membaca sampai selesai dan mendapatkan info yang sangat berharga.
    Salam kenal bang dari Blogger Pemula (yang belum diterima adsense)..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti kata Einsten: Tidak ada yang abadi, kecuali perubahan itu sendiri.

      Hapus
  3. Runut dan jelas...

    Untuk google adsense memang rada sulit jika ingin mendapatkan hasil yg maksimal.

    Tdk boleh santai 😀

    Nice article prend .....

    BalasHapus
  4. Ulasan yg keren dan sangat berbobot.
    Hal lain dgn gmail, kita dibuntuti google kmn saja kita pergi.

    Susah menghilangkan jejak 😁

    BalasHapus
  5. Selain adsense, para blogger sudah mulai giat mendulang uang dari Content placement... ohy kira2 berapa yach jumlah blogger di Indonesia ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun 2015 saja tercatat 3,5 juta blogger di Indonesia.Itu kalau menurut Marketing.id.

      Sedangkan content placement mirip produk review.

      Hanya bedanya pada cara penerapannya: Review produk kita bikin artikel (walau kadang ditentukan juga oleh pihak advertiser) guna mempromokan produk mereka atau suatu produk tertentu.

      Sedangkan Contet Placement seringnya artikel sudah disediakan oleh pihak advertiser kita tinggal mempromokannya saja di halaman blog atau web kita. Sayangnya yang terakhir bayarannya murah sekali.

      Itu menurut CampaignIndonesia.com

      Hapus
    2. enggk nyangk sekarang ngeblog udah beralih jadi pekerjaan juga ya kang,..he-he

      Hapus
  6. Jadi pesan moralnya gk usah nakal.. kelacak ma gugel :)

    BalasHapus
  7. ternyata udah banyak juga ya google melakukan update dan inovasi pada produinya mas ya,..tapi jujur saya suk bnaget sama mbah google ini, untuk ngeblog jadi simpel, blogspot memang penuh dengn kesederhanaan, cuma dalam hal templete mungkin yang harus digenjot lagi inovasinya,.mantap infonya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Einstein: tidak ada yang abadi, kecuali perubahan itu sendiri

      Hapus
  8. Iya tampilan blog ku jg msh bawaan dr blogger. Tp beehubung gk ngerti html ya dh gitu aja tampilannya krg menarik... Apag adsense... Mo dpt visitor segitu kyknya mimpi kl yaa.. Makanya aq ngeblog ga kwpikiran ads segala tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adsense tidak memilih blog dengan tema bawaan atau berbeli. Lagian templat bawaan bisa jauh lebih baik dari template berbeli, tinggal di edit saja

      Hapus
  9. Ada yang menyita perhatian saya...pada teks paling bawah....kira-kira works nggak ya....Gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya work tapi nyobanya belum lama sih

      Hapus
  10. banyak baca banyak tahu itulah aku,mungkin jika saya tidak rajin baca? informasi ini tidak akan saya tau.info pengetahuan di era globalisasi yang semakin dan semakin wow!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat saya salut sama semangatnya hehehe..

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak