MANFAAT MEMBUAT TEMPLATE BLOG BERSAMA W3SCHOOL SIMPLE DAN STYLISH

Sebagai blogger rasanya kita tidak dapat mengabaikan sebuah template. Template itu ibarat pakaian atau rumah bagi sebuah blog. Menarik atau tidaknya sebuah blog dimata pengunjung dan dan juga dimata mesin pencari tidak terlepas dari template yang dipakai oleh blog tersebut.

Saya ingin memperkenalkan template w3school yang stylish namun dibuat dengan elemen yang sangat simple dan sederhana. Simple berarti cepat karena tidak banyak terhalang oleh berbagai elemen elemen tidak berguna.
Ringan, simple dan cepat
Tentu saja template ini dibuat oleh w3school berdasarkan semua tutorial yang telah di posting di halamannya.

Tapi sebelumnya saya ingin sedikit memberi gambaran: Awalnya blogging tidak apa apa pakai template bawaan (default theme) blogger, namanya juga pemula, ya kan. Namun sekian lama waktu berlalu, sobat mulailah mencoba memakai template blogger buatan pihak ketiga baik yang gratis maupun yang berbeli. Nah setelah sobat memahami cara kerja HTML tidak ada salahnya mencoba atau berlatih mendesain template untuk blog sobat sendiri.

Adapun keuntungan membuat tema atau template blogger sendiri diantaranya adalah:
  1. Melatih diri untuk memahami cara bekerjanya elemen elemen html seperti xml, css dan Js demi meningkatkan kinerja blog pribadi kita.
  2. Melatih dan mengasah kreativitas. Karena mendesain template bukan hanya membutuhkan pengatahuan koding tapi daya kreatif seorang seniman juga.
  3. Meningkatkan pengatahuan blogging, mempertebal rasa percaya diri dengan nilai lebih pengatahuan dan ketrampilan programming bahasa web.
  4. Dll

Saya memberikan sedikit contoh projek bagaimana memanfaatkan editor online w3school, disana sobat bisa mengutak atik css untuk merobah warna dan tampilan template yang sudah ada, atau mengganti link gambar gambar pada HTML untuk menampilkan gambar sobat sendiri.

Contoh: (klik saja gambar untuk masuk ke online editor)

Editor online w3school

Projek diatas hanya contoh dan tidak saya selesaikan semata mata untuk menunjukan cara kerja editor online dan dampaknya secara visual.

Klik "Try it Yourself" dan kalau sudah masuk jangan lupa klik "Run" warna hijau diatas  editornya, mari bermain main dengan koding!

Template ini bebas dipergunakan, sobat bebas mengedit, Membuat template yang sesuai dengan niche blog yang sobat pilih. Klik Demo untuk melihat contoh tema, dan klik "Try it Yourself" untuk belajar mengedit dan membuat templatenya menggunakan online text editor w3school. Jujur saya sukses membuat template saya sendiri karena belajar dari editor online yang hebat dan simple ini.

Semoga bermanfaat!


www.editblogtema.net

6 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Templatenya stylish banget...
    btw, sebulan yang lalu saya coba ganti template, karena ga ngerti blog-nya jadi acak-acak, akhirnya beli dan cari yang penjualnya kasih free installation..:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Lantana magenta hermosa, Sebenarnya saya selalu bersedia membantu saya juga membuat template yang saya gratiskan.

      Terutama yang berbasis blogspot

      Hapus
  2. sy sudah cek, ini seperti hanya membangun laman HTML biasa...
    pandanganku, hanya bisa satu laman dibuat. sy juga ndak tau bagaimana jika klik tombol (apa aja) dapat terhubung ke laman lain... :)
    jadi blm cukup untuk membuat template blog.

    *sy juga bertanya2 dimana bisa membangun templet blog dari nol ya?. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. W3school lebih kepada pemahaman bagaimana halaman web bekerja tetapi juga dapat diterapkan membuat templat sederhana blog. Jika kita mengikuti seluruh tutorial, dan bukannya penggalan halaman contoh ini, Kita akan memdapat gambaran menyeluruh bagaimana trik membuat sebuah tema atau templat.

      Bagaimanapun situs ini sangat cocok untuk belajar kearah itu.

      Hapus
  3. Jika tidak salah saya pernah menggunakan templet ini , lumayan cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Templat ini tidak serta merta dapat diaplikasikan ke blogger sebelum melalui beberaa penyuntingan. Memang beberapa teman teman telah menggunakannya setelah melalui penyuntingan sederhana agar memiliki semua tool dan opsi blogspot.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak