Langsung ke konten utama

update: runtuhnya google plus dan dampaknya terhadap blogger (2)

Tunggu saja pada bulan Agustus 2019 ketika bagian konsumen telah di tutup, dan hanya menyisakan bagian komersial yang lebih berorientasi bisnis. Kita aka segera tahu bagaimana caranya berbagi postingan blog di Google Plus nantinya. 
kita sudah mengenal tempat ini. Sebuah media sosial yang telah "gagal total" menumbangkan dominasi Facebook. Namun sebagai blogger yang telah lama menghuni Google Plus, kita tidak pernah merasakan tempat ini sebagai sarang hantu web seperti yang di bicarakan orang di forum forum internet.
kita kembali berbicara perihal rencana penutupan G+ jika itu segera menjadi kenyataan: Seperti yang pernah di tulis oleh Steve Cooper bahwa G+ jauh lebih baik daripada media lain dalam hal meningkatkan CTR pengunjung terhadap blog hingga mencapai 35% artinya jika media ini di tutup para blogger harus bersiap kehilangan itu. Dan pengiklan akan meningkatkan Programming Media Buy yang selama ini juga telah telah secara signifikan mengurangi penghasilan para publisher adsense via blogger. 
Dan berita buruknya kita tidak dapat berbuat apa apa untuk itu. Xiomi misalnya terbukti berhasil "membasmi" sistem penjualan melalui jasa iklan untuk produk mereka melalui sisem yang bisa saja  mirip Media Buy ini.
Dampak lain adalah kepercayaan kita terhadap kelangsungan hidup sebuah media, sebutlah blogger, akan sampai kapan blogger bisa bertahan seperti G+? Walaupun memiliki satu induk namun platform mereka memang dibuat dan dibangun berbeda. Blogger juga memiliki pesaing pesaing dengan platform serupa yang semakin kuat: Wordpress, Weibo, Drupal, Wix dsb.


Akan tetapi terlalu jauh bagi kita untuk memikirkan itu, untuk jangka pendeknya dalam waktu dekat banyak blogger yang akan terkena dampaknya jika G+ plus benar benar di tutup kecuali jika kita cepat cepat "Move on" mempromosikan blog kita di tempat lain, saya rasa Facebook adalah tempat yang juga bagus untuk meningkatkan CTR demi pemasukan dan penghasilan dari pengunjung.

Namun Facebook tidaklah se- "permai" Google plus dalam hal mendatangkan pengunjung blog. Di facebook kita harus memiliki strategi yang berbeda. Facebook memiliki aturan yang berbeda dengan Google plus. Twitter juga sudah sangat riuh setiap suara minta di dengarkan. Suara teriakan kita seolah hilang diantara pengeras suara yang lain.

Yang jelas anda akan kehilangan tombol berbagi yang paling menarik bagi sebuah blog dan dimana tadinya kita memiliki dan mulai terbiasa dengan segala sesuatu yang mulai saling terhubung:
  1. Gmail-yakni kita memilki akun email Gmail
  2. Dengan akun email tersebut kita membuat akun blogger
  3. Blogger kemudian menghasilkan adsense, yakni sedikit penghasilan bagi publisher adsense
  4. Berbagi konten blogger di Google Plus nyaris menjadi hal yang wajib sedangkan akun Google plus juga menggunakan akun email G-mail, Berbagi konten terbukti mampu meningkatkan pengunjung dan otomatis meningkatkan penghasilan.
  5. Sistem komentar blogger sebagian besar masih menggunakan akun G-Plus yang memang terhubung ke Blogger (apakah setelah ini akan di disabled?)
Dan mulailah membiasakan diri, move on dan secepatnya mencari cara berbagi baru agar blog kita tidak kehilangan momen dan mendapatkan ganti fasilitas yang selama ini kita pergunakan seperti Google Plus.

BERSIAPLAH MEMBACK UP DATA:  TETAPI MUNGKIN GOOGLE PLUS TETAP EKSIS PADA BULAN AGUSTUS 2019 DAN LEBIH BAIK DARIPADA SEBELUMNYA.

Mungkin ada yang harus anda ambil, ambilah dari sekarang. Konten dan data data informatif. Sekedar berjaga jaga kan tidak ada salahnya. Mungkin jika kita nantinya harus segera bersiap siap untuk "move on".

Tetapi penutupan satu divisi (bagian konsumen) dan menyisakan atau meningkatkan satu divisi lain bisa saja berarti demi untuk meningkatkan Google Plus menjadi media sosial yang lebih baik, akurat, aman dan impresif. Sebagai blogger kita mungkin akan melihat peluang baru yang lebih segar untuk berbagi konten, berbagi informasi dan meningkatkan teknik blogging melalui media yang satu ini. Dengan cara baru yang lebih fresh, lebih aman dan lebih berbeda.

Komentar

  1. Berita buruk nih. Apa karena tidak berkembang yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena kasus peretasan, nama baik, dan fakta kalau perkembangan Gplus tidak memenuhi ekspektasi sebagai medsos.

      Hapus
  2. Wah bisa repot juga sih.. , tapi tunggu dulu gmn nantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nantinya bisa saja lebih baik, tapi....kalau menelisik kabar terbaru, Google akan menghapus bagian konsumen yang selama ini kita para blogger terlibat di dalamnya bisa juga kurang baik kalau tidak bisa dikatakan sebagai kabar buruk; GPlus hanya akan bertahan dengan bagian business. Segalanya berbayar atau menuntut konstribusi yang sepadan dari user,. ya lebih baik kita tunggu Austus 2019, sementara itu kita tetap jalan seperti biasa

      Hapus
    2. Yg penting semangat blogging jangan sampai runtuh ya mas. Dan tetap menulis dan posting artikel rutin seperti biasa.

      Hapus

Posting Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa