MENGAPA SEO ITU SEBENARNYA ADALAH OMONG KOSONG?

Hingga 2019 para blogger terus bertanya tanya perihal SEO termasuk saya juga. Ketika akhirnya membaca artikel artikel berbahasa inggris perihal SEO saya langsung berkesimpulan itu bukan untuk saya. Terlalu rumit, terlalu tidak berfaedah. Terlalu tidak masuk akal.
blogger kecil membutuhkan seo ha ha ha
Memang benar mesin pencari telah dioptimalkan untuk umpan balik kata kunci seperti yang mereka ceritakan, itu memang sangat penting bagi mereka, tapi cobalah sobat simak baik baik:

Sah sah saja mencari dan membuat kata kunci, (saya langsung ingat hanya kata kata dan ingat kunci kunci saja bentuknya seperti sebuah gembok dan anak kunci). tapi mungkinkah  disana itu ada kebutuhan blog saya?

Coba bayangkan lagi mereka mengajukan kata kunci properti pada peringkat tinggi dan paling mahal, lalu apa faedahnya buat blog saya? Hanya buang buang waktu, para "pebisnis" SEO dan tukang buat konten SEO tidak akan menyasar kita, mereka menarget website website flamboyan berorientasi bisnis. Sekali lagi saya bertanya, apakah blog blog sobat pemula akan menerapkan SEO seperti itu? Mungkin tidak akan pernah, tapi mungkin saja sobat hanya membutuhkan apa yang sobat butuhkan, jangan membuang buang energi, kecuali memang jika sobat memang membutuhkannya.

APAKAH SEO YANG BAIK  BAGI BLOGGER PERSONAL DAN PEMULA?

Dibawah ini adalah kunci SEO yang tepat untuk blog sobat, terapkanlah ini terlebih dahulu jika sobat ingin blognya cepat mendapatkan rating tinggi:
  1. Buatlah Konten. Mana ada blog hidup tanpa konten. Semakin rajin sobat menulis, semakin sibuk mesin pengangkut mengirim artikel sobat. Bahkan artikel copas saja tetap diangkut oleh si mesin apalagi artikel original. Semakin besar pula peluang blog sobat disambangi oleh pengunjung untuk melihat lihat. Ibarat toko yang selalu melengkapi dagangannya tentu akan lebih berpeluang menjadi pilihan orang untuk bertandang.
  2. Kirimkan artikel ke webmaster. karena dengan itulah kita membantu mesin pencari menemukan konten yang telah susah paya kita buat agar sampai kehadapan pembaca.
  3. Kecepatan template. Penting sekali. Hari segini masih pakai templat lelet?  Astaga...berani mati itu! Lebih baik sederhana tapi cepat ketimbang tema cantik tapi lambat dan loadingnya berat. Kecepatan juga diukur berdasarkan berapa lama pada saat pertama sekali orang membuka blog sobat melalui facebook atau media sosial lainnya.  Blog yang loadingnya lambat pasti akan ditinggalkan, demi kecepatan ini bahkan Google bela belain menyederhanakan halaman web melalui projek AMP. Template AMP ini dibuat sesederhana mungkin, seringan mungkin elemennya hanya HTML dan CSS dengan beberapa aturan menyangkut pembuatan konten denan gambar.
  4. Harus terbiasa nulis konten pakai hape. Perihal ini telah kami singgung dalam artikel terpisah pada blog ini. Dengan terbiasa menulis pakai hape otomatis blog sobat sudah mobile. Blog mobile friendly yang nyaman di akses melalui mobile (hape dan tablet) sangat di "cintai" oleh mesin pencari karena google sudah mewanti wanti agar orang ngeblog mobile. Lagipula dengan terbiasa menulis artikel memakai hape sobat akan menjadi lebih produktif, walaupun sobat bisa membuat halaman blog mobile dari PC namun jika terbiasa menulis via hape sobat tidak akan bergantung pada laptop dan pc desktop lagi. Kapan saja waktunya dan dimanapun tempatnya pasti sudah bisa menulis. Yang penting punya hape. Contohnya artikel ini tidak saya tulis melalui laptop samasekali.
  5. Jangan memasang iklan pop up berlebihan yang bisa menutup konten. Tahun 2019 pembaca mulai muak dengan situs yang keseringan menampilkan iklan pop up terungkap dari beberapa diskusi di forum forum terbuka. Sejak dulu mereka sudah pasti tidak menyukai itu, tapi tahun ini adalah puncaknya dengan terdeteksi maraknya pemasangan anti ads. Sobat bayangkan iklan iklan yang sobat pasang akan sia sia dan tidak menghasilkan pendapatan kecuali sedikit. Jadi sebaiknya batasi pemasangan iklan kalau sobat memang berkomitmen mau ngeblog. Rating editblogtema menukik naik setelah "menghilangkan" iklan. Namun sobat tidak perlu menirunya, sobat hanya perlu mengatur tampilan iklan agar tetap memberikan pengalaman membaca yang baik bagi pembaca untuk konten konten yang telah sobat buat.
MENGAPA DILUAR ITU SEO HANYA OMONG KOSONG?

Diluar yang saya sebutkan diatas itu SEO adalah omong kosong, HOAX bin ngibul karena alasanya:
  1. SEO itu hanya omong kosong jika merujuk kepada Stockholm Syndrom. Apa blog kecil sobat butuh laporan bulanan, memiliki klien bisnis. Apakah mereka menanggapi dan mengirimkan laporan mereka. Bisnis apa yang sobat miliki dengan paperwork yang juga bakal menelan beaya? Apakah sobat pikir blog sobat terlihat hebat dengan menyembunyikanya dibalik tempilan template? Sobat kira orang tidak bisa membaca kondisi "kemiskinan" blog sobat dengan mudah melalui inspect elemen?
  2. SEO itu hanya omong kosong kalau sobat bukan bagian dari lingkaran daripada kalangan pemasaran suatu bisnis. Kalau sobat tidak pergi ke pesta bersama mereka. Kalau sobat cuma ngeblog seorang diri, sekali lagi apa bisnis sobat? Apa itu SEO bagi website atau blog sobat? 
  3. SEO itu benar benar omong kosong kalau website sobat adalah maaf, website miskin, pengunjungnya masih 3 ribuan perhari. Apakah sobat telah membayar jasa jasa administrasi demi pelanggan? Pelanggan apa yang di miliki oleh editblogtema.com selain hanya membuat konten blog dan menayangkan iklan dari Google?
  4. SEO juga demi Tuhan sangat omong kosong kalau sobat tidak mengerti dengan tepat kebutuhan pengunjung blog sobat, apa yang sobat tawarkan kepada mereka, apakah mereka pernah menghubungi sobat melalui email sehingga sobat sibuk membalasnya? Sobat tahu berapa email yang masuk ke admin Kaskus setiap hari? Berapa email yang masuk ke dewan redaksi detik.com? Banyak sekali sampai mereka membutuhkan orang  yang ahli untuk menangani itu.
Lebih omong kosong lagi kalau saya menulis perihal SEO yang nyasar kalangan atas itu dan tidak berguna bagi website selevel saya yang kecil ini. Karena saya tahu betapa omong kosong itu menjadi kenyataan karena mereka tidak akan membaca sebuah site sekelas blog saya. Mereka lebih menguasai apa yang mereka butuhkan ketimbang usaha saya menulis apa yang sebenarnya tidak termasuk dalam daftar kebutuhan saya.

Teruslah menulis melalui blog dengan alami, skip saja tawaran SEO yang kebanyakan meminta bayaran jasa SEO. Percayalah jika sobat adalah blogger pemula seperti saya. SEO itu hanyalah omong kosong.

12 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Ini yang saya suka, pemain lama kadang ga paham bahwa masyarakat kita itu semakin cerdas, semakin kritis, serta sudah bisa memilah dan memilih. Trus saya cuma mau sharing info om, bahwa blog dimata google tidak pernah terkatagori high, selalu berada di level medium walaupun dalam tanda kutip beberapa kelompok saling meng-elu-elu kan sesamanya seolah-olah blog tersebut adalah yang terbaik (trik seo kuno). Yang dengan kejelian bisa kita lihat seperti pembodohan terselubung. Dan info tersebut dari rekan-rekan saya yang sudah bertahun-tahun bertugas me-review hasil karya kita seperti blog dan youtube.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju...kita selalu berada di level dibawahnya.

      Hapus
  2. Sepertinya ada artikel anda yang salah...hubungan antara menulis di hp dengan template versi AMP jelas jauh berbeda...atau mungkin anda belum tau cara buat artikel di blog AMP????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas berbeda sekali tulisan ini tidak bermaksud menyamakannya. Tapi hanya sekedar "to encourage" orang orang agar menulis dengan cara lebih mobile

      Hapus
    2. Saya tau abang menggunakan akun beda di envanto market membuat dan menjual tema tema AMP wordpress, adik saya beli katanya mantap sekali bang.

      Hapus
    3. Steward, masak? Apalagi yang sobat ketahui? Seperti kenal nih?😊

      Hapus
  3. Joss.kadang kala saya juga memikirkan hal seperti itu.
    Saya pernah berkata bahwa Seo itu cuma bisnis

    BalasHapus
  4. mantap kang, yang penting sekarang bat konten sesuai dengan kebutuhan pembaca hehhee

    BalasHapus
  5. Swear, bang tadinya dikira bule yang buatin he he he..ane kakaknya Jessika, bang. Salam kenal klo abang merasa belum kenal.

    BalasHapus
  6. om sofyan Ya-an gmana mengatasi url inpection atau URL tidak ada di Google
    Halaman ini tidak ada dalam indeks, tetapi bukan karena kesalahan. Lihat detail di bawah untuk mempelajari mengapa itu tidak diindeks ???
    ikutan juga otak atik template jadi hancur.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. @suara Harian Oto Beroda Tiga: Itu tidak di index bukan karena kesalahan, tidak ada yang perlu di kuatirkan. Request lagi. Ada memang beberapa konten tidak segera di 'angkut' oleh mesin pencari. Coba cari apakah ada memasang kode atau gambar yang terlalu melebar kekanan sehingga halaman jadi tidak mobile?

      Misal gambar ke gedean. Setelah diperbaiki kembali ke halaman consol webmaster dan centang halaman sebagai 'telah diperbaiki' dan hanya tunggu...saya paling sering mengalaminya. Ngomong ngomong halaman blog ini tahun lalu hanya 500 orang perhari sekarang sudah 2000-an padahal sudah tidak saya urus lagi karena lebih banyak buat konten video di medsos FB dan IGTV, lebih menjanjikan. Memang trafik disana harus sangat tinggi.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak