Delapan kelebihan Macbook di banding laptop Windows

Macbook pasti lebih mahal daripada laptop biasa yang kebanyakan berplatform windows. Namun Macbook tidak memiliki beragam jenis dan bentuk fisik. Semua sama dan semuanya premium. Kalau bicara Laptop windows pastinya banyak pabrikan yang terlibat sehingga banyak merek yang diajukan: Lenovo, Asus, Acer dll. Bingung mana yang lebih baik diantara merek- merek tersebut padahal sistemnya saja ya windows itu. Ibarat hape iPhone ya merek Apple itu, sedangkan android banyak sekali merek yang dapat kita pilih. Kadang bingung mana yang terbaik

Macbook Air
Macbook Air
Baca Juga:

SEBABNYA PROGRAMMER LEBIH MEMILIH MACBOOK KETIMBANG LAPTOP WINDOWS

Apple sangat tertutup dalam menjaga kerahasiaan kode mereka hal ini berpengaruh kepada sistem keamanan mereka yang super ketat. Karena baik software maupun hardware adalah buatan mereka sendiri, maka sebuah laptop macbook menjadi sangat stabil hampir tidak pernah ada masalah lag apalagi "blue screen" layaknya yang sering dialami oleh perangkat laptop windows. Sistem windows dibuat oleh Microsoft sedangkan hardwarenya dibuat oleh banyak pabrik yang berbeda beda sehingga laptop windows lebih mendekati laptop sejuta umat, sedangkan laptop Apple atau MacBook nampak jauh lebih ekslussif.

Tentu saja harganya lebih tinggi daripada umumnya laptop windows yang memiliki banyak pilihan harga yang lebih murah walau banyak juga laptop gaming windows yang harganya selangit.

Baiklah kita langsung melihat apa kelbihan laptop Macbook:
  1. Battery lebih kuat dan tahan lama. Untuk masa sekarang kekuatan battery Macbook bisa mencapai 12 jam pemakaian rata rata. Kita tahu ketahanan battery laptop windows jarang bertahan hingga 10 jam, kalau ada itu sudah premium sekali termasuk harganya juga akan menjadi mahal. Dan kita tahu kalau ketahanan battery ini sangat penting buat kita bekerja seharian di luar. 12 Jam kalau cuma buat ngeblog dan nonton video sangat mudah di lalui oleh sebuah laptop Macbook. Itu sebabnya kami lebih banyak menggunakan tablet sewaktu ngeblog ketimbang laptop windows. Apalagi pas kebetulan ditempat yang tidak menyediakan colokan buat charge perangkat.
  2. Hardware cenderung lebih awet. Jarang terdengar Macbook memiliki masalah dengan kerusakan hardware, bukan karena semata semata soal perawatan, tapi benar benar memang karena kualitas pabrikan yang tidak main main pada saat membuat hardware tersebut. Terbukti Macbook bekas yang usianya 3-4 tahun masih memiliki ketahanan battery hingga 5 jam dimana hal tersebut tidak mungkin terjadi pada laptop non-apple atau laptop biasa. Trackpad dan mouse bekerja sangat akurat dan nyaman digunakan secara ergonomik.
  3. Jarang terkena virus. Sistem MacOS jarang terserang virus karena tertutup rapat dan ketat pengamanannya. Disamping itu karena virus umumnya dibuat untuk menyerang sistem windows maka virus tersebut tidak cocok buat MacOs. Virus windows tidak berlaku buat menyerang MacOS. Walaupun demikian bukan berarti MacOS kebal virus samasekali. Namun sangat jarang dan langka terjadi. Kita bisa bekerja lebih nyaman dengan ini.
  4. Performa jauh lebih halus dan mulus daripada laptop biasa. Itu dikarenakan Apple merancang dan membuat hardware dan softwarenya sekaligus sehingga sangat kompatibel satu sama lain. Beda sama laptop biasa yang pembuat softwarenya dari satu perusahaan (Microsoft) sementara mesin atau hardwarenya dibuat oleh banyak pabrik dan perusahaan yang berbeda. Satu pabrik dengan pabrik lainnya terkadang menerapkan beberapa sistem mereka sendiri sehingga platform kesulitan menyesuaikan diri dengan banyak perangkat berbeda walaupun diterapkan dengan standard yang sama.
  5. Dukungan. Dukungan Apple terhadap penggunanya terbilang sangat bagus dan professional mereka mendokumentasikan segala hal hingga kepada troubleshooting Macbook yang kita pakai. Sampai saat ini tidak akan terdapat hal selengkap itu pada laptop laptop biasa. Jaminan garansi Apple juga terkenal sangat baik.
  6. kualitas layar. Apple menerapkan layar retina. Layar retina adalah adalah layar yang sesuai dengan kekuatan retina mata alami manusia saat memandang layar. Dan ini berpengaruh terhadap kesehatan dan kenyamanan mata pada saat bekerja di depan Macbook pro atau macbook air. Walaupun Apple terlambat menerapkan resolusi layar 4K atau 5K pada macbook mereka, namun layar retina display sudah sangat baik bagi manusia buat bekerja.
  7. Desain mewah, ringan dan ringkas. Apple membuat body laptop dari material aluminum pilihan yang berkualitas tinggi. Tidak diragukan desain sederhana namun premium ini mampu menyita perhatian para pencinta model.
  8. Cepat. Hampir semua orang yang memakai kedua jenis laptop baik windows maupun MacOS setuju kalau Mcbook jauh lebih cepat kinerjanya dibanding laptop biasa. Hal ini terjadi seperti yang telah kita singgung diatas adalah karena Apple yang merancang baik Hardware maupun softwarenya, dan para insinyur dan desainer Apple adalah orang orang profesional pilihan yang telah memiliki nama besar di dunia teknologi. Sehingga mereka dapat menyesuaikan semua kebutuhan standard performa kedalam perangkat besutan mereka.
Macbook
Macbook
Macbook terbaru di tahun 2019 pasti lebih baik lagi dari segi desain, performa dan kulaitas materialnya.

Masih banyak kelebihan lain yang tidak disebutkan disini. Buat ngeblog laptop ini sangat pas karena mobilitasnya yang tinggi, tipis dan mudah dimasukan ke dalam ransel perjalanan. Mungkin harganya memang sangat mahal bagi sebagian orang, akan tetapi pertimbangan ketahanan, dukungan update dan fitur yang melimpah hingga bertahun tahun membuat harga tersebut jadi setara jika kita harus mengeluarkan uang untuk membeli kedua kali dan memperbaiki laptop biasa...

Artikel ini pernah tayang di adedansasa.com

www.editblogtema.net

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. mantab kali bang, cuma sayang duitnya buat beli itu gak ada :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang relatif mahal tapi itu berbanding lurus dengan kualitasnya :D

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak