PEKERJAAN DEMI KEABADIAN

Saya begitu putus asa ketika berkata pada diri sendiri begini: 

"Aku akan terus konsisten, tidak perduli berapa lama waktu berlalu akan terus menulis di blog ini hingga kontenku mencapai 1000"
menulis hingga seribu konten?
setelah seribu konten, kemudian apa lagi?

Ada apa sih 1000 konten? Kesaktian apa yang akan di berikannya pada sebuah blog? Pertanyaannya, apakah saya akan berhasil, dan setelah berhasil, apa poinnya? Bukan apa apa saya membuat blog dan meninggalkan adsense samasekali. Tanpa masukan apa apa selain menyalurkan hobi. Tapi sekedar hobi saja ternyata tidaklah cukup, saya butuh semangat dan bahan bakar yang terus menyala. 

Tapi tidak, yang terjadi adalah: Kadang saya semangat, kadang tidak, kadang merasa berputus asa.

Pertanyaan terakhir setelah 1000 konten apakah blog saya abadi? Tidak harus. Jika saya ingin sampai kepada tujuan maka saya harus. Tapi ketika jalan masih panjang dan tujuan masih jauh saya sering meragu. Saya mulai membuat blog lain, tidak cukup satu, dua dan tiga. Dengan berbagai niche. Bagaimana saya membawa semuanya agar sampai ke tujuan?

Orang bisa mencapai tujuan seribu konten dengan membeli konten, tapi saya tidak. Karena tujuan saya ngeblog adalah menulis, blogging hanyalah sebagai sarananya, karena dulu saya ingin sekali menulis di majalah dan website ternama, namun tidak ada tulisan saya lolos dari meja redaksi, walaupun temanya saya rasa sudah sesuai dengan minat saya.

Saya bukan Radit Aditya, bukan Abah Dahlan Iskan yang mana mereka adalah tokoh masyarakat, lalu dengan apa saya meyakinkan calon pembaca saya dengan segala hanya integritas diri yang saya miliki?

Saya membuat blog baru namanya 'Demi Waktu - Semua baik baik saja' nama subdomain blog yang aneh dan saya ingin fight bukan hanya melawan abah Dahlan Iskan, Radit Aditya, lalu harus berhadapan dengan popularitas media media main stream dan termasuk konten konten video di Youtube.

Karena saya mengagumi JK Rowling! Tapi saya tidak ingin menjadi seperti dia! Saya ingin dunia melihat saya sebagaimana diri saya apa adanya: Manusia yang di samping memiliki segala kekurangan dan cacat cela, namun juga integritas dan kebaikan. Memangnya saya bisa memaksa dunia?

Dan...Ketika Engkau ingin menulis, Menulislah! Jangan di tunda.

Jadi saya mulai menulis, hanya menuliskan apa yang saya sukai, menyalurkan sesuatu yang mendesak dari kepala saya. Saya menulis di editblogtema, dan blog subdomain saya sendiri: DEMI WAKTU suaranya masih belum nyaring dan masih buram di mata mesin pencari, namun saya tidak akan bergantung kepada itu.

Alasan saya menulis adalah karena tulisan itu terdiri dari HURUF dan KATA sementara lautan hidup ini terdiri dari lautan entropi kata kata...Dan saya suka berfikir, memikirkan ide ide kehidupan, namun saya belum berani mengemukakannya. Semua kita memang layak lebih berhati hati agar tidak terjerumus oleh pemikiran kita sendiri.

Terakhir saya suka mengutip kata kata dua tokoh kita yang fahamnya berseberangan: Buya Hamka dan Ananta Pramoedya Toer. Kedua tokoh sastra ini sama sama mengatakan hal yang sama: "Jika ingin abadi, menulislah karena menulis itu adalah pekerjaan untuk keabadian"

Percayalah seribu konten itu tidak akan dapat membujuk apalagi memaksa mesin pencari meletakan setiap konten kita di atas top pencarian, namun seribu konten itu adalah untuk modal keabadian diri kita sendiri...

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Waaah tos dulu dooong. Sepakat bgt sm tulisan ini mas. Aku punya blog jg bukan untuk kejar konten semata, gt mah beli artikel juga byk yg mneyediakan. Tp punya blog lebih pgn buat refleksi diri, menyalurkan hobi. Eh malah ketagihan smpe skrg. Hhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya dan malah mulai menulis buku he he he

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak