Hari ini sepi? Jangan diam saja, katakan itu pada dunia


Video di atas adalah bagaimana saya melewati hari hari jauh dari keluarga sepulang bekerja. Di Kafe itu saya pesan 'expresso coffee'. Lalu tenggelam dalam pekerjaan sampingan selain blogging, vlogging dan ngoding kecil kecilan. 

Professi saya yang sebenarnya jauh dari itu. Itu pekerjaan dunia migas, setiap hari berhadapan dengan mesin mesin berat, deru, debu dan lalu suasana kantor yang tiba tiba di penuhi oleh canda. Kadang saya merasa seolah tidak mencintai pekerjaan saya. Pinginnya sih jadi orang kaya, duit banyak dan bisa bepergian kemana saja saya suka.

Jangan katakan saya tidak bersyukur, itulah sebabnya mengapa saya jarang libur. kadang biar hari sabtu dan minggu saya tetap bekerja dari membuat laporan, memeriksa laporan rekan rekan kerja yang kebetulan adalah bawahan saya, ke lapangan memeriksa peralatan berat sampai ke aseories nya demi menopang produksi. Saya bersyukur karena saya mendapatkan pekerjaan dan kalau saya bandingkan gajinya tidaklah kecil, meskipun tidak sebesar gaji para professional. Saya masih bisa mengantongi belasan juta rupiah perbulan.

Namun...

Melewati hari sendiri bisa berakibat depresi bagi sementara orang, namun tidak bagi seorang introvert. Akan tetapi kesepian adalah penderitaan alamiah bagi manusia. Sekalipun misalnya berada di tengah keramaian, jika memang di dalam hatinya kesepian maka ia akan di timpa oleh kesepian dan menjadi depresi.

Menurut pakar akibat kesepian bisa menjalar menjadi masalah berikut:
  1. Depresi. Seorang yang kesepian bisa berisiko menjadi depresi, perasaan hampa dan kosong.
  2. Kepribadian tertutup, lebih jauh kesepian bisa membuat orang berubah menjadi pribadi tertutup. Dan akan sulit merubahnya kembali
  3. Kecanduan alkohol dan obat obatan
  4. kualitas tidur buruk, karena hasil studi menyimpulkan orang dewasa yang kurang tidur ketika ia lebih banyak merasa kesepian walau tanpa alasan
  5. kecemasan sosial takut penolakan. Mungkin akibat sering merasa di lecehkan, di remehkan oleh orang lain.
  6. Kemakmuran hidup. Kehidupan bergelimpang harta justeru kadang membuat hidup kita terkucil karena kekayaan kadang mengintimidasi orang di sekeling kita.
Dan beruntunglah orang yang memiliki banyak kegiatan. Sedangkan kegiatan bagi seorang yang suka menyendiri seperti saya yang paling pas adalah menulis, blogging, vlogging dan berjalan jalan mencari insipirasi.

Baca juga:
jangan biarkan diri anda kesepian, ayo lepaskan beban anda namun, jika anda tidak bisa bercerita pada seseorang, maka berceritalah kepada dunia.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Saya itu introvert bang, cuma kalo lagi diluar kota tanpa anak istri, kesepian juga ni T.T

    Tidur pun tak nyenyak hiks

    BalasHapus
  2. Kebetulan saya introvert tapi lebih ke malas menampakkan diri, lebih suka dibelakang layar, main game, nonton, itu aja terus 🤣

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak