Tidak perlu ngotot riset keyword buat blogging

Cara menulis tanpa riset keyword? Ada gak sih caranya? Mengapa pula harus dipusingkan dengan trik trik SEO?  

Yang sedihnya beberapa orang mengklaim:

Dulu sebelum belajar SEO saya blogging dan menulis apa adanya, trafik blog saya tinggi, anehnya setelah belajar SEO dan mati matian riset keyword, malahan trafik saya melempem.."

 

Saya tidak tahu jika klaim itu akurat atau tidak, bisa saja berada diantara keduanya, ya kan. Akan tetapi untuk menaikan trafik keyword saja tentu tidak akan pernah cukup, banyak faktor penting lain yang harus di pelajari.

keyword is dead keyword telah mati

Di medsos terutama di grup grup facebook, whatsapp, dan forum forum online ada banyak pernyataan yang saling bertentangan satu dengan yang  lain, apakah gerangan itu? 

Apalagi sumbernya kalau bukan dari grup grup para Blogger yang ingin cepat tulisan tulisannya viral dan halamannya jadi ramai pengunjung. Ada yang bilang keyword sangat penting, penting sekali. Sampai sampai ada tulisan yang membeberkan alasannya hingga panjangnya dua halaman buku.

Very good, itu namanya bersemangat. Tetapi ada banyak terdapat keluhan.

Blog yang pengunjungnya sedikit! 

Lalu keluhan itu berlanjut dan menjadi trending berbulan bahkan hingga bertahun. Wajar saja mereka mengeluh apalagi yang sudah pasang adsense alias halaman blognya telah di monetisi, soalnya tidak gajian hingga beberapa bulan atau bahkan sampai tahunan. Apa yang salah dengan dengan halaman blog kita? 

Sebelum menjawab pertanyaannya, kita lanjutkan cerita kisruh ini, mereka akhirnya terjebak oleh paradigma yang mudah ditebak: Ada yang mengambil jalan pintas, sukses beberapa waktu lalu terkena ban dan pada penghujung kisah: Patah arang.

Ada yang berani keluar modal, pasang adwords, beriklan dan promo halaman di facebook, lalu menangguk uang dari hasil pengorbanan membayar trafiknya, mereka dapat melanjutkannya dan semakin ahli bermain adwords. Mengkampanyekan halaman web atau blog dapat dikalkulasikan asalkan kita memiliki bakat berbisnis. Itu namanya bekerja.

Ada yang belajar mengutak atik keyword memanfaatkan riset keyword, namun hasilnya hanya beberapa artikel yang page 1.  Cara ini paling tampak 'pintar' namun juga tampak tidak jelas karena ambiguitas sekali karena sesungguhnnya banyak faktor yang membuat keyword tidak bekerja, misalnya persaingan tinggi, long tail keyword tidak tepat hingga algoritma mesin pencari berubah atau bahkan perilaku pembaca yang mendadak berubah secara massal tanpa dapat diprediksi.

Web itu kadang anomali banget ya.

1. JANGAN PAKSAKAN DIRI MEMIKIRKAN KEYWORD

Bagi seorang blogger sejati, sesungguhnya walaupun keyword memiliki peranan penting namun Ia tidaklah terlalu penting, Karena sebuah konten tulisan mungkin bisa menarik perhatian mesin pencari karena Anda memasang keyword yang tepat, tetapi algoritma mesin pencari itu sudah sangat rumit kita tidak dapat memastikan keyword dengan nilai tinggi yang sukses pada halaman orang lain lantas bisa sukses juga di halaman kita.

Lagipula mesin pencari itu sok tahu, lho karena algortimanya mencoba mencari tahu apa yang di sukai oleh pengunjung manusia melalui cara mengumpulkan innformasi informasi, kegiatan dan lalu menyimpulkan kalau Anda menyukai sesuatu. 

Dan bukannya algoritma itu tidak tahu bahwa manusia itu 'unpredicted' banget ya kan. Hari ini masih suka ini, besok benci dan jadi suka itu. 

Itulah sebabnya mengapa algoritma Google berubah dari waktu ke waktu mengikuti perkembangan zaman, mereka terus di update mengikuti trend atau kecenderungan manusia terkini. Karena jelas trend terkini tidak mungkin selalu sama dengan trend zaman old.

Dan lagi pula jika tulisan kita mirip dengan tulisan atau konten orang lain dan lalu memiliki keyword yang sama pula, jangan jangan malahan konten kita akan menjadi memiliki status sebagai konten duplikat, di abaikan oleh mesin penelusur karena memang demikian isi perintahnya. 

Ini terjadi pada percobaan kami dengan menggunakan jenis template yang sama lalu meminta satu teman menulis ulang sebuah konten pada blognya yang telah memiliki trafik sangat tinggi. Konten tersebut malah tidak memiliki trafik yang berarti hingga beberapa tahun.

Sebaliknya ketika penulisnya seorang yang telah memiliki nama, namanya telah menjadi 'anchor' berharga di halaman web, tulisan itu menjadi populer! Mengalahkan ketika ia di tulis di halaman editblogtema walau telah duluan merilisnya selama setahun, sedih gak?

Ini sama dengan kasus: Jika misalnya Rafi Ahmad tiba tiba buat halaman blog dan menulis, walaupun tanpa riset keyword, besar sekali kemungkinan tulisannya akan di kunjungi hingga ribuan orang perhari! Wow. Ketokohan adalah salah satu kunci dan sinyal kuat serta faktor penting bagi kesuksesan sebuah halaman dalam mendatangkan pengunjung dan pembaca.

2. MEMBUAT KONTEN YANG BAIK

Tolok ukur baik atau tidak bukanlah hal yang tidak memiliki patokan, buatlah konten yang baik! Buat konten yang berkualitas dan perbanyaklah konten di halaman blog Anda. Menulis bukan untuk mesin, tapi untuk manusia. Ada 7 milyar manusia yang pada saat ini sebagian mereka masih belum sempat membaca konten yang telah Anda tulis.

Jadi menulislah, jangan terlalu memikirkan keyword apalagi jika hal tersebut sampai menjadi beban pikiran Anda.

Alasannya sangat jelas: Keyword bisa menaikan trafik, namun bisa saja tidak sama sekali. Jangan mau di bohongi dan di imingi imingi hingga terpedaya dan membayar, lakukan hal yang lebih realistis yakni dengan terus membuat konten. Mau tahu alasannya? 

Dulu Johannes Kepler menulis, pada waktunya buku tersebut tidak di baca orang atau tidak ada orang yang bersedia membacanya. Buku itu tentang astronomi berisi kalkulasi hitungan matimatika dan detail geometri. Apakah ia sedih? Tidak, walau dia merasa hidupnya tidak akan sempat melnyaksikan orang yang membacanya, namun dia berkata dengan mata berbinar binar:

"Buku telah aku tulis! Dan aku tidak perduli walau seratus tahun lagi baru menemukan pembacanya!"

Benarkan, tulisan yang baik dan berkualitas itu kemudian menjadi buku wajib di perguruan tinggi universitas universitas ternama jurusan Astronomi hingga sampai saat ini dan memiliki andil yang sangat besar pada disiplin ilmu perbintangan.

Itu sebuah buku, lho, yang di tulis penuh dengan kesungguhan, kecermatan dan perjuangan melawan waktu. Apalagi hanya sebuah konten pada halaman sebuah blog yang pendek pendek? 

Dalam beberapa kasus, keyword mengecewakan tidak bekerja sementara di halaman orang lain ia bekerja.

Lalu mengapa halaman blog kita kok sepi? Tidak ada yang salah dengan itu kecuali jika Anda sama sekali tidak berusaha mengoptimalkannya. Awal awal blogging saya juga hanya memiliki satu, dua, tiga orang pengunjung lho dan itu berlangsung berbulan bulan. Kini sepertinya blog blog itu telah memiliki pengunjung stabil hingga seribu orang perhari. 

Bukankah setiap usaha itu membutuhkan proses dan waktu?

3. Algoritma Google berubah.

Algoritma Google juga terus berubah, terakhir mesin pencarian memiliki algoritma Bert yang berbeda daripada sekedar usaha memasang keyword.

Secara global telah terjadi 10% perubahan pada mesin pencarian. Namun karena masih dalam tahap belajar BERT akan membutuhkan waktu lebih banyak agar dia menjadi semakin pintar dari waktu ke waktu. Ini seperti bagian dari program "machine learning" mesin yang mampu belajar. Perhatikan Algoritma dengan umpan dua arahnya:

contoh umpan dua arah pada BERT
contoh umpan dua arah pada BERT. image Source Google A.I blog

BERT memiliki algoritma yang dapat dilatih untuk menjawab setiap pertanyaan dan menjadikan mesin telusur menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tidak seperti sebelumnya mesin pencari mencari situs situs, atau alamat web, maka BERT mencari PERTANYAAN dan MEMECAHKAN pertanyaan setiap orang. 

Awas efeknya terhadap kata kunci pada kata pencarian akan menjadi berubah, tidak akan sama seperti yang di ajarkan oleh para web master sebelumnya. BERT tidak akan tertipu oleh kunci kata, karena dia mampu mencerna pertanyaan dengan algoritma kecerdasan lebih rumit dan inteligent. Dia mampu mengenali manipulasi dan trik lebih pintar dari manusia.


Jadi apa yang harus kita lakukan? Banyak, diantaranya:
  • Buatlah konten yang berkualitas dan di butuhkan manusia
  • Promosikan tulisan walau dengan cara gratisan melalui medsos
  • Jadikan diri Anda sebagai penulis dengan kredibilitas tinggi ya dengan cara rajin membuat konten berkualitas tadi.
Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

5 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...


  1. Slogan jaman dulu "konten is the king", masih berlaku kah mbak kira2 dijaman skrg 😆

    Aku sudah puluhan tahun ngeblog tapi visitorku masih NOL 🤣 mungkinkah aku akan seperti si Johan Kepler 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti di singgung pada postingan di atas:
      "diperlukan proses, waktu, kerja keras, kesabaran menunggu, dan ketabahan menahan penderitaan" je je je...tapi memang demikian realita kehidupan kita di atas dunia yang fana ini

      Hapus
  2. Mantap ulasannya. Sejak awal ngeblog sampe skarang, saya masih belum paham apa itu sebenarnya riset keyword. Teorinya banyak dibahas tapi prakteknya tetep sulit saya pahami. Ketimbang mikirin riset yg justru buang-buang waktu, akhirnya saya pun memutuskan ngeblog dengan menulis apa adanya.

    BalasHapus
  3. Makasi banyakbaryikel ini sangat bermanfaat terutama bagi pemula seperti saya. Informasi yang bertebaran mengenai keyword memang tak baik ditelan mentah-mentah

    BalasHapus
  4. ALGORITMA BERT MENDORONG CARA KERJA LONG TAIL KEYWORD KE-TEPI

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak