7 bahasa programming yang masih top di tahun 2021


Halo gen Y, Halo zen Z,

6 bahasa programming populer hingga saat ini
√Posisi Java tahun 1997«

Tahun 2019 datang ditandai kebangkitan generasi Z dan generasi millennial (zen y) akan segera berlalu, mereka kini pada sudah hidup mapan dan berkeluarga. Sedangkan Gen x mulai pensiun dan hidup tenang dengan pilihan hidup mereka. Sebagian sudah menjadi pemilik usaha, Wow.

Seperti yang kita maklumi, generasi Z lahir benar benar di era teknologi internet dan programming sudah demikian majunya bayangkan jika generasi x baru mengenal koding dibangku kuliah dan generasi millenial baru memulainya setelah SMP dan SD, calon programmer gen Z telah mengenal dan dapat menjalankan koding sejak usia 7 tahun! Tidak heran ini adalah zaman mereka.

Lalu bahasa program mana yang paling laris dan dibutuhkan oleh perusahaan besar ditahun 2019, 2020, 2021?

1. Java
Oranga Indonesia sebaiknya belajar Javalah, bahasa program yang satu ini memang diambil namanya dari nama pulau Jawa tetapi sebenarnya dari nama kopinya yang mirip mirip kopi tubruk itu, lho yang konon dulu sangat digemari oleh pencipta bahasa pemrograman Java.

Mengapa Java penting? Karena bahasa milik perusahaan Oracle ini di pergunakan oleh ratusan juta segala jenis perangkat dan gadget di seluruh dunia. Hape dan tablet ditangan sobat jika dia adalah Android maka dia dibangun dengan basis Java. Laptop dan desktop dikantor sobat dan lain lain.

Bayangkan berapa banyak projek pekerjaan disana yang akan menjadi peluang pekerjaan sobat, ingat beberapa projek dapat dengan mudah dimenangkan oleh seorang programmer yang menguasai bahasa ini.

Pengguna:
Tidak usah diragukan lagi, Amazon, Google, youtube dan twitter dibangun dengan Java. Makanya, jika sobat ingin mendapatkan basis pengembang yang sangat besar dan mencari karir disana, Java wajib dipelajari.

2.  Phyton

Boleh dikatakan-walaupun saya menempatkannya diurutan ke-2, Python adalah bahasa program kelas satu di dunia pada saat ini.

Ya di pasar bursa kerja terkait teknologi Python adalah bahasa yang paling popular dan paling dominan di atas dunia masa ini.
Menurut survey dari tahun 2018, 48% responden menyatakan Python adalah bahasa program yang paling penting untuk dipelajari. 75% dari mereka menyatakan Python adalah bahasa program yang yang paling banyak digunakan untuk data sains.

Dari sisi manapun sobat melihatnya dan bila ingin mempelalarinya, Python sangatlah penting. Mudah dipelajari, dan gratis lagi.

Pengguna Python:
YouTube, Instagram, Pinterest, SurveyMonkey semuanya di "built up" menggunakan bahasa Python.

Dipergunakan juga untuk sains dan aplikasi aplikasi kumputer seperti FreeCad dan Abacus.  Jika kamu adalah generasi Y dan Z ini saatnya belajar Python!

3. JavaScript
JavaScript tidak sama dengan Java walaupun namanya rada rada mirip. Jika sobat ingin menjadi desainer aplikasi frontend bahasa ini wajib dikuasai. Memiliki fitur interface yang kaya, bahasa tunggal untuk server menjadikan bahasa ini sangat berperan dalam desain web. Saya sering memanfaatkannya didalam membuat templat blogspot.

Pengguna:
Wikipedia, Facebook, Google, Youtube, editblogtema juga pakai he he he.. 

4. Swift

Nah akhirnya ada juga bahasa program yang dikembangkan oleh pihak Apple menjadi bahasa program terbuka.
Aslinya untuk menggantikan bahasa program C maklum pada masa itu dan hingga sekarang Apple selalu menjadi rival beratnya Microsoft.

Namun pada perkembangannya bahasa yang satu ini telah berevolusi tanpa kentara menjadi bahasa platform mobile. Namun sesungguhnya bahasa ini support hampir pada semua platform dimulai dari ring bahasa pemrograman hingga Objective-C. Secara luas dipakai untuk aplikasi aplikasi Mac dan Linux. Umumnya dipergunakan untuk untuk basis mobile seperti iOSnya Apple.

Wah sobat harus perhatikan: menguasai swift berarti akan berpeluang mendapatkan penghasilan besar apalagi sebagai developer iOS.

Pengguna:
iOS, Modzilla firefox, game seerti plaffy birds dll.

5.pHP

Eits, bukan "pemberi harapan palsu" ya. Bahasa yang satu ini bekerja pada server. Klo sobat pernah bikin templat wordpress bahkan blogger sobat akan mengerti gambaran caranya bekerja.

Programmer dapat meng"embed" kode kode yang ditulis didalam server ke dalam HTML tanpa cacat dan cela. Dia memegang peranan penting pada penulisan program di dalam server.

Intinya bahasa programbPHP adalah bahasa program untuk server.

Pengguna:
Yahoo, wikipedia, wordpress dll.

6.Ruby
Ini bahasa pavorite saya pada saat ini karena memang sedang mempelajarinya.

Bahasa bahasa pemrograman jenis OOP memang banyak sekali di minati salah satunya adalah Ruby. Apa itu OOP?
Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrogramanberdasarkan konsep "objek", yang dapat berisi data, dalam bentuk field atau dikenal juga sebagai atribut; serta kode, dalam bentuk fungsi dan prosedur atau dikenal juga sebagai matode. 
Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. 
Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,
Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik peranti lunakskala besar. 
Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.
Ruby sangat mudah dipergunakan memiliki permintaan yang tinggi terutama oleh kalangan start up, dan bisnis.
Pengguna:
Airbnb, GitHub, dan beberapa plaform populer menggunakan bahasa program Ruby

7. Kotlin
Kotlin adalah bahasa pemrograman Android, dengan belajar kotlin, tujuan perjuangan sobat akan menjadi jelas: Menjadi developer aplikasi dan game Android yang tentu saja sampai saat ini peluangnya masih terbuka lebar. 
Menjadi seorang programmer kotlin tentu saja memiliki prospek untuk mendatangkan penghasilan jadi cukuk baik prospeknya secara finansial. 
Menurut laman aslinya:
Kotlin adalah bahasa pemrograman modern yang diketik secara statis yang digunakan oleh lebih dari 60% developer Android profesional yang membantu meningkatkan produktivitas, kepuasan developer, dan keamanan kode.

Untuk mempelajarinya silahkan kunjungi:
https://developer.android.com/kotlin

Rasanya klo sobat menguasai salah satu bahasa bahasa pemrogman diatas sobat bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan berupa projek projek pengembangan.

www.editblogtema.com

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. wah, sepertinya saya harus pelajari semua nih bahasa pemprogramanny, biar saya kaya raya,..ea,...dengan begitu akan saya bantu semua rakyat indonesia,..ea,...semoga aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mulianya hati Lee Kuan Yew 😂

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak