7 bahasa pemrograman jadul yang sakti


example of old programming languages - editblogtema
example of old programming languages










Bahasa bahasa program komputer juga mengalami masa masa pasang surut, bahkan tidak sedikit bahasa programming yang dulunya begitu populer akhirnya mati dan menghilang. Beberapa bahasa program lain yang sedang di kembangkan bahkan layu sebelum berkembang. Ada juga yang terus bertahan dan menjadi semakin populer.

Di luar bahasa program yang telah ada pada masa ini dan begitu populer, inilah 7 bahasa programming jadul, namun pada masanya adalah merupakan bahasa programming yang sangat sulit di pelajari karena rumitnya dan juga karena keterbatasan perangkat teknologi mesin atau perangkat keras dalam membaca bahasa dan instruksi dari bahasa pemrograman pada masa itu.

1. COBOL
Kalau tidak membaca, saya bahkan tidak tahu bahwa bahasa yang satu ini pernah ada. maklum saya lahir di zaman di mana dominasi bahasa bahasa programming seperti Java, HTML, Python, web Assembly telah merajai pelajaran coding dan atau bahasa pemrograman.
bahasa cobol
cobol
Padahal Cobol sebenarnya adalah sebuah bahasa pemrograman yang sangat legendaris dan ia telah menginsipirasi dan bahkan telah meninggalkan DNA-nya kepada bahasa bahasa pemrograman masa kini.

Ia  di ciptakan pada tahun 1959 oleh salah satu ilmuwan komputer perintis Grace Hopper. Pria ini juga lho yang ternyata telah mencipatakan dan mempopulerkan istilah "bug" atau celah atau lubang keamanan pada suatu penulisan pemrograman komputer. Istilah yang menjadi bahasa sehari hari programmer dan bahkan orang awam pada masa sekarang.

Sampai sekarang Cobol masih di ajarkan dalam bentuk mata pelajaran referensi pemrograman di sekolah komputer. Tapi tahukah kalian, tahun 2000 yang silam organisasi keuangan merekrut ulang para Programmer veteran yang telah tua demi menggali sumber kode lama Cobol dan memperbaiki masalah yang sedang mereka hadapi. Dan tahun 2017-2018 yang lalu Computer world melaporkan bahwa Programmer muda, yang mengerti COBOL, mendapatkan tawaran gaji yang sangat fantastis!

Menariknya lagi bahasa Cobol juga di gunakan oleh dinas pertahanan militer Amerika dan memiliki sintaks mirip bahasa Inggris sehingga mudah sekali di pelajari dan di mengerti. Namun berbeda dengan bahasa bahasa pemrograman yang lebih modern seperti y=x, Cobol menggunakan lebih banyak kata (lebih 300 kata) seperti:
"Move X to Y"

2. ALGOL
Kependekan dari Algorithma Language. Di ciptakan pada tahun 1958, adalah keluarga bahasa pemrograman komputer yang sangat penting, awalnya dikembangkan pada pertengahan 1950-an, yang sangat berpengaruh terhadap banyak bahasa pemrograman lain dan merupakan metode standar untuk deskripsi algoritma yang digunakan oleh Association for Computing Machinery (ACM) dalam buku teks dan telah menjadi sumber akademis selama lebih dari tiga puluh tahun.
bahasa algol
Algol
Dalam arti bahwa sintaks sintaks dari sebagian besar bahasa modern adalah sangat mirip satu sama lain "seperti-Algol",  bisa dibilang Algol yang paling berpengaruh dari empat bahasa pemrograman tingkat tinggi lain yang pernah ada jika di bandingkan dengan: FORTRAN, Lisp, dan COBOL.

Ia juga dirancang untuk menghindari beberapa masalah yang dirasakan dengan FORTRAN dan akhirnya memunculkan banyak bahasa pemrograman lain, termasuk PL / I, Simula, BCPL, B, Pascal, dan C.

Jadi jika kalian ingin belajar bahasa pemrograman lama yang mengedapankan Algoritma, Algol adalah sumbernya. Pelajar plajar IT zaman dulu dengan bangga mempelajari bahasa pemrograman ini. Kelas kelas menjadi sepi pada saat pembahasan algoritma oleh Professor mereka.

Dan yang mengejutkan Algol ini adalah sumber DNA bahasa bahasa pemrogramman modern di masa kini, jika kalian pernah mempelajarinya akan terlihat DNA DNA tersebut pada bahasa bahasa pemrograman modern yang sedang kalian pelajari dan sedang kalian pergunakan.

3. Pascal
Di beri nama seperti nama ilmuwan matimatikan Blaise Pascal, bahasa pemrograman yang satu ini di temukan pada tahun 1968. Pascal terlihat lebih modern daripada pendahulunya dan segera menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer pada masa itu dan juga pada tahun tahun selanjutnya.

bahasa pascal
Pascal
Apalagi Pascal di pergunakan untuk pengembangan komputer Apple, dan Pascal sendiri adalah turunan bahasa Algol dan memiliki versi yang paling luas di pergunakan yakni Turbo Pascal yang di ciptakan pada tahun 1983 dan masih di pergunakan sampai saat sekarang untuk pembelajaran pemrograman berorientasi objek.

Penulisan bahasa Pascal mirip sekali dengan cara penulisan bahasa pemrograman modern pada umumnya.

4. PL/I
Kependekan dari "Programming Language One".
bahasa PLI
PL/I
Tidak bisa mengabaikan bahasa yang satu ini walau telah jadul. Ia di ciptakan oleh sekelompok ahli di bawah arahan perusahaan raksasa komputer IBM pada tahun 1964 tetapi baru dirilis pada tahun 1969. Bahasa ini kemudian menjadi sangat populer pada awal tahun  1970. Bahasa ini juga memiliki sintaks mirip bahasa Inggris.

Bahasa yang di tujukan untuk mengganti bahasa COBOL, FORTRAN dan bahasa bahasa pemrograman lainnya pada masa itu. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk mainframe IBM System  360, yang berfungsi untuk banyak keperluan seperti pembukuan hingga astrofisika. Lebih banyak di pergunakan oleh negara negara  Uni Soviet ketimbang negara negara barat. 

Namun karena menggunakan dan memakan begitu banyak sumber daya bahasa PL/I tidak lagi di pergunakan pada masa sekarang walaupun telah di perbaharui setahun yang lalu.

5. Fortran
bahasa Fortran
Fortran
Bahasa yang satu ini relatif sangat rumit dan sulit di pelajari karena di tujukan untuk komputasi imliah di kalangan ahli dan masih di pergunakan sampai masa kini. Sintaks sintaksnya adalah kode kode rumit yang harus benar benar di fahami, jika kalian ingin mempelajari bahasa yang satu ini kalian juga di sarankan untuk menguasai matimatika kalkulus terlebih dahulu.

Fortran di rilis pada saat penerbangan satelit pertama ke luar angkasa bumi.

6. LISP
Singkatan dari "List Processing" Di buat pada tahun 1958.
Bahasa LISP
LISP
Bahasa yang satu ini menurut saya terbilang bahasa yang memiliki kans masa hidup panjang. Bahasa ini adalah cikal bakal bahasa prmrograman berorientasi ke A.I. (Artificial Inteligent) atau di gunakan untuk membuat kecerdasan buatan.

Sebagai gambaran: Semua kode program ditulis sebagai ekspresi-s, atau daftar dalam tanda kurung. Pemanggil fungsi atau bentuk sintaksis ditulis sebagai daftar dengan fungsi atau nama operator terlebih dahulu, dan argumen berikut; misalnya, fungsi f yang mengambil tiga argumen akan disebut sebagai (f arg1 arg2 arg3).
Kalian pernah nonton filen A.I.? Nah robot robot itu menjadi pintar dan bisa berfikir, memiliki kesadaran yang kognitif dan memiliki keputusan bertindak mereka sendiri di luar kendali manusia karena mereka memiliki kecerdasa A.I. karena mereka di buat dengan bahasa pemrograman beroreintasi A.i. Bahkan para ilmuwan memiliki ketertarikan sekaligus kecemasan terkait A.I. ini. Sebagian mereka mengatakan A.I. berpotensi mengancam keberadaan manusia pada saat merka kelak telah melebihi kita kecerdasannya.

Jika kalian berminat menjadi ilmuwan A.I. bahasa pemrograman ini rasanya masih wajib dipelajari.

7. APL
Yang terakhir adalah APL atau singkatan dari "A Programming Language" ini di tujukan untuk matematika terapan dan sangat populer di tahun  1960.
Bahasa APL
APL
Bahasa ini sederhana dan sangat jelas penulisannya. Penulisnya adalah Ken Iverson, dan dia menerima Turing Award untuk bahasa pemrograman ini.

Tetapi APL memiliki beberapa kelemahan, diantaranya penggunaan huruf Yunani  dan simbol yang tidak jelas,akibatnya programmer harus menggunakan keyboard khusus. Juga dibaca dari kanan ke kiri, seperti bahasa Arab dan bahasa Ibrani (Yahudi).

7 bahasa pemrograman jadul ini pernah ada. Mungkin mereka di buat jauh sebelum kita di lahirkan, tetapi mereka semua begitu mengagumkan, pintar dan cerdas. Dan harus di ingat tidak akan ada masa sekarang tanpa masa lalu...

www.editblogtema.net

Komentar

  1. Sekalian saya tiap ke sini jadi belajar ilmu2 pemrograman nih mas, lumayan biar ngasah otak supaya nggak tumpul, walaupun lumayan rumit juga yach buat sy yang ga ada basic ilmu dasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, mbak. Saya senang jika artikel saya bermanfaat. Insyaalah tahun depan saya kuliah bagian pemrograman :)

      Hapus
  2. Bahasa pemrograman ini benar-benar jadul, aku sih bayanginnya ya bahasa yang pertama dikenal seluruh umat itu sejenis HTML yang semakin dikembangkan.
    Eh, ternyata ada nama-nama bahasa pemrograman yang asing dan aneh. Terus juga ada bahasa Fortran yang mengharuskan seseorang yang ingin menguasai harus belajar matematika dulu, khususnya kalkulus.

    Aku belajar HTML dan sejenisnya aja sudah kesulitan, apalagi bahasa-bahasa lama yang pastinya jauh lebih jadul.

    Tapi, keren hasil penelitiannya Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemrograman tidak selalu harus belajar matimatika jika hanya misalkan berakhir menjadi seorang developer software dan terjun ke bisnis. Tapi wajib jika ingin berlanjut ke sains komputer. Baca artikel saya yang terbaru mbak einid :)

      Hapus
  3. Wah jd keingat dlu awal awal kuliah belajar pke pascal. Lama2 semester akhir pake java, c#

    BalasHapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE