Apakah cinta itu? Begini pengertian eros, philia dan agape

apakah cinta itu? apakah anda bangga dengan cinta berahi? baca artikel ini.
pengertian eros, philia dan agape
Ternyata bahasa Indonesia tidak cukup menjelaskan arti cinta yang sesungguhnya sehingga membuat kita mencampuradukannya dan hanya dapat membedakannya melalui pengalaman hidup dan sumber daya kecerdasan kita.

Dalam bahasa Yunani cinta di nyatakan dan ekspresikan melalui tiga cara:
  1. eros
  2. philia
  3. agape
Eros

Adalah cinta antara lawan jenis, antara pria dan wanita. Cinta berahi berdasarkan berdasarkan hubungan antar dua gender, sejenis atau multirace. Satu pihak tidak dianggap sebagai subjek tetapi objek. Eros mengikat kuat namun tidak akan abadi. 

Eros berada dalam tatanan paling rendah dan paling banyak di agungkan oleh para remaja karena ia naluri dasar bukan hanya miliki manusia tapi setiap spesies makhluk hidup, termasuk tanaman dan hewan. Dalam hal cinta ini kita tidak akan berbeda dengan spisies makhluk lain.

Cinta ini seringkali berakhir dengan perkawinan dan saling memiliki. Entah mengapa ada konsensus alam semesta untuk 'menipu' perasaan kita agar menciptakan hubungan perkawinan. Namun tidak menutup kemungkinan di dalam perjalanannya perkawinan akan memberikan pengalaman dan membuka wawasan pada kedua jenis gender yang melakoninya.

Cinta ini adalah cinta tingkatan paling rendah dan paling mudah.

Philia

Philia adalah cinta persahabatan. Atau cinta karena berbasis kebijaksanaan diri.

Di sini, cinta bersifat relasional. Orang lain telah dipandang sebagai pribadi atau subjek yang mempunyai kekhasan atau keunikan dan memiliki kualitas dirinya sendiri: cantik, lembut, pengertian, dan seterusnya. Cinta philia tidak dibatasi oleh jenis kelamin dan tidak terbatas kepada semua, baik pria maupun wanita, kepada makhluk lain, spesies lain seperti hewan dan tanaman.

Jika dalam sebuah hidup berpasangan kita memiliki kelebihan cinta philia, maka cinta inilah yang membuat pasangan bertahan hingga ke ujung perkawinan. Namun sekali lagi hal itu tidak akan menjelaskan mengapa orang bertahan dalam sebuah perkawinan meskipun cinta eros telah lama memudar seiring waktu di dalam diri mereka masing masing. 

Anda menyukai dan menyayangi hewan seperti kucing, anjing, burung tanpa mau menyakitinya, dan hanya ingin mereka bebas dan menjadi diri mereka sendiri? Mungkin Anda adalah pencinta tingkat Philia. Cinta tingkatan tinggi. Cinta yang tidak menyakiti.

Akan tetapi jika anda mengurung mereka, maka itu adalah jenis cinta rendah, cinta eros.

Agape

Cinta yang tidak bergantung pada kualitas, kelembutan, kecantikan. Agape adalah cinta tanpa pamrih. Ia tidak memandang orang lain sebagai objek, subjek, kepribadian akan tetapi memandangnya sebagai diri sendiri. Ia tidak terasa seperti relational antar pribadi berbeda. Ia menyatu.

Agape adalah cinta yang tertinggi. Cinta kepada Tuhan berdasarkan keyakinan termasuk di dalamnya. Cinta tanpa pamrih. Cinta pada tataran yang paling tinggi.

Kosakata bahasa Indonesia hanya memiliki pengungkapan dengan Cinta terhadap semuanya dan bercampur aduk terutama dikalangan pencinta awam he he he...

Ingin nonton narasinya, berikut videonya:



Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
https://www.tiktok.com/@editvlogtema

2 komentar

  1. Saya sering jatuh cinta, tapi bila harus menjelaskan apa artinya Cinta kadang saya bingung 😕❓sebenarnya apa itu cinta 😁

    Ternyata makba cinta itu begitu mendalam ya Pak, sehingga untuk memahaminya kita harus belajar banyak.

    Terimakasih sudah berbagi. Cinta itu indah 😍💓
    1. Seperti yang di singgung dalam tulisan dan video narasi ini: Kita memiliki sumberdaya dan kecerdasan untuk memahaminya...
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain