Nemu microfon condenser USB murah tidak bermerek, apakah worthed buat vlogging?

AvatarOleh:

Microfon yang biasa saya gunakan buat voice over secara instan adalah microfon condenser USB, yang pastinya harus bisa di colokan ke hape dan tablet Android saya, atau bahkan ke macbook dan iPad saya. Saya tidak pernah menggunakan mic dengan perangkat lebih kompleks, misalnya yang memiliki pengaturan manual lengkap dengan piranti sound card.

karena saya bukan seorang ahli sound sistem, dan tidak menguasai jenis software pengaturan suara apapun, jika harus menggunakan perangkat mic condenser seperti demikian maka rasanya saya akan bersusah payah mempelajarinya dari nol.

Yang saya butuhkan hanyalah sebuah mic condensor buat vlogging. Titik.

Mic condenser USB

Dan beruntung sekali di tahun 2021 rasanya bermunculan produk produk yang mendukung untuk itu. Mikrofon murah dengan dukungan koneksi kabel usb type C, atau asesories dongle dan USB OTG murah yang banyak di jual di toko toko online dan di pasaran toko toko offline. Lebih beruntung lagi karena saya tinggal di Batam, hampir semua produk electronik dunia masuk masuk ke sini.

Pas sedang jalan ke toko elektronik milik temannya teman, saya melihat ada sebuah mic condenser menarik di pajang begitu saja di atas estalate pajangan, saya tertarik dan di izinkan membawa pulang oleh teman. Bentuknya cukup bagus seperti yang saya tampilkan pada video di atas. yang unik adalah microfon ini tidak ada brand, tidak ada merek. Di kotak kemasan hanya tertulis: Professional Microfon.

Rasanya itu bukan merek, apalagi brand. Itu lebih ke klaim predikatnya, tapi menilik harganya predikat sebagai microfon 'professional' sangatlah meragukan, harganya di patok 295 ribu rupiah. Bandingkan dengan microfon condenser yang sudah saya miliki: Samson meteor yang harganya 1,1 juta.

Akhirnya saya bawa pulang dan saya kini memiliki beberapa mic condensor di rumah, namun saya tertarik membandingkannya dengan microfon samson meteor, ya si microfon tak bernama ini. 

Secara fisik keduanya tampak jauh berbeda.

Samson meteor terbuat full logam, bentuknya klasik zaman retro, bobotnya berat walau dimensi ukurannya kecil. Ia tipe cardoid yang hanya menangkap suara dari satu arah yang menghadap kepada seorang pembicara. Samson dilengkapi dengan koneksi USB, memiliki lampu led dan tombol mute yang menyatu dengan tombol volume untuk membesarkan suara hasil rekaman.

Sedangkan microfon satunya yang harganya 295 ribuan memiliki tampilan cukup menarik, bodynya nyaris di buat full plastik, bobotnya ringan, tidak memiliki tombol apapun. Ia memiliki koneksi sambungan kabel jack sehingga dapat langsung di colokan ke hape dan tablet jika kedua jenis perangkat masih memilki lubang jack tersebut.

Mic condenser ini telah dilengkapi satu paket pembelian dengan stand, mounting dan pop filter.

Kualitas suara.

Samson memiliki kualitas suara yang cukup baik buat di gunakan buat vlogging menggunakan narasi, tutorial, voice over dan podcast. Jika di bandingkan dengan mic yang satunya lagi suara yang di hasilkan dari perangkat yang sama: Hape A21s Samsung dan tablet samsung Tab S7 plus, tidaklah memiliki perbedaan yang terlalu signifikan apalagi bagi saya yang hanya butuh mengeluarkan suara 'percakapan' tetapi tentu saja suara yang di hasilkannya tidak jauh jauh  dari kualitas kelasnya mic condenser entry level.

Namun mic ini memiliki keunggulan tampilan yang cukup bagus jika di letakan di atas meja, mudah di pergunakan dan dapat di pasangkan ke perangkat mobile menggunakan kabel koneksi USB yang telah ada meskipun harus menambahkan dongle USB agar bisa di colokan ke lubang jack hape dan lubang USB type C samsung tab s7 plus milik saya.

Tetap saja memang harus di akui kebenaran pepatah dan ungkapan: Ada harga, ada rupa.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Belum ada Komentar untuk "Nemu microfon condenser USB murah tidak bermerek, apakah worthed buat vlogging?"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel