Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.

Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja.



Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'.

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list tadi hanya menampilkan tulisan berurut seperti tumpukan untaian kata kata tanpa penomoran dan tanda bahwa itu adalah bentuk daftar yang saya inginkan.

Baca juga:
  1. Cara memodifikasi tampilan Bulleted List dan Numbered List di halaman blog
  2. Keutamaan menggunakan template buatan sendiri
  3. Cara membuat hamburger menu dengan toogle buka dan tutup menggunakan CSS
Dan menurut kami semua fungsi dalam penulisan apalagi yang mendasar adalah sangat penting dalam desain, karena ia akan akan menampilkan bentuk professional dan keseriusan seseorang dalam menulis, dan tentu saja kami tidak akan membiarkan hal itu terjadi pada template buatan atau hasil editan kami.
Contoh add numbering dan add bullets normal:

Daftar belanjaan (add numbering)
  1. Bayam
  2. Gula
  3. Garam
  4. Cabe
  5. Dll
Daftar belanjaan (add bullets)
  • Bayam
  • Gula
  • Garam
  • Cabe
  • Dll
Pada saat penulisan baik add numbering maupun add bullets nampak berfungsi tapi apa yang terjadi setelah artikel di publish?  Yang terjadi adalah fungsi diatas gagal atau tidak tampil. Hanya seperti untaian kata yang menumpuk:

Daftar belanjaan (add numbering):

Bayam
Gula
Garam
Cabe
Dll

Daftar belanjaan (add bullets):
Bayam
Gula
Garam
Cabe
Dll

Perhatikan bedanya, walaupun kita mungkin mengaggapnya tidak terlalu penting tetapi sesungguhnya hal diatas penting sekali untuk menunjukan bahwa kita adalah penulis yang terstruktur dan sistematis.

Cara mengatasi hal diatas jika terjadi pada tema blog kita sebenarnya ada bebarapa cara, dan tergantung tipe dan jenis template juga. Karena perbaikan dikhususkan buat template 'editblogtema' maka kode dibawah ini sudah cukup manjur untuk mengatasi peroblem diatas.

ini kodenya:
.post ul,.post ol{margin:20px;margin-top:5px}.post ol li{list-style-type:Decimal;padding-left:1px;margin:5px 0 0 20px}.post ul li{list-style-type:Disc;padding-left:1px;margin:5px 0 0 20px}.widget .post-body ul {padding: 0 1em;margin: 0.5em;line-height: 1.3;}
Cara pemasangannya adalah: Masuk kepengaturan blog-langsung saja ke opsi "edit HTML" cari kode ]]></b:skin> untuk mempermudah tekan ctrl+f jika sudah ketemu letakan kode diatas tadi diatasnya.

Atau:
  1. Masuk ke dasbor blogger
  2. Pilih Tema
  3. Pilih 'Sesuaikan'
  4. Akan muncul 2 atau lebih pengaturan 'Lanjutan' dan 'Gaget'
  5. Pilih Lanjutan
  6. Akan muncul menu dropdown 
  7. Scroll dari atas kebawah sampai bertemu menu 'Add CSS'
Gambarannya kira kira sebagai berikut:
Setelah lanjutan di pilih akan muncul menu berikut:
Lanjutan
Font


Warna
Transparan
Transparan

Warna Tema
TAMBAHKAN
Hapus perubahan lanjutan untuk Teks Halaman
Klik mata panah di kanan 'Teks halaman' sehingga muncul menu scroll hingga paling bawah sampai muncul kolom CSS berikut:
Lanjutan

Pictorial 1:  (perhatikan panah penunjuk) Klik mata panah kecil yang menghadap ke bawah.

menemukan kolom Add CSS di dasbor Blogger 1

Pictorial 2:
Setelah mata panah menghadap kebawah di klik muncul menu drop down dari atas ke bawah. Scroll sampai bertemu dengan 'Add CSS' seperti yang di tunjuk oleh mata panah berikut.

menemukan kolom Add CSS di dasbor Blogger 2

Pictorial 3:
Pastekan kode CSS yang kami berikan ke dalam kolom yang muncul (tersedia).

menemukan kolom Add CSS di dasbor Blogger 3
Dan setelah masukan (pastekan) kode di atas kedalam kotak dialog tersebut klik SAVE.

SAVE Template.

Demikian cara memperbaiki "bug" editblogtema templat diatas silahkan perbaiki sendiri atau jika ingin mendownload silahkan ikuti link di ADELINASASA: UPDATE EDITTEMABLOG.

Berikut video dari admin editblogtema: