SARAN TEMPLATE TERBAIK BUAT BLOGGING

Template terbaik buat blogging di tahun 2020 adalah template default alias template bawaan blogger. Semenjak blogger melakukan pembaharuan dengan  menghadirkan 4 template terbaru saya telah membali 2 lusin template premium melalui rekomendasi para blogger. Walaupun saya membuat template sendiri rasanya membeli template premium tidak sia sia untuk dijadikan referensi.

Responsif dan mobile friendly

Template template tersebut telah dibuat oleh para desainer hebat, memiliki cita rasa dan teknik SEO yang tinggi. Akan tetapi perubahan telah banyak terjadi. Template template tersebut juga harus selalu di update agar bekerja dengan baik melalui SEO on Page. 

Jika tidak halaman Blog kita akan di rugikan. Jadi memang harus membeli template dengan jaminan dukungan dari pembuatnya. Itu bedanya membeli template premium dengan memakai versi gratis. 
  1. Premium full function, gratis kadang tidak. 
  2. Premium memiliki dukungan update, keamanan, peningkatan dan penyesuaian fitur. Gratisan tidak. 
  3. Premium jelas tidak ada tertanam kredit pembuatnya sedangkan gratis kadang disisipi dengan script kredit yang mengarah ke halaman pembuatnya. 
Well 3 hal diatas tersebut hampir semua blogger telah mengetahuinya. Namun di bawah ini ada banyak perubahan telah terjadi di tahun 2017-2020 yang berpengaruh besar pada desain dan layout template template premium buatan pihak ketiga:
  1. Antar muka atau tampilan pengaturan dasbor blogger berubah. 
  2. Template terbaru default (bawaan blogger) telah mengusung model layout versi ke 3. Dan template template ini selain sangat responsif juga mengutamakan halaman dan kecepatan mobile (halaman seluler) 
  3. Fitur Struktur data vocalubary tidak di dukung lagi oleh google diganti dengan fitur schema.org sebagai standar. 
  4. Framework rel=prev/next dan authorship untuk AMP juga sudah tidak mendapakan dukungan lagi. 
Hal hal diatas terkait langsung dengan struktur HTML pada template blogger,  misalnya jika kalian menggunakan template viomagz versi 3 buatan Mas Sugeng, versi tersebut masih menggunakan fitur breadcrumb data vocalubary yang sudah tidak di support lagi. 

Disamping itu viomagz masih mengusung layout template versi ke 2.

Seberapa responsifnya template dengan layout versi ke 2 setelah di kostumisasi habis habisan tetap terbaca sebagai referensi SEO on Page.

MENGAPA TEMPLATE BAWAAN BLOGGER ADALAH YANG TERBAIK? 

Ada segudang alasan untuk itu, terutama ditahun tahun belakangan menggunakan template default memiliki beberapa keuntungan:
  1. Keamanan. Struktur telah disesuaikan untuk menopang penuh fitur keamanan yang langsung di tangani oleh Google Blogger. 
  2. Update otomatis. Update keamanan dan dan peningkatan fitur tersembunyi dan vital secara otomatis. Ini mengurangi risiko vurnerable yang tidak diinginkan. Fitur otomatis dapat mengupdate sendiri
  3. Template terbaru bawaan sudah responsif dan mobile friendly. 
  4. Dapat di kustomisasi. Termasuk melalui pengaturan halaman editor HTML untuk menambahkan elemen elemen dan fitur fitur baru ke dalam template. Misalnya menambahkan breadcrumbbJason-LD, menambahkan related post, dsb. 
  5. Template terbaru bawaan blogger mudah di kustomisasi melalui opsi desainer blogger atau melalui halaman editor HTML dan lebih banyak
Dalam beberapa hal templat bawaan (default) terbaru blogger memang adakalanya jauh lebih baik jika dibanding dengan template premium berbeli. Saya telah menguji memakai template viomagz beberapa minggu da dan pa saya yang tadinya 12 menurun jadi 10, dan saya kembali menggunakan template default atau bawaan blogger yang saya ubah sedikit tampilannya untuk menaikan kembali performa blog yang terkait.

Hal ini tidak terlepas dari dukungan Google terhadap template template standar yang bukan buatan pihak ketiga.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

3 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Mungkin saya yang pertama kali memberikan kritik kepada blogspot
    Agar menelurkan tema tau template yang responsive kayak WP
    Dan entah tahun berapa baru terwujud.
    Memang kalau bicara soal tema, tidak akan ada puasnya.
    inginnya bebenah dan ganti terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat mas jangkaru, saya juga gitu. memang ya pengen gonta ganti terus

      Hapus
    2. Aku telah menulis perihal dasbor blogger dengan ketersediaan template yang 'miskin'

      Tentu saja untuk saat ini tidak bisa dibanding dengan WP yang memiliki 'Store' template dari pengembang.

      Jika blogger punya, tentu saya dapat menjual template melalui akses dasbor blogger...

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak