Suatu ciri ciri halaman website besar adalah ia tidak menggunakan template berbeli yang di jual secara umum, apalagi menggunakan template default bawaan. Tidak sama sekali. Ada alasan di baliknya. Bagaimanapun terkadang sebuah halaman web besar di buat berdasarkan platform yang mereka bangun sendiri.Tidak menggunakan blogspot, tidak wordpress, tidak wix, tidak drupal. Mereka membangun platform mereka sendiri, seperti halaman milik forbes.

editblog design

Akan tetapi ada juga halaman halaman web ternama menggunakan platform wordpress atau platform web tertentu. Tetapi mereka tampak menggunakan template dan tampilan antarmuka khas mereka sendiri. Kami akan sebutkan contohnya: 

Apakah Tribun, kompas, Detik membeli menggunakan template premium dan ada di jual di situs Template? Saya mengunjungi contoh sebuah halaman besar yang di bangun dengan platform wordpress: CSSTRICKS. Mereka memiliki template CSS yang ringan dan cepat dan tampaknya mereka buat sendiri.

Tentu saja banyak template template mirip template kompas, mirip tribun, mirip detik yang di jual di pasar web template, akan tetapi dapat di pastikan itu hanyalah template tiruan.

Keutamaan menggunakan template sendiri.

Sesuai judul, template sebenarnya berfungsi lebih dari sekedar sebuah halaman seperti yang kita ketahui, ia juga menjadi ciri ciri khas sebuah halaman webblog. Jika kita lihat banyak para blogger pemula menggunakan template viomagz, maka mesin pencari juga akan mendeteksi segala kemiripannya: Ciri ciri yang sama. Meskipun beberapa tampilan telah di kustomisasi, namun kita tetap dapat melihat dengan jelas bahwa sebuah blog telah menggunakan template viomagz!

Demikian juga jika menggunakan template template yang di jual sperti sora template, gooyabi, envanto templates dll, sebuah halaman mau tidak mau juga harus kehilangan salah satu ciri ciri khas mereka sendiri: Tampilan khusus.

Jadi dapat di simpulkan sebuah halaman akan memiliki ciri ciri khas yang kuat jika ia menggunakan template khusus, yakni template yang tidak di jual atau disediakan secara gratis. Template mereka sendiri. Jangan dulu melihat ke halaman seperti CNN, Forbes, Newsweek Asia. Lihat tribun dan detik, CSSTricks, IDN times dll. Mereka memiliki template mereka sendiri. Akan tetapi jika kemudian banyak website kecil yang mirip, dapat dipastikan mereka telah membeli template tiruannya.

Secara umum saya mengagumi template halaman web CSSTRICKS, ia adalah template css yang sangat responsif dan yang penting ia berbasis platform wordpress, sehingga aman mengatakan bahwa halaman ini telah berkembang menjadi halaman web personal yang kuat dan berkualitas tinggi. Tentu saja setelah mendalami hal ini dan khusus untuk halaman editblogtema, kami tidak akan berusaha meniru template apapun lagi. Tidak akan menggunakan template seribu umat. Tidak akan ikut ikutan meniru niru halaman orang lain dengan menggunakan template tiruannya.

Jangankan template majalah halaman detik dan tribun, template Googlepun banyak di tiru dan dipergunakan. Apakah nanti halaman dengan ciri ciri sperti itu tidak malu jika sudah mulai besar? Kok mirip Google? Apakah mesin penelusur tidak dapat membaca ciri cirinya?

Keutamaan menggunakan template dengan ciri ciri khas halaman sendiri tentu saja membantu kita untuk membangun branding yang lebih kuat, lebih tampak percaya diri dan terpercaya dan lebih jelas di mata mesin penelusuran. Karena setiap template memiliki script khusus mereka sendiri.

Untuk itu tidak ada salahnya memiliki satu satunya template khas halaman blog kita sendiri bukan? Dan itu jauh lebih baik daripada memiliki sebuah template yang sama dan dipakai oleh ribuan pengguna.

Bagaimana cara mendapatkan template sendiri?

1. Cara pertama buat template sendiri. 

Ya buat sendiri, desain selera sendiri tidak mirip dengan template orang lain. Benar benar memiliki bentuk dan ciri ciri khasnya sendiri.

Akan tetapi cara ini memerlukan pengatahuan koding dasar bahkan lanjutan. Untuk membuat sebuah template menurut pengalaman kami paling tidak harus menguasai dasar dasar HTML, CSS, Javascript, PHP di tambah pengatahuan atau memiliki pengalaman dan selera yang bagus dalam mendesain.

Itu mungkin yang telah dilakukan oleh halaman CSSTrick, ini khusus dan akan saya katakan alasannya

Ada juga blog mbak igniel, blog sugeng, blog bung franki, blognya kompi ajaib. 

Ada perbedaan CSS tricks dengan blogger blogger yang saya sebutkan belakangan. CSSTrick membuat template mereka khusus dan hanya dipergunakan oleh mereka alias tidak menjual model desain template yang mereka pergunakan.

Sedangkan template template buataan mbak igniel, kompi ajaib dkk, mereka pakai sendiri dan kemudian model desainnya milik mereka juga di tawarkan dan dijual kepada blogger lain. Saya katakan ini membuat halaman mereka kehilangan ciri ciri khas karena banyak yang mirip walaupun kualitas halaman mereka berbeda.

Sedangkan CSSTRICKS hanya menggunakan template itu untuk halaman web mereka saja.

2. Cara kedua membayar desainer membuat templaet khusus untuk halaman mereka sendiri. 

Cara ini tergantung pesanan kita atau menerima ide dari desainer. Kita dapat menentukan ciri ciri khas template yang akan dipergunakan oleh halaman blog kita sendiri, membuat watermarknya sebagai kunci. Mungkin cara ini yang dipergunakan oleh beberapa situs situs raksasa seperti kompas: Membayar desainer.

Akan tetapi cara ini memiliki kelemahan: Beayanya pasti tinggi sekali. Bayangkan membuat template dengan tampilan satu satunya dengan perjanjian si pembuat tidak membuatnya lagi untuk dipergunakan oleh situs lain.

Ada cara lain, kita dapat mencari sebuah template yang sangat jarang di pergunakan dan lalu memodifikasinya perlahan lahan sampai sempurna. Tapi cara ini hampir sama dengan membuat template seindiri: Butuh pengeatahuan dasar HTML dan selera desain yang baik.

Kesimpulan:

Dengan menggunakan template khusus untuk halaman webblog sendiri maka kita akan memetik manfaat:
  • Branding lebih menonjol dan jelas
  • Memiliki ciri ciri khas dan mudah di kenali oleh pengunjung dan mesin pencari
  • Bebas dari script sampah dan berbahaya
  • Menjadi lebih menonjol dan terpercaya
Tidak ada yang salah dengan menggunakan template buatan orang lain. Tentu saja kami juga melakukannya tiga tahun yang lalu ketika kami masih sebagai blogger pemula. Akan tetapi patut di petimbangkan untuk mulai menggunakan template dengan ciri ciri khas sendiri setelah halaman mulai tumbuh dan berada sepenuhnya dengan percaya diri di tengah tengah dunia web yang sedang sengit bersaing.

Alih alih menggunakan template 'sejuta umat' sehingga membuat banyak halaman menjadi mirip dan tampak membosankan, dua cara di atas dapat dilakukan oleh blogger yang halamannya mulai tumbuh dewasa dan memiliki penghasilan dari hasil konversi bisnis.

Pepapatah ada mengatakan: Jadilah dirimu sendiri juga berlaku bagi dunia webblog. Karena template bukan hanya sekedar seprti sebuah pakaian modis, tetapi ia lebih kepada daya tarik personal sebuah halaman blog.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share: