MANA LEBIH ENAK MENULIS DAN BLOGGING PAKAI MACBOOK ATAU MENGGUNAKAN TABLET ANDROID?

Saya berani jawab yang terbiasa menggunakan Macbook akan bilang: Macbook dong. Akan tetapi ini bukan sekedar terbiasa atau tidak, akan tetapi lebih kepada fitur, kemudahan dan mobilitas. Jika Saya ditanya, meskipun saya terbiasa dengan Macbook, saya akan menjawab lebih enak menggunakan tablet! Jika bisa memilih Macbook dengan iPad, saya akan memilih iPad pro.

Alasan saya memilih tablet Android adalah karena saya memang memilikinya, walaupun saya telah memiliki laptop windows dan macbook juga.

ipad and android tablet
credit: XDA

Macbook tetaplah sebuah laptop dan ia adalah laptop dengan sistem oprasi macOS, sama halnya dengan laptop jenis lain yang menggunakan OS Windows, ChromeOS atau menggunakan Ubuntu sebagai sistem operasinya. Mereka adalah laptop. Kalau di tanya apa laptopmu? Saya langsung mengerti, saya akan menjawab Macbook. Karena dalam beberapa tahun terakhir saya menggunakan macbook walaupun masih menggunakan Laptop windows.

Jadi intinya saya tahu rasanya bagaimana menggunakan laptop windows, laptop chrome, laptop ubuntu dan macbook sekaligus karena saya memang akrab dengan perangkat perangkat itu. Namun disamping itu saya juga menggunakan seluler phone, utamanya android dan tablet Android tab S7 plus.

1. Tahun 2021 kekuatan beberapa model tablet bahkan melampui laptop standar

Sebelumnya saya menggunakan tablet tab s2, s3 hingga tab s6 lite. Semuanya saya pergunakan buat menulis dan blogging. Mau tahu? Sangat jarang sekali saya menggunakan laptop atau macbook karena alasan ini:
  1. Mobilitas. Saya malas sekali membawa bawa perangkat seberat dan segede laptop dan macbook ke dalam backpack saya yang mungil.
  2. Saya tidak bisa menggunakan kamera laptop dan macbook sepraktis saya menggunakan kamera tablet yang tipis dan ringan.
  3. Kualitas kamera Tab S7 plus saya sangat mumpuni dan kualitasnya berlipat ganda jika di banding laptop dan macbook.
  4. Layar tablet jauh lebih jernih dan dengan layar amoled
  5. Aplikasi tablet Android bahkan jauh lebih banyak daripada aplikasi yang dapat saya unduh melalui macbook.
  6. Kecepatan tablet dalam menjalankan internet terasa lebih enteng.
  7. lagipula apa sajapun pekerjaan yang dapat saya lakukan di laptop dan macbook dapat dengan sama mudahnya atau bahkan bisa lebih mudah dilakukan melalui tablet.
  8. Saya dapat mengedit video dengan berbagai aplikasi ringan jauh lebih banyak dan lebih baik daripada apabila saya harus menggunakan laptop windows dan macbook.
  9. Khusus blogging, Youtube, saya dapat mengambil mengedit, mengambil gambar dan video jauh lebih mudah melalui tablet, dan ini tidak terlepas dari banyaknya komunitas pengembang aplikasi di banding dengan laptop windows dan macbook.
  10. Melalui tablet Android saya bisa bekerja sambil menelpon atau video call menggunakan whatsapp, hangout, telegram dsb, berkat multi tasking dan multi-windowsnya.
Kesimpulannya bagi saya: Saya akhirnya memilih bekerja, berkarya, menulis, bersosialisasi melalui internet menggunakan tablet. Paling tidak untuk sekarang dan beberapa tahun ke depan

2. Pengalaman menulis dan blogging melalui tablet

Bagaimana menulis dan blogging menggunakan tablet? Dulu saya menggunakan tablet samsung tab s2 9,8 inchi. Saya melengkapinya dengan keyboard bluetooth dan bahkan mouse. Itu dikarenakan saya terbiasa menggunakan laptop windows. Hanya beberapa hari setelah itu saya benar benar meninggalkan laptop. Begitu nyaman menggunakan tablet buat menulis dan blogging.

Alasan mengapa harus menggunakan keyboard bluetooth adalah saya bisa saja menggunakan keyboard bawaan tablet yakni keyboard layar sentuh. Akan tetapi itu menyita hampir separoh layar dan membuat layar tidak lagi lega. Layar tersita oleh keyboard virtual itu. Setelah membeli keyboard logitech k380, saya dapat memaksimalkan ukuran layar hanya untuk menampilkan konten konten yang sedang saya buat.

Astaga tidak terasa tablet itu kini telah berusia 7 tahun! di beli tahun 2014, sangat tipis, layarnya sudah super amoled, tetap mulus walau tidak pernah di lapisi temper glass. Saya berani mengatakan samsung memang hebat melalui keluarga tab s mereka dan kini saya memutuskan membeli tab s 7 plus yang telah dilengkapi dengan keyboard bawaan yang terhubung dengan DEX samsung benar benar mirip laptop namun jauh lebih ringan. Apalagi tablet ini telah di lengkapi dengan S-pen yang benar benar tinggi akurasinya untuk menggambar, menulis atau membubuhkan tanda tangan. Saya semakin melupakan laptop dan macbook saya.

3. Tablet tablet android versi murah

Di tahun 2021 bukan hanya tablet mahal, tablet murah seperti tab A lite bahkan sangat nyaman di gunakan dengan keyboard bluetooth, contohnya tab A 7 lite dengan harga 2 jutaan ternyata sangat cepat dan sangat mumpuni di ajak blogging, saya merasa ia bahkan lebih worth daripada laptop seharga 5 jutaan bila dipakai hanya buat menulis, mengedit dokumen, blogging dan kebutuhan kebuthan lain yang tidak mudah di lakukan melalui laptop seperti bersosial media di perjalanan.

tablet huawei matepad T10s dengan keyboard

Namun bukan hanya produk samsung, produk produk dari produsen tablet lain juga tidak kalah mumpuni bahkan mungkin memiliki keunggulan lain yang belum kita ketahui, sebut saja:

*Huawei matePad T10s harga 2,3 jutaan

Kelebihan
  1. Layar gede 10,1 inci dan resolusi FHD
  2. Performa Kirin 710A kencang dengan GPU Turbo
  3. Daya baterai 5.100 mAh sangat awet
  4. Tersedia fitur Kids Corner dan Management Content
  5. Kualitas speaker audio memukau dengan teknologi Histen 6.1

Kekurangan

  • *Tidak mendukung pengisian daya cepat
  • *Tidak mendukung layanan Google
Tablet huawei seharga 2 jutaan ini benar benar bisa menggantikan laptop jika dipadu dengan bluetooth keyboard fisik. 

Walapun pada kekurangan di tulis 'tidak mendukung layanan google', namun pada faktanya ia tetap bisa menggunakan chrome dan beberapa layanan google penting lainnya melalui chat partner, bahkan kita bisa memasang Google Play store dan mengunduh aplikasi aplikasinya.

Tentu saja, peningkatan fitur baik perangkat keras dan perangkat lunak tidak terlepas dari semakin banyaknya tersedia jaringan super cepat dengan teknologi terbaru di dunia. 

Sekarang tinggal tergantung kita untuk bisa memanfaatkan peralatan murah meriah untuk menghasilkan hasil yang besar dalam hidup dan kehidupan kita...

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

3 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Kalau menurut ku sih lebarnya, tingginya gak penting. Karena lebar itu enak buat nonton multimedia, enak buat multi windows, enak buat 2 kerjaan sekaligus.

    Rumus persedi panjang itu adalah panjang x lebar atau sebaliknya. Nah semua tablet samsung kayaknya memiliki aspek ratio 16:9 laptop banget lho...

    BalasHapus
  2. jujur, bingung jawab pertanyaan dijudul atas...
    secara...
    laptop aku gak punya
    tablet android aku jg gak punya
    komputer juga gak punya..

    lha trs ngeblog pake apa....
    sssst jgn bilang2 ya, aku ngeblognya nyuri di PC kantor...
    :D
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dengan saya dulu begitu juga...jangan bilang bilang ya

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak