Pengalaman untung dan ruginya memakai domain blogger berbayar

Domain berbayar? Pasti harus bayar bisa otomatis pertahun seperti orang ngutang sih,akan ditagih, diingatkan atau dipotong otomatis dari PayPal, kartu kredit, kartu debit dan berbagai opsi pembayaran lainnya.
Beraneka ragam ekstensi domain
Walau demikian saya rela merogoh saku dan membayar sewa domain setiap tahun. Jujur kalau editblogtema mengikuti saran teman teman yang lebih duluan ngeblog hanya dengan satu alasan ini:

  1. Biar blog terlihat professional dan tidak murahan. 
Padahal blognya masih sama saja: blog murah dan hanya berubah ektensi pada ujung alamatnya dari editblogtema.blogspot.com menjadi editblogtema.net. Menggunakan jasa domain Google supaya stabil sepanjang waktu.

Kalau blogger master pasti punya alasan yang jauh lebih baik, kalau pemula seperti saya, ya begitulah yang terjadi.

Hari ini seorang teman datang minta tolong karena masa berlaku domain sudah habis. Dia bilang kalau tidak diperpanjang nanti blognya tidak dapat diakses, kan sayang.

Karena saya masih memiliki deposit di PayPal saya tidak perlu berfikir panjang langsung saya bayar dan blognya selamat lagi selama satu tahun daripada kembali menjadi blogspot.id tetap berekstensi.com. Dia senang dan saya habis uang.

Nah disitu kerugiannya. Kalau tidak segera diurus blog tidak akan bisa diakses kecuali melalui setting tertentu. Padahal jika dari awal kita tidak membeli domain blog tetap akan berkembang asal rajin diupdate. Banyak kok blogger yang tetap menggunakan blogspot.com atau blogspot.co.id tumbuh menjadi besar dan terkenal. Jauh sekali diatas editblogtema.

Jika ada yang bilang kalau tetap pakai sub-domain blogspot tidak bebas sewaktu waktu blog bisa di banned itu ada benarnya  itu kalau sobat ngeblognya "nakal" tapi pada waktu itu saya tidak pernah tahu dan kalau sewa domain itu sama artinya kita memiliki domain kita sendiri. Ada benarnya juga sedikit nakal gak apa apa. Namun yang namanya kesalahan tetap saja akan berhadapan dengan aturan "violation of conduct" yang telah ditetapkan oleh Google.

SUKSES KARENA SOBAT FOKUS DAN RAJIN.

Lagipula, sukses tidaknya ngeblog bukan karena blog sobat memiliki domain berbeli. Ingat Linda Ikeji yang tetap sukses luarbiasa walau pada waktu itu blognya adalah sub-domain gratis blogspot? Memang sekarang sih websitenya sudah pasang domain dan hosting berbayar.

Sukses tergantung orangnya, lain hal itu hanyalah faktor pendukung.

Artinya dia telah ngeblog dengan benar, pada saat blognya dibanjiri pengunjung barulah dia mengupgradenya menjadi blog premium.

Apa yang terjadi pada blogger blogger kecil seperti saya? Kadang langsung beli domain, pasang hosting berbayar padahal blog belum menghasilkan apa apa. Yang penting gengsi. Saya tidak mengatakan itu salah dan saya tentu tidak pernah menyesal walau kini blog saya sudah mendapat support dari satu orang yang bersedia mendanainya sebagai ganti karena saya memberikan bimbingan belajar pada anak prempuannya, saya tetap saja merasa ada yang kurang beres. Sampai kapan?

Tapi tentu saja saya tidak terlalu memusingkan hal itu.

Saya hanya iri pada para blogger yang konsisten, mereka ngeblog tanpa memikirkan domain. Dan blog mereka sukses. Yang premium itu ternyata adalah orangnya bukan halaman blognya hehehehe..peace

4 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. bener banget ka sofyan,, wajib si pake domain berbayar biar keliatan profesional dan gak gratisan hehe dengan begitu job akan kunjung datang dengan banyak hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya untuk blogger yang sudah mendapatkan penghasilan😊

      Hapus
  2. Kemarin mau ikut program content placement ternyata harus TLD mas... ada pengaruhnya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mengikuti program content placement ya memang harus, itu sebenarnya juga aneh.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak