BAHKAN PEKERJAAN PROGRAMMERPUN AKAN SEGERA DI AMBIL ALIH OLEH TEKNOLOGI A.I.

Kita tahu, pekerjaan pekerjaan dan bidang usaha di masa lalu yang kita anggap selamanya ada di peradaban manusia ternyata hilang oleh waktu, contohnya:
programmer
  • Tidak ada lagi warnet zaman bapak bapak kita nongkrong di masa remaja mereka dulu. Ya bidang usaha yang sempat populer tersebut telah mati karena teknologi gagdet yang sedang kita pakai sekarang: Perangkat mobile dengan kecepatan internet yang cepat.
  • Koran. Tidak banyak lagi orang baca koran, dan itu berimbas pada pekerjaan pekerjaan di pabrik surat kabar, usaha agen majalah, penjaja koran hingga usaha induknya: penerbitan koran. Itu bukan pekerjaan yang bisa di banggakan lagi oleh generasi berikutnya. Dulu orang terpaku pada halaman koran, sekarang orang terpaku pada layar hape.
  • Kamera saku semakin menghilang karena telah di gantikan oleh kamera yang lebih praktis: kamera ponsel. Tidak ada lagi tukang photo keliling seperti dulu di kampung kampung.
  • Banyak lagi hal lain yang patut kita jadikan referensi untuk melihat ke depan.
Bidang usaha dan pekerjaan  yang akan segera punah:
  1. Migas, cepat atau lambat bidang usaha dan pekerjaan ini akan segera lenyap dari muka bumi. Penyebabnya adalah dorongan kebutuhan energi terbarukan. Dan juga bahaya yang mengancam umat manusia jika terus mengeksploitasi sumber daya mineral alam. Dorongan itu diperkuat oleh beberapa negara yang mulai menerapkan bebas dari migas. Dan mereka sukses tanpa Minyak dan Gas.
  2. Pabrik Mobil bahan bakar fosil. Mobil battery mulai populer terutama ketika perusahaan Tesla membuktikan bahwa mobil mobil buatan mereka ternyata tidak kalah kuat dan tahan banting jika di banding dengan mobil berbahan bakar bensin. Kedepan teknologi ini terus akan berkembang dan tidak mustahil akan mematikan semua jenis mobil berbahan bakar fosil dalam waktu beberapa tahun ke depan.
  3. Pekerjaan akuntansi. Di masa depan pekerjaan akunting tidak lagi memakai tenaga kerja manusia karena dapat dilakukan oleh A.I. (Artificial Inteligent) dengan jauh lebih baik, lebih akurat dan lebih murah. Apapun kritik Anda sekarang tidak akan berlaku lagi di masa depan ketika teknologi terus berkembang melampaui ekspektasi manusia.
  4. Juru bahasa, penterjamah. Tidak ada lagi jasa penterjamah yang mematok harga mahal di masa depan karena pekerjaan mereka telah dibuat tidak berguna. Sekali lagi kita tidak bisa meremehkan A.I. Karena ia pada akhirnya memang jauh lebih akurat daripada manusia dalam melakukan tugas dan pekerjaan di bidangnya masing masing.
  5. Penulis. Bahkan penulisan, editor dapat di lakukan oleh A.I. Mereka telah memenangkan penulisan sastra di Jepang.
  6. Dan masih banyak lagi bidang bidang yang telah punah atau segera akan menyusul.
Dan yang lebih membuat kita terkejut barusan membaca informasi A.I bahkan akan membunuh koding! Dalam pengujian terakhir A.I. ternyata dapat menulis seluruh kode internet dan bermilyar milyar kode kode termasuk di dalamnya CSS, JSX, dan bahasa Python. A.I. dapat menulis ulang seluruh beranda Google dalam sepersekian detik. Hal yang dikerjakan oleh programmer manusia selama bertahun tahun.

Celakanya lagi A.I. tidak perlu dilatih untuk melakukan pekerjaan tersebut, ia telah berevolusi semakin cerdas dan cerdas. Kecerdasannya meningkat secara ekpansional.

PEKERJAAN PROGRAMMER JUGA TERANCAM PUNAH

Artinya di masa yang akan segera datang profesi Anda sebagai programmer juga akan terancam, ini semacam karma karena kita telah mengembangkan berbagai software pintar yang telah ikut andil menyingkirkan pekerjaan pekerjaan di atas di masa lalu.

Betapa tidak, dengan menggunakan tool A.I. yang semakin mudah di masa depan setiap orang dengan mudah membuat halaman web mereka sendiri atau membuat aplikasi aplikasi apapun tanpa pengatahuan dan kealian koding lagi: Mulai dari membuat template, menulis dan mengatur koneksi aman. Tidak perlu lagi mengerti bahasa PHP, HTML, CSS, XML, membuat game, membuat apliasi perkantoran dll dan bahkan perduli amat dengan bahasa python, C#, C+, semuanya adalah pekerjaan buang buang waktu saja.

Bagi blogger, tidak perlu Blogger, Worpress, Wix lagi, semuanya dapat di buat menggunakan A.I. tergantung selera dan keinginan kita masing masing.

Dan para Provider sebagai pengusaha di masa nanti akan menggunakan hal ini dan menawarkan tool tool ajaib yang membuat segala bentuk visual menjadi kenyataan tanpa bahasa koding alias tidak perlu membayar para programmer lagi. Anda cukup membuat sebuah keinginan dan A.I. Akan dengan mudah memahami apa yang Anda inginkan.

Sebut saja tool Apteo yang sedang mengkombinasikan trend ini dan akan membuat setiap orang dapat membuat model A.I. tanpa perlu keahlian koding lagi. GPG-3 bahkan telah memicu trend lebih lanjut bagaimana orang banyak bekerja tanpa tool koding dan autoML lagi. Pastinya akan banyak pengusaha memilih cara ini daripada harus membayar para programmer yang mahal di masa yang akan datang.

Celakanya lagi bukan hanya sekedar bahasa pemrogramman yang bakal dimatikan oleh tool tool baru ini, GPT bahkan dapat membuat gambar. Misal jika Anda ingin menulis Novel GPT akan membuatkan gambar yang sangat bagus dan sesuai dengan isi dan misi Novel tersebut. Sedangkan Novel tersebut dapat di kerjakan oleh GPT, kita hanya perlu memberikan gambaran dasarnya, A.I. akan mengembangkannya jauh melebihi ekspektasi Anda. Tidak perduli apa kata Anda, karya sastra Jepang yang di kerjakan oleh A.I. mampu membuat jutaan pembacanya tersentuh dan tidak sadar jika novel tersebut adalah hasil buah karya sang Kecerdasan Buatan (A.I)

SEGERA BEREVOLUSI ATAU MATI

Nah setelah melihat gambaran di atas tadi, kita jadi mengerti mengapa di dunia ini tidak ada yang abadi, yang abadi adalah perubahan. Segalanya terus berubah. Anda perlu beradaptasi, berevolusi dalam segala hal diri Anda, pekerjaan Anda, terutama skill dan wawasan Anda.

Kita tidak menyangka bahwa di masa yang akan datang muncul segala hal yang baru dan membunuhi segala hal lama, dan itu akan menjadi semakin cepat dan cepat. kita tidak punya pilihan selain berevolusi sesegara mungkin. Terbukti kata kata Einstein benar: Tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri. Jangan Anda bayangkan dia sedang berfilosofi, ia justeru ketika itu berhasil membuktikan hukum 'kekelan energi' dimana segala hal berubah dan menghilang, namun energi tidak. Energi tidak berubah, energi itu kekal.

YANG PALING PENTING ITU ADALAH IMAJINASI

Imajinasi akan mengalahkan kecerdasan. Di masa depan dunia lebih membutuhkan orang dengan daya imajinasi yang kuat, tinggi dan mempesona. Bayangkan ketika segala hal dapat dikerjakan oleh peralatan teknologi, dunia tidak begitu membutuhkan skill menggambar, skill menulis dan memprogram mesin, Dunia membutuhkan ide ide baru dari manusia dengan daya imajinasi yang tinggi.

Dan Einstein pernah berkata: Bukan kecerdasan tapi daya imajinasi itu jauh lebih penting....nah lo.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Komentar

  1. Sekarang saja sudah semakin banyak pekerjaan yang hilang Kak. Oh iya, jika pekerjaan-pekerjaan manusia menghilang, apa yang akan dilakukan manusia di masa depan ya Kak? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita mungkin harus berevolusi menjadi kreator tingkat dewa.

      Kata Einstein dibutuhkan daya imajinasi tingkat tinggi selagi mesin belum lagi memiliki kemampuan itu.

      Hapus
  2. Berarti manusia harus menempatkan imajinasinya di atas AI.
    Kasus lion air yang nyemplung mungkin contoh kecil saat manusia kalah dengan AI ya

    BalasHapus
  3. pekerjaan lama banyak yang hilang, tapi nanti pekerjaan baru banyak juga yang akan terbuka.

    Artikel ini bagus saya suka.

    BalasHapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE