Zaman menghilangnya kartu kredit dan kartu simcard hape sedang dimulai

AvatarPosted By:

Dunia berubah dari waktu ke waktu dan perubahan itu terkadang di picu oleh kemajuan teknologi juga. Ada beberapa hal yang beberapa tahun lalu tampak begitu worthed (berharga) hari ini jadulnya terasa nauzubilah he he eh...

Begitu juga dengan cara hidup yang kadang berakibat konsumsif berlebihan. Kalian tahu kan hape yang kalian beli kemaren tahun depan sudah jdul karena akan dijual hape lanjutan yang lebih canggih dan lebih baru? Okelah, itu kita beli karena ingin memenuhi selera kekinian. Konsumtif life style.

Akan tetapi bagaimana jika hal tersebut terkait langsung kepada pengelolaan keuangan? Nah berikut hal hal yang tidak perlu lagi menjadi keinginan kalian:

1. kartu kredit atau e-money

Ia masih berbentuk kartu fisik dan kalau di luar negeri kebanyakan di pergunakan buat bayar tiket transportasi umum tinggal gesek saja ya kan. Dan masih banyak digunakan buat belanja sebagai alat dan sarana pembayaran karena di dalam kartu yang tertanam chip tersebut terdapat sejumlah uang pinjaman.

Kartu kredit itu mengikat dan kini sistemnya terlihat sangat jadul, mulai dari kewajiban bayar iuran tahunan, bunga pinjaman. Belum lagi syarat mengurusnya masih saja cara lama, tidak mudah plus cara menutupnya yang tidak sederhana. Jadi apa kalian masih ingin memiliki kartu kredit? No, itu life style zaman old, zaman bapak dan zaman kakekmu. Zaman kalian adalh zaman mudah dan sebentar lagi bahkan sistem perbankan akan jauh lebih sederhana dan mudah namun tetap dengan sistem keamanan yang tinggi.

Sekarang zamannya e-wallet bukan e-money lagi. Keduanya memiliki perbedaan: Lahir di zaman dan fasilitas yang berbeda, cara penggunaan dan sistem pembayaran yang berbeda pula.

Pernah membayangkan ketika sistem berbelanja dan membayar kripto? Siapa bilang hal tersebut tidak akan terjadi walau banyak sistem pemerintah dunia kegerahan akibat perubahan? Yes! Bayangkan ketika membayar tidak perlu lagi dengan alat tukar yang sudah kuno alias lanjutan sistem barter zaman kuna eh kuno. Asalkan kaloan memiliki akun yang berisi uang kalian tidak perlu memegang uang lagi, tinggal pencet tombol dan jaminannya dalah ID kalian sendiri bisa berupa pengenalan mata melalui layar biometrik ponsel.

Peretasan? Memangnya kalian pikir bawa duit sekoper zaman dulu itu tidak berbahaya? Banyak kasus orang mati di rampok dan uangnya di bawa kabur. Siapa yang dapat menghapus risiko hingga nol? Bukan begitu caranya dunia bekerja.

Intinya kartu kredit tidak lagi terlalu kalian perlukan di zaman sekarang. kartu kredit adalah fasilitas kuno yang masih ngotot dipergunakan oleh para bankir kolot saja. Sekarang telah ada bank bank yang menyediakan e-wallet yang fungsinya hampir sama saja dengan kartu kredit. 

Aduh bgaimananya ya cara menganalogikannya? Oke begini: Ibaratkan tukang ojek, kartu kredit itu adalah tukang ojek pangkalan yang masih ngotot eksis sedangkan e-wallet itu adalah ojek online. Silahkan mau beralasan apa, saya telah menggunakan kartu kredit sejak tahun 2014 dan tahu apa itu kartu kredit dan manfaatnya lalu mengerti juga apa itu e-wallet beserta keunggulanya di zaman yang sudah memang seharusnya dia berada.

Mulailah menggunakan fasilitas yang sesuai kebutuhan zamannya dan yang sesuai dengan konteks kebutuhan kita pula. Buang cepat cepat kartu kredit Anda.

2. Smartphone tanpa simcard

Apple berencana membuat iPhone yang terintegrasi dengan jaringan super cepat 5G sehingga internet - bukannya kartu seluler,- dapat dijadikan sebagai sarana normal buat menelpon dengan beaya dan harga yan jauh lebih murah dan terintegrasi dengan kebutuhan berinternet sekaligus bertelefoni. Ini adalah model smartphone di masa depan.

Sebenarnya sejak tahun 2019 dunia sudah mengenal e-sim, ia berbeda dengan kartu simcard namun boleh jadi ia adalah cikal bakal ide sebuah smartphone yang terintegrasi langsung dengan internet supercepat sehingga cocok buat tujuan telefoni tanpa simcard konvensional. Seperti kita ketahui eSIM adalah SIM digital yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan paket seluler dari operator tanpa harus menggunakan SIM Card fisik. eSIM tertanam langsung sebagai chip pada hape.

Dan dari website Apple kemudian diketahui, eSIM adalah SIM digital yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan paket seluler dari operator tanpa harus menggunakan SIM Card fisik.

Berbeda dengan smartphone dengan sistem inject kartu SIM dari satu operator seluler tertentu, eSIM sendiri dapat bergonta-ganti satu operator seluler ke operator lain melalui scan QR barcode. Jadi, eSIM sudah tertanam di smartphone dan berukuran lebih kecil daripada Nano-SIM yang diterapkan di banyak ponsel pada saat ini.

Ada wacana internet yang sangat fundamental yang kita kenal sebagai iOT atau kependekan dari Internet of thing. Segalanya akan internet, ada internet di kaca sentuh ada internet di dinding. Internet menjadi sangat murah dan bahkan gratis karena dapat di temukan bagaikan udara. Provider internet berlomba lomba menyediakan internet bukan untuk menjulanya akan tetapi sebagai sarana berbisnis. Dan internet adalah cara mereka menjangkau konsumen, lalu mengapa pula konsumen harus mebayar?

Dan lalu apa hubungannya dengan menelpon gratis? Jelas ada hubungannya! Saat sekarang kita tidak dapat mengandalkan internet sebagai saran telekomunikasi karena kecepatan 4G memiliki latensi alias jeda akibat internet sering drop down, ketika sinyal putus, ketika quota internet habis, ketika jaringan overload dll, komunikasi menjadi sangat tidak stabil.

Itulah sebabnya kita membutuhkan jaringan seluler, ia bisa melaui koneksi satelit bisa melalui kabel, ia beda dengan jaringan internet dan ia memang di bedakan dalam paket penjualannya. Zaman kita bisnis jualan paket seluler dan internet masih merupakan bisnis yang sangat menguntungkan, namun hal itu akan sampai ke titik nadir ketika iOT terjadi, internet dimana mana, internet lalu menjadi gratis!

Dan karena kecepatan internet yang tidak memiliki latensi, maka ia kemudian layak untuk di jadikan saran telefoni layaknya sarana jaringan seluler seperti yang masih kita pergunakan pada saat ini.

Jadi hape hape zaman nanti tidak ada slot kartu selulernya lagi, dan kemungkinan datanya adalah internet, namun regulasinya tentu saja harus tetap ada misalnya terkait informasi pribadi pengguna, alamat berupa ID pengguna dll. Ini adalah sebuah tantangan, dan hal hal baru akan datang perlahan tapi pasti.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Belum ada Komentar untuk "Zaman menghilangnya kartu kredit dan kartu simcard hape sedang dimulai"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel