Cara agar halaman blog versi mobile tidak bisa diperbesar atau di zoom

Zaman sekarang blogging harus mobile, atau paling tidak responsif dan itu dapat di buat dan di terapkan dengan cara memilih template yang responsif dan mobile. Namun setelah responsif pun kadang versi mobile (atau versi tampilan hape) sebuah template terasa kurang enak di akses atau di pergunakan.

no zoom and no pinch for mobile page

Misalnya pada halaman mobile kadang halaman 'zoom' tanpa sengaja sehingga kita sibuk mengecilkannya kembali, kadang ini cukup mengganggu juga, jadi agar supaya halaman blog versi mobile fix, tidak dapat di zoom kita harus memodifikasi bagian meta tag viewport-nya.

Contohnya pada awalnya meta tag viewport halaman blog editblogtema adalah:
<meta content='width=device-width, minimum-scale=1, initial-scale=1, shrink-to-fit=yes' name='viewport'/>

Letaknya di bawah tag <head>. 

Viewport diatas membuat halaman mobile mudah di zoom dan ter'zoom' sendiri tanpa di sengaja.

Cara agar halaman blog versi mobile tidak bisa diperbesar atau di zoom adalah dengan cara merubah viewportnya dengan menghapus kode di atas dan menggantinya dengan kode viewport baru berikut (letakan di bawah tag <head> ya):
<meta charset='utf-8'/> <meta content='width=device-width,initial-scale=1.0,minimum-scale=1.0,maximum-scale=1.0' name='viewport'/>

Lalu Save template.

Itulah fungsi atau gunanya viewport pada halaman atau template blog. Nanti misalnya Anda ingin mengembalikannya ke viewport sebelumnya cukup dengan melakukan tindakan sebaliknya yakni menghapus kode pengganti viewport baru dengan kode viewport lama.

Soalnya tergantung selera juga sih, misalnya situs Bloomberg, Forbes, Washington Post, CNN, Tribun, Global Times China menggunakan viewport versi pertama yang bisa di zoom, sedangkan South Morning China. Nikkei Asia, The Straight Times dan The Jerusalem Post menggunakan viewport versi kedua yang tidak bisa di zoom pada versi mobilenya.

Yang penting demikianlah caranya agar halaman blog versi mobile tidak bisa diperbesar atau di zoom.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

3 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...


  1. Oh itu toh kode zoom, oke saya ambil gan, sipp..

    Zoom mmg kdg mengganggu terutama saat ingin menulis dlm kotak, search, follow email dan berkomentar tapi berguna jg buat ngezoom foto teks yg kekecilan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya meta-tag viewport, semua platform web dari igniester, wix, drupal, WP hingga Blogger blogspot yang menggunakan sumber kode HTML menggunakannya...

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak