6 sinyal ini membuat halaman blog Anda di cari oleh mesin pencari

Bisa berupa apa saja! Para ahli dalam website pasti sangat perduli terhadap hal ini. Setelah mengikuti berbagai diskusi di twitter (istilahnya saya hanya nguping John Mu - ahli website sisi Google) saya mendapatkan sedikit gambarannya untuk di bagikan.

mesin telusur dapat mengendus halaman website kita

Signal atau sinyal disini ibaratnya adalah tanda yang kuat sehingga mesin pencari yang terdiri dari robot txt itu tertarik, terpancing atau bahkan 'terperdaya' mendatangi dan meng'crawl' halaman website atau halaman blog kita. 

Apa sajakah itu?

1. Halaman harus sederhana dan ringan

Akhir akhir ini Google lebih menyukai halaman yang sederhana ketimbang halaman cantik namun ribet dan tidak mudah di fahami oleh pengunjung. Misalnya banyaknya tombol di tawarkan namun tidak bermanfaat bagi pengunjung.

Tombol tombol yang menghiasi halaman umumnya adalah tombol yang diinginkan oleh pemilik halaman web agar di 'klik' oleh pengunjung, akan tetapi ia gagal mewakili segala hal yang disukai oleh pengunjung, ia hanya mewakili pemilik website itu sendiri, jadi untuk apa?

Jadi boleh dikatakan jika tidak tepat sasaran mesin pencari akan memandangnya dan menganggapnya sebagai sebuah halaman yang di penuhi oleh sampah dan spam. Agar terhindar dari hal itu maka sederhanakan halaman Anda. Runyam memang, karena kadang misi bisnis pada halaman blog juga akan membuat halaman blog akan terlihat seperti itu jika Anda tidak pandai mengelola tata-letak dan menyederhanakan desain halaman.

2. Halaman harus cepat

Ini erat dengan kesederhanaan diatas, repsentasi halaman cepat adalah halaman AMP (Accelerated Mobile Page), sebuah halaman yang dijalankan melalui template AMP yang di buat dari inti HTML.

Halaman ini jika lulus validasi akan menjadi halaman mobile yang sangat cepat dan sangat kompatibel dengan halaman layar hape, phablet dan tablet. Intinya suatu halaman web yang selalu di akses oleh pengguna melalui gagdet yang selalu berada di dalam genggaman tangan mereka.

Namun jangan kuatir, halaman blog HTML klasik mobile juga bisa saja tidak kalah cepatnya asalkan kita bersedia menyederhanakan halaman. Tidak berlebihan menggunakan font eksternal dengan link eksternal, tidak terlalu banyak tombol react dengan javascript, tidak juga terlalu banyak warna warni. Artinya tidak juga jadi terlalu banyak DOM.

Banyak tool pengukur kecepatan yang dapat kita manfaatkan di internet dan tool tool tersebut menyertakan petunjuk, tips dan bahkan triks untuk mempercepat halaman blog kita dan dapat di terapkan.

Untuk mengukur kecepatan halaman, silahkan kunjungi :


3. Data terstruktur

Data terstruktur bukan hanya sekedar menjadi sinyal bagi mesin pencari, ia juga adalah sinyal yang sangat kuat bagi ranking halaman blog. Jadi Anda harus memasang script agar halaman memiliki data terstruktur, misalnya dengan cara memasang breadcrumb pada halaman blog. Petunjuknya ada di dalam blog ini.

Cara paling sederhana untuk mendapatkan data terstruktur adalah dengan cara memasangkan Breadcrumb ke dalam template. Untuk Blogger umumnya di pasang breadcrumb schema.org yang valid.

4. Optimalkan Data Web Inti (Core Web Vitals)

Di halaman Google Webmaster telah di tambahkan tool Core Web Vitals. Di dalamnya mencakup:
Contoh Penyempurnaan:
JenisValidKesalahanTren
Data Web Inti
Mobile
Desktop
181
0
0
0
BUKA LAPORAN
Kebergunaan Seluler
376
0
BUKA LAPORAN
Breadcrumb
718
0
BUKA LAPORAN
Kotak penelusuran Sitelink
363
0
BUKA LAPORAN
Data terstruktur tidak dapat diurai
0
BUKA LAPORAN

Dengan tool di atas para websider dapat memperbaiki dan belajar dari kesalahan. Anda harus mendapatkan nilai valid untuk menarik perhatian mesin telusur dan mengutamakan nilai Mobile daripada nilai Desktop. Mengapa nilai desktop masih disana, lebih karena alasan sosialisasi - untuk memberi kesempatan pada pengguna agar segera pindah ke halaman mobile.

5. Halaman harus Mobile

Bukan sekedar Mobile friendly, di zaman now halaman web benar benar di tuntut menjadi halaman mobile, itulah sebabnya alasan Google membuat project opensource AMP (Accelerated Mobile Page) halaman yang di buat dari inti HTML, sederhana, cepat dan mobile.

Tahun depan Google akan menendang jauh halaman web desktop. Di webmaster telah di umumkan bahwa crawler pengindeksan di alihkan ke halaman Mobile. Anda harus camkan itu baik baik: Bahwa halaman web desktop akan di tendang jauh jauh.

Nah artinya hanya halaman mobile yang yang akan di dahulukan, di utamakan dan di istemewakan pada saat ini, dan pada saatnya nanti halaman Web akan terkena finalti.

Segera move on! Yang masih menggunakan template bawaan lama (kecuali telah di ganti strukturnya) ganti ke template bawaan baru. Template template lama itu terdiri dari: sederhana, perjalanan, jendela air, PT. keren sekali, dinamis dst. Sedangkan template baru (yang disarankan adalah 4 varian terbaru template bawaan seperti contempo, soho, emporio dan notable).

Tak pelak lagi halaman mobile adalah sinyal yang kuat bagi mesin pencari.

6. Peran Penulis 

Penulis bisa menjadi sinyal yang kuat bagi mesin pencari. Penulis yang baik tercatat di dalam khazanah digital terdalam milik penguasa website. Misal, jika saya menulis artikel tentang politik, mesin pencari tidak mengendusnya, jadi memang tidak ada atau tidak kuat sinyalnya, namun jika yang menulis di halaman saya adalah mantan menteri pak Dahlan Iskan, segera trafiknya naik!

Bukan semata mata karena pak Dahlan Iskan mantan menteri tapi karena Dia memang pemilik laman Disway.id dan trafiknya tinggi, namanya sudah terlanjur nyantol di halaman web.

Semua Blogger dapat menjadi penulis yang di akui oleh google dengan cara belajar dan bekerja keras. Ada beberapa kesempatan tulisan Anda jika berkualitas akan mendapatkan bayaran yang setimpal.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

9 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Sangat menarik pembahasannya.
    Kubaca secara detil apa yang dijelaskan disini ..., betul semuanya.
    Seperti pembahasan di point yang terakhir, grafik terlanjur tinggi maka mesin pencari akan cepat sekali memgindeks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...bang Hima, yang terakhir itu perihal penulis, jika bidang menulisnya politik, profesinya politikus kaya pak Dahlan, dan jam terbangnya tinggi lalu dianggap tokoh pada bidang itu, ya pasti menjadi magnet bagi Gugel buat marketing dunia digital....

      Hapus
  2. Terimakasih tips ngeblognya.. nice👌

    BalasHapus
  3. Punya saya hanya nomor lima
    Poin yang lainnya nyungsep

    BalasHapus
  4. Aku kebetulan beli yemplate dari mas Sugeng, jd mungkin beberapa poin di atas udah terpenuhi 😇

    Yang kurang adalah jarang terbit artikel baru hehe...

    BalasHapus
  5. Sangat menarik, dan bermanfaat sekali pastinya. Sebagai pemula info ini sangat berharga bagi saya. Terimakasih sharingnya. Ilmu yg bermanfaat

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak