Ketika A.I. mengambil alih semua pekerjaan dan keahlian manusia

Perkembangan A.I atau kecerdasan buatan tumbuh jauh melampaui perkembangan kecerdasan manusia dalam hal kecepatannya. Bagaimana tidak? Manusia harus berevolusi pelan butuh puluhan juta tahun sampai menjadi manusia modern dan berintelijensia, sementara mesin terus berevolusi menuju makhluk cerdas baru rasanya hanya butuh waktu sekejap mata. Hari ini saja kehebatannya sudah sampai ketaraf ini, bagaimana kelak seratus tahun lagi?

mereka semua ciptaaan A.I. bukan manusia

Kita semua akhirnya tahu tentang komputer yang kecepatan dan kecerdasannya terus berkembang pesat. Hari ini komputer telah mulai mengambil alih pekerjaan rumit yang sangat sulit untuk dapat dilakukan oleh manusia tanpanya.

Bahkan di Jepang komputer mampu memenangkan penghargaan sastra karena berhasil menulis karya sastra yang memukau. Kalu di runut runut tanpa kita sadari bagai manusia yang tumbuh dari bayi hingga dewasa komputer juga telah berevolusi:
  1. Tadinya kita yang mengoperasikan komputer untuk meringankan tugas kita, dia hanyalah "alat" kerja
  2. Kemudian komputer mampu belajar sendiri dan menerapkan apa yang dia pelajari
  3. Hari ini komputer bahkan mampu berkarya
  4. Kelak komputer akan memiliki A.i yang otonom, memilki kecerdasan yang kognitif, keinginan yang bebas dan imajinatif. Bahkan mampu memanipulasi keinginan manusia sebagai penciptanya demi kepentingan ras A.I (Digital human alternative)
Hari ini kita melihat bagaimana komputer melukis atau menggambar wajah manusia dengan presisi amat tinggi dan anda akan menyangka wajah wajah dibawah ini adalah wajah beneran ada orangnya:

wajah wajah hasi teknik CGI oleh A.I.

Tetapi sesungguhnya Anda dan saya keliru ternyata wajah wajah ini murni hasil teknik CGI dan imajinasi dari sang A.I komputer! Komputer komputer jenius seni ini menggambar wajah manusia dengan detail dan presisi:
  1. Mengambar karakter wajah pria dan wanita dengan presisi tinggi 
  2. Menggambar warna kulit, rambut dan mata 
  3. Menggambar jenis dan style rambut 
  4. Membedakan dan melukiskan senyuman pria dan wanita 
  5. Melukiskan gambaran sosok manusia secara ras, kebangsaan dan suku. 
  6. dan banyak lagi
Mungkin masih banyak orang yang sangat heran kok Pelaku teknologi kondang seperti Hawking dan Elon Musk bahkan sangat kuatir melihat perkembangan kecerdasan buatan yang sangat pesat ini...

Rasanya benar kekuatiran mereka berdua ya: Manusia akan menjadi pencipta yang dikalahkan oleh ciptaannya, Suatu hari Artificial Inteligent akan menekuk kecerdasan manusia sampai ke level kuno jika dibanding dengan kecerdasan mereka..
www.editblogtema.net

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. keren juga ya gan teknologi a.i ini ya bisa bikin karakter wajah seseorang, memang luar biasa perkembangan teknologi dan informasi saat ini ya, semuanya serba canggih ;)

    BalasHapus
  2. Dengan ini pekerjaan jadi lebih mudah pastinya asal tetap digunakan secara bijak pastilah hasilnyapun akan luar biasa, salut dah untuk perkembangan teknolgi jsman sekarang 👍

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak