Jadi mengikuti kisah channel video kena ban ceritanya saya mampir ke channel Sabda DZ yang baru di buat untuk menggantikan channel lamanya yang di hapus oleh Youtube karena di anggap melanggar pedoman dan kebijaksanaan Google padahal subscriber channel itu sudah 700 ribuan lho. 

Yang hebatnya lagi menurut saya sabda dz ini memiliki semangat tinggi dan channelnya itu memiliki konten konten unik yang sangat konsisten: Berburu penipu, berburu dukun dukun palsu atau semacam itu. Isi kontennya selain membongkar kedok penipuan juga berisikan konten konten kocak yang sulit dilupakan oleh penggemarnya.

Orangnya tampak santay sekali, setelah channelnya di tutup dia banding, setelah bandingnya tidak berhasil dia buat channel baru lagi, selang beberapa minggu saja sudah ribuan subscribernya. Jelas bagi sebagian besar orang konten kontennya selain bermanfaat buat menangkal penipuan juga sangat menghibur. Orangnya memang kocak.

Fakta yang dapat kita pelajari adalah:
  • Channel sabda dz yang sudah memiliki 700ribuan subscriber itu akhirnya di banned 
  • Sabda dz naik banding
  • Google menolak keberatan sabda dz
  • Sabda dz menjadi sangat terkenal ketika kehilangan channel dengan subscriber sedemikian besarnya seolah tidak menjadi masalah. Hal tersebut tampak di tanggapinya dengan santay saja.
  • Begitu ia membuat channel baru ribuan subscriber segera datang men-subscribe channel barunya. Tampak subscriber yang mencarinya disamping ia juga menyerukan agar orang mensubcribenya.
  • Konten yang dibuat oleh sabda dz adalah spesialis - jadi memang konsisten - berburu penipuan sms dan panggilan seluler, berburu penipuan berkedok pedukunan atau paranormal. Pokoknya dia sangat bersemangat kalau bertemu hal hal begini dan seegera dijadikannya konten.
Bagaimana tanggapan Google ketika Sabda dz mengajukan keberatannya? 

Sabda dz merasa dia tidak melanggar pedoman Google manapun, dan menganggap itu kesalahfahaman. Konten kontennya tidak mengekspos wajah seorangpun dari para penipu. Dan dia merasa kontennya berisikan edukasi yang sangat membantu masyarakat agar terhindar dari penipuan.

Akan tetapi Google tetap mengacu pada pedoman kebijakan konten, menghasut, membenci, kata kata tidak pantas dst. Kata kata tidak pantas tentu saja terjadi ketika penipu marah dan tidak terelakan akan menjadi bagian dari konten video dan suara.

Sabda DZ mengajukan keberatannya karena menduga banyak laporan yang salah dari pihak penipu yang di rugikan dan melaporkan channelnya berkali kali. Ini adalah sebuah senjata dari pedoman kebijakan Google yang disalah gunakan.

Pihak Youtube mengatakan bahwa mereka telah melakukan investigasi dan yang melakukannya adalah manusia. Sedangkan banding hanya dapat dilakukan satu kali.

Saya tertarik benar dengan sikap sabda dz yang seolah akhirnya menerima keputusan itu dengan santay, ia bahkan membuat channel baru yang berisikan konten konten yang sama dan mengupload ulang konten konten dari channel yang di hapus ke channel barunya dalam bentuk kilas balik yang sangat kocak!

Tampaknya Tim Youtube diam diam mulai meninjau ulang.

Tampaknya selain proses tersebut di atas pihak Youtube Google melakukan survey memberikan berupa angket kepada netizen di komunitas Youtube, mereka mengajukan beberapa pertanyaan kepada pemirsa dengan membagikan cuplikan video dari sabda dz. 

Pertanyaannya seputar video tersebut yang tentu saja bagi orang kebanyakan jawabannya sangat positif dan sangat membantu kredibilitas sabda dz.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share: