Aibo robot anjing mainan yang cerdas dan lucu

aibo, robot anjing yang pintar

kredit gambar: Gizmodo.com

Mungkin bagi sebagian orang robot anjing ini sudah jadul ya, tapi bagaimanapun ia tampak sebagai usaha manusia untuk menciptakan teman bermain pintar dengan kecerdasan buatan (Artificial Inteligent).

Sekarang adalah zamannya orang belajar A.I (Artificial inteligent) alias kecerdasan buatan, ada yang berasumsi kelak A.I akan dapat menyamai dan kemudian melebihi manusia kecerdasannya. Artinya apa? Artinya...robot atau mesin yang diberikan kemampuan fisik yang sejalan dengan A.I akan memiliki:
  1. Kesadaran kognitif: Persis seperti manusia mereka sadar bahwa mereka ada dan "hidup" di dunia
  2. Berfikir seperti manusia
  3. Berinteraksi seperti manusia
  4. Bekerja seperti manusia
  5. Memakan sumber daya seperti manusia
  6. Mandiri dan menjadi pencipta seperti manusia
  7. Berperasaan: simpati, empati, cinta, benci, senang, susah persis seperti manusia
Mengapa bisa demikian? Itu adalah karena manusia memiliki kecenderungan menciptakan sesuatu yang mirip dirinya sendiri. Bahkan kalangan ahli Pilsafat mengatakan: Pencipta selalu terdorong untuk menciptakan sesuatu yang mirip dirinya. 

Mari kita bicara lebih sesuai dengan topik - walaupun pembukaan diatas memiliki benang merah dengan apa yang akan kita bahas, yakni tentang robot mainan bernama Aibo yang kini telah memiliki versi lanjutan yang lebih cerdas daripada pendahulunya dan asal kalian tahu walaupun masih diciptakan oleh manusia, kelak bisa saja robot aibo akan terus muncul versi terbaru yang tentunya akan lebih cerdas dari yang telah ada sekarang apalagi jika dibanding dengan robot aibo yang sebelumnya.
Robot anjing ini lucu, terlihat ikonik banget lho. Coba terlebih dahulu nonton videonya:

credit video: engadget
Menarik dan lucu, bukan? 

Akan tetapi AIBO (Artificial Intelligence Robot, juga berarti "sobat" dalam bahasa Jepang) adalah salah satu dari beberapa jenis robot hewan yang dirancang dan diproduksi oleh Sony; saat ini sudah ada beberapa model yang berbeda sejak mulai diperkenalkan pada 11 Mei 1999. Pengembangan AIBO telah dihentikan pada tahun 2006. 

Namun beberapa waktu yang lalu di tahun 2018, raksasa teknologi Sony telah merilis anjing robotnya, bernama Aibo, di Amerika Serikat. Robot ini dapat dibeli pada bulan September seharga $2.899, atau setara Rp. 42 juta. Wah mahal amit ya...yalah namanya juga mainan cerdas.

Pengguna yang membeli Robot Aibo akan memperoleh tiga tahun layanan AI Cloud dari Sony. Fasilitas AI Cloud berfungsi sebagai server yang akan memainkan interaksi robot, serta menjalankan tugas-tugas hariannya, kepintaran yang terintegrasi dengan layanan cloud itu pastinya memiliki banyak sekali fitur yang mengejutkan.

Terdengar teknologi ini masih terbatas oleh rantai kecerdasan informasi tidak semandiri kayak di filem sci-fi, tapi kalian tetap saja akan terkagum kagum bagaimana si robot mampu berinteraksi dengan manusia layaknya hewan beneran. Memelihara Aibo tentu gak perlu takut dia beser, dia juga akan tahu bagaimana belajar berinteraksi dengan pemiliknya, mengenali anggota keluarga pemiliknya, dan mengenali orang yang bukan pemiliknya. Dan dia tahu kapan "tidur" untuk memulihkan tenaga atau powernya.

Kalau kita nonton video diatas kita dapat melihat beberapa kehebatan aibo:
  1. Pas battery mau habis dia cepat datang sendiri ke "sarang" buat ngecas dirinya agar bisa kuat dan bermain kembali
  2. Matanya bisa jadi cctv lho, bisa jadi mata mata kita saat tinggal di rumah sendiran di remote melalui hape android dan iPhone.
  3. Mengerti kata kata pemiliknya, mengenal anggota keluarga di rumah dan mengingat orang asing yang pernah datang ke rumah kita.
Wah, kepingin sih, tapi sayang harganya mahal ya...Mungkin ada jual seken yang harganya turun 10 kali liat ya di tahun 2020 ini.

5 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Lihat harganya jadi geleng-geleng kepala nih. Tidak terjangkau olehku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kepingin sih punya piaraan mantaf ini

      Hapus
  2. Robot ini canggih sekali dan sepertinya saya sudah pernah lihat penampakannya di Tivi.

    Tapi, kayaknya masih kalah canggih dengan Robot Google ( Googlebot ), sebab Robot Google bisa MERAYAP secara diam - diam dan Agresif pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha ha..! Tapi robot Google menyebalkan, aibo menyenangkan..

      Hapus
  3. Saya baru msu beli tapi enggak jadi, kemahalan, nantilah kalau saya udah jadi crazy righ pondok indah,wkwkckk

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak