Sejarah 3 ponsel kamera pertama yang membunuh kamera saku

Bicara masalah kamera tentunya sebagai seorang yang tertarik fotografi baik untuk profesi maupun hanya sekedar bersenang senang seperti saya,...(cieee) dan juga tentunya sama seperti kalian kita  ingin kamera yang berkualitas tinggi, praktis dan murah.


Nah murah nya ini lantas menjadi relatif, ketika dunia potret memotret tidak se rumit zaman dahulu kala, ketika teknologi yang berkembang pesat belum lagi memberikan pilihan, mari kita mempertimbangkan harga "murah" tapi praktis dan berkualitas sebagai pilihan kita. tapi kemudian semua ter pulang kepada pilihan Kalian.

Apa itu kamera DSLR, apa kamera saku dan apa itu kamera ponsel, apa kelebihan masing masing? Saya tidak akan menjelaskan nya secara detail, karena pertimbangan harga maka:

DSLR mahal, sama seperti kamera saku dan ponsel seiring waktu harganya juga bakalan berjatuhan karena tertinggal teknologi. Biasanya tidak sampai berumur satu tahun akan muncul DSLR baru yang dengan fitur lebih lengkap, kemampuan lensa tele semakin jauh dan daya tangkap macro semakin kuat, titik fokus semakin tajam dan banyak dan harganya lebih miring daripada yang telah Kalian beli tahun lalu, sebagai perbandingan, Kalian dapat membeli kamera DSLR standard keluaran tahun lalu dibawah 4 jutaan, padahal pada awal keluar harganya lebih 5 jutaan. 

Kamera DSLR mempunyai pengaturan lengkap dan pilihan menu yang banyak, jika Kalian Photographer profesional, atau hobi fotografi Kalian bisa memilihnya, jika masalah berat dan ukurannya yang besar bukan masalah maka, kalian cocok dengannya.

Kamera saku lebih praktis dan memang dirancang ukuran saku, standar resolusinya masih dibawah 20 MP, apalagi bukaan aperturenya pasti dibawah DSLR dan daya jangkau zoom masih di bawah 20x zoom, filter pencitraan tentu saja jauh dibawah DSLR, kamera ini praktis mudah dibawa dan cocok untuk kegunaan mengabdikan momen momen sederhana sekeluarga, seiring di awal tahun 2010 hingga 2013 yang lampau kamera kamera ini keberadaannya mulai terancam oleh kemunculan kamera kamera ponsel yang teknologi nya berkembang pesat melebihi kamera saku.


Kamera smartphone, kamera inilah yang sekarang paling banyak dipakai untuk memotret momen momen sederhana sampai sedikit rumit dan paling banyak di gunakan sebagai alat mengabadikan gambar karena begitu mudahnya (instant) digunakan untuk berbagi di web atau jejaring jejaring sosial. 

Dengan kamera ini juga orang orang melakukan banyak sekali kegiatan photografer dari hobi hingga menghasilkan uang di situs gambar stockphoto. Dengan kamera hape juga para vlogging dan para webblogger sukses menghantarkan diri mereka ke permukaan ketenaran dan kemakmuran. Bukan kamera saku!

Nah kita akan segera membahasnya secara singkat didalam blog ini. Sejarah bagaimana pada akhirnya nasib bisnis kamera saku jadi berdarah darah oleh karenanya di tahun tahun awal kejayaan kamera hape. Karena pada tahun tahun itulah kamera saku mulai kehilangan peminatnya, ketika ditangan para anak anak muda menggenggam hape dengan kamera yang terus berevolusi semakin maju dan pintar.

1.NOKIA PUREVIEW PEMBUNUH KAMERA SAKU PERTAMA.

Beberapa tahun yang lampau antara tahun 2011 - 2014 ditengah lesunya sistem operasi mobile syimbian, pada tahun 2012 February, Nokia mengumumkan kelahiran ponsel Symbian berkamera "monster" berkekuatan 41 megapixel pureview. Kamera ponsel tersebut sempat menimbulkan kontroversi, kehadirannya memukau begitu banyak orang namun banyak kalangan tidak mempercayainya. 

nokia preview

Tapi kemudian terungkap, teknologi yang dibenamkan kedalam kamera tersebut terbilang baru (walaupun telah digunakan sebagai kamera satelit pencitraan) menggunakan teknik oversampling, memampatkan jutaan pixel kedalam bentuk pencitraan sehingga mampu menyaring cahaya dan warna berlipat ganda melebihi teknologi kamera konvensional, kamera ini masih di lengkapi dengan lensa carl zeiss yang legendaris.

Hasil bidikan kamera memang terbukti sangat tajam melebihi kamera saku yang pernah ada. Hasil zoom digital dari kamera ini tidak membuat kualitas gambar berkurang! Pokoknya menurutku yang pada waktu itu punya kamera saku canon, benar benar membuat kamera saku ku menjadi terasa jadul dan ketinggalan selama puluhan tahun!

Kelebihan ponsel kamera tentu saja pada kemampuan telefoni dan browsing internet nya yang semakin cepat jika dibanding hape se kelasnya, dalam satu genggaman Kalian mempunyai kesempatan menjadi seorang photographer, blogger dan berkomunikasi di jejaring di berbagai terjaring sosial. Layar ponsel juga lebih kokoh dan tahan gores karena di lindungi oleh layar super amoled dengan corning glass atau gorilla glass yang terbukti efektip melindungi layar ponsel, selain itu resolusi layar yang padat bahkan melebihi layar kamera DSLR, settingan serba sentuh yang interaktif benar benar memudahkan penggunanya. Pada waktu itu saya berfikir lebih baik saya buang saja ke laut kamera saku saya setelah membandingkan hasi jepretan kamera Nokia Preview tersebut.

Walaupun sistem operasi mobile Symbian telah di tingkatkan ke sistem Symbian Belle yang menurutku sudah sangat keren pada masa itu, namun kejayaan syimbian memang sudah memudar tergerus oleh populer nya sistem operasi mobile baru yang bernama ANDROID.

Dan memang sayangnya sekali ketika sistem operasi Symbian yang telah malang melintang menguasai pasar ponsel bersama Nokia akhirnya harus mati, dan lalu produksi Handphone ini dihentikan. Padahal NOKIA benar benar telah melakukan sebuah terobosan yang besar,  kalian dapat melihat spek hape ini di NOKIA PureView 

2.NOKIA LUMIA 1020 PEMBUNUH KAMERA SAKU KE DUA.

Tahun 2013 tepatnya di Bulan Juli, generasi terbaru Nokia mengunggulkan sistem Windows 8 mobile sebagai sistem operasi mereka telah di rilis, yang walaupun terengah engah menghadapi kompetisi ditengah dominasi sistem mobile Android Samsung dan juga iOSnya iPhone, tidak berarti Nokia kalah dalam hal melahirkan ponsel ponsel berkualitas, dengan perangkat keras yang sangat berkualitas. 

Beberapa hari kemudian Nokia mengumumkan pre-order Nokia Lumia 1020 bersistem windows 8, berprosessor snapdragon 800, RAM 2 Giga berlari di kecepatan 1,6 GHZ layar super amoled yang dilindungi corning glass generasi ke 3 jelas merupakan sebuah ponsel high end yang memenuhi harapan, resulosi kepadatan pixel layar mencapai 441 ppi sangat jernih. 

Hebatnya lagi ponsel pintar ini di lengkapi dengan teknologi kamera PureView dengan tambahan beberapa penyempurnaan pada settingannya sehingga lebih mendekati kamera DSLR daripada kamera konvensional biasa.

lumia 1020

Hasil kamera Lumia ini diklaim sebagai yang tertajam diantara semua kamera ponsel dan saku terbaik saat itu. Dari beberapa bukti hasil jepretan yang telah diunggah ke flicker, hasil kamera ponsel ini memang sangat tajam, baik hasil zoom maupun hasil bidikan macronya terlihat sempurna. Di Amerika setelah dibundling ATT, ponsel ini dijual seharga 299, lebih kurang 3 jutaan rupiah.

Namun sekali sayang kehadiran Nokia berbasis windows mobil ini juga gagal menyelamatkan perusahaan Nokia yang pernah menjadi legenda ponsel dunia tersebut.

3.SAMSUNG GALAXY S4 ZOOM PEMBUNUH KAMERA SAKU KETIGA.

Ini adalah varian dari keluarga samsung galaxy S4, dengan speks quad core, speknya memang sedikit dibawah S4 pertama, ketajaman layar juga dibawah S4, tapi masih diatas rata rata kebanyakan ponsel pintar lainnya, yang diandalkan ponsel ini adalah kemampuan kamera be-resolusi 16 megapixel dengan lensa optical zoom sampai 10x, jelas menyaingi kamera saku. Bahkan menurutku hasil jepretannya sungguh luarbiasa.

Kelebihan kamera yang diumumkan pada bulan Juni tahun 2013 ini tentu saja pada settingan yang berlayar sentuh dan sistem-nya yang berlari pada Android terbaru 4.2.2 Jelly Bean, dengan fitur pengolah gambar yang kaya yang tidak mungkin Kalian temukan pada kamera saku biasa. Lensanya juga dibuat oleh teknologi tidak main main, yakni Samsung lens yang tebukti bagus menyaring cahaya dan warna.

samsung s4 camera

Perhatikan gambar diatas, samsung s4 adalah ponsel dengan kemampuan kamera diatas rata rata, hasil bidikan juga sangat tajam dan jernih, beberapa detail kemampuan pengaturan ISO menunjukan bahwa ponsel ini bukanlah ponsel kamera biasa. 

Tentu saja untuk penangkapan gambar pada malam hari Lumia Pureview masih memenangi kompetisi jika dibanding kamera ini, akan tetapi bagi Kalian yang menginginkan ponsel bersistem android yang kaya fitur dengan environment aplikasi yang banyak dan luas sekaligus kamera hebat dan praktis, tentu saja ponsel ini layak dipertimbangkan. Harga ponsel kamera samsung ini sekitar 7,3 jutaan. Tentu saja sekarang setelah  beberapa tahun berlalu hape kamera ini sudah tinggal sejarah dan tidak diproduksi lagi.

Pada saat sekarang tentu saja ketiga ponsel kamera di atas telah ketinggalan teknologinya, namun pada zamannya mereka adalah bintang bintang kamera pembunuh yang sangat efektif menggantikan dominasi kamera saku. Namu alasan kamera saku mati bukan semata semata karena itu, kita anggap saja hal hal berikut sebagai penyebab lainnya:
  1. Tidak lagi praktis, tidak terhubung ke internet. Mengapa orang harus memiliki kamera saku jika pada hape telah tersemat kamera yang lebih canggih dan praktis? Melalui hape orang memiliki banyak opsi mengirim gambar, mengedit gambar, dan menyimpan gambar hal hal yang tidak ada pada kamera saku.
  2. Kamera saku membutuhkan kabel untuk mentrasfer data, kegunaannya cuman kamera doang, tidak bisa buat edit, tidak bisa buat facebook, tidak bisa buat nelpon. Dll. Dengan menggunakan ponsel kamera orang dapat mengirim gambar melalui jaringan nirkabel
  3. Teknologinya tidak lagi trend sudah dianggap berasal dari zaman old. Banyak orang mulai malu kalau di jepret pakai kamera saku he he he...tapi merasa senang kalau dijepret pakai smartphone Apple dan smartphone Android flagship yas kan?.
  4. Dll
Namun bagi Kalian yang masih sayang pada ponsel lama dengan kamera yang masih dirasa sangat bagus Kalian masih punya pilihan meningkatkan kemampuan kamera kamera ponsel tersebut dengan membeli lensa lensa tambahan untuk ponsel. Seperti lensa tele dan zoom untuk menangkap gambar jarak jauh, atau lensa makro untuk menangkap gambar focus jarak dekat. Lihat contoh gambar lensa tambahan untuk kamera ponsel dibawah ini, di Batam telah dijual secara umum di kios kios elektronik:


asesories kamera ponsel
Satu hal yang perlu di perhatikan, lensa tambahan tidak lantas meningkatkan kualitas gambar atau memperbesar filter bawaan gambar. Jika kamera ponsel Kalian 5 megapixel ya hanya sebatas itu resolusi yang akan Kalian dapatkan. Akan tetapi lensa tambahan mampu menambah kekuatan daya jangkau kamera ketika mengambil gambar jarak jauh, dan mampu membidik fokus lebih tajam ketika mengambil objek kecil dari dekat. Ada juga lensa tambahan fish eye yang membuat tangkapan gambar jadi unik seperti pada pandangan mata ikan.

Jadilah photographer hanya dengan perangkat ini, memotret, menelpon, berbagi, ngeblog, sekaligus berbisnis. Tapi semua ter pulang pada minat kalian. Saya hanya menyarankan hal hal praktis, dengan target besar didepan kalian. Kalian bisa menjadi yang ter-hebat berkat hobi.

Tahun 2019 sudah tidak terbilang hape hape dengan kamera dengan kualitas 5-10 kali kamera jadul yang saya sebutkan diatas. Namun tanpa sejarah apalah arti sekarang, tanpa adanya tangan dingin para inventor zaman dulu apakah kamera hape akan secanggih sekarang? Tidak! hape hape kamera legendaris dari masa lalu itu sungguh mengagumkan.

HASILNYA?

kamera hape versus kamera saku

Pada saat ini teknologi kamera hape telah berkembang sangat pesat. Dan penampakan kamera saku telah sangat langka. Bahkan sudah jarang terlihat toko toko eletronik yang memajang dan menjualnya lagi.

www.editblogtema.net

14 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Gara2 istri ikut kelas fotografi akhirnya ganti hape juga yang 3 kamera. Masih bingung kok banyak banget gitu kameranya. Gak bisa apa 1 aja trs resolusi tinggi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau seandainya industri kamera saku bisa bangkit lagi, yang pertama mereka cari adalah 3 ponsel ponsel kamera ini untuk membalas dendam.

      Namun sayangnya mereka semua kini telah berlalu terkubur dalam realitas waktu :))

      Hapus
    2. Gak mungkin bisa bls dendam, soalnya hape punya kekuatan multifungsi 😆😆

      Hapus
  2. Saya membutuhkan kamera buat bikin video, tapi masih binggung beli kamera jenis apa tapi harganya murah dng kualitas kamera yang is the best. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sekarang banyak hape kamera dengan kualitas mumpuni di bawah 2 jutaan.... Jangan kuatir sama kameranya

      Hapus
    2. Memang benar sih Mas, apalagi hape kamera lebih multi fungsi dibandingkan dengan perangkat kamera doang. :)

      Hapus
  3. Iya juga ya, saya puna 2 kamera pocket Sony, kayaknya kok lebih keren hasil fotonya kamera hape hahaha.

    tapi meskipun demikian, saya pengen juga loh beli kamera, maybe mirrorless.
    Tapi masih duitless hahahahah

    BalasHapus
  4. Saya pernah beli kamera saku, walaupun sekarang hp-hp sudah dilengkapi kamera tapi kalau bikin review produk tetap lebih bagus pakai kamera saku.

    BalasHapus

  5. Oh ternyata hape bisa juga diberi lensa tambahan, semua hp jenis hp skrg bisa gk ya diberi tambahan lensa 😆😆

    Ciyee breadcrumbnya pindah kebawah, klo udh pke breadcrumb kurasa label dinonaktifkan saja gan, toh sama aja 😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Widget Label beda fungsi dan tujuan sama breadcrumb karena breadcrumb bukanlah label, label tidak terbaca pada tool PENYEMPURNAAN di Google Search Consol. Label itu default jika di tampilkan akan mengoptimalkan link internal. Jika tidak ditampilkan ia hanya mengurangi fungsi itu, tidak kurang tidak lebih.

      Sedangkan breadcrumb terhubung ke peta situs blog secara keseluruhan dan menjadi sinyal kuat bagi sebuah suatu konten atau stiap konten yang telah kita terbitkan untuk dunia....he he he...

      Hapus
    2. Tapi benar juga ya...halaman jadi jelek karena tampilan widget label itu sembunyikan saja ahhhh....wkkkk

      Hapus
    3. Bukan jelek tapi fungsinya sudah diwakili breadcrumb, breadcrumb bisa berfungsi sekalian jadi label, hihi..

      Hapus
  6. Inilah pwekwmbangan jaman mas,,,manusia semakin pintar juga,,,peralatan atau gadget kalau tidak multifungsi pasti ya ditinggalkan,,,oh iya btw gmana ya kabarnya kamera kodak? Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimanapun juga mereka telah menulis dan meninggalkan sejarah

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak