Dua cara meningkatkan volume suara video vlogging hape.

Bagi vlogger yang menggunakan hape seperti saya mengambil gambar video bukanlah masalah besar, karena hape sejutaan saja sebenarnya telah memiliki kamera yang cukup cukup saja untuk menjelaskan peristiwa secara live dan visual. 

sound booster

Namun untuk voice over, seperti bernarasi, dan apalagi untuk membuat tayangan podcast adalah lain cerita.Barangkali berikut adalah dua cara yang dapat kalian pilih untuk meningkatkan volume suara video dari hape.

1. Menggunakan aplikasi  Video Sound Booster

Boro boro untuk menangkap suara vocal dan musik, kadang karena jarak hape yang jauh membuat perekaman suara terkendala oleh rintangan jarak dan noise juga. Ya kita bagi memang sedang membuat video dengan peralatan entry level kita perlu alat bantu untuk membuat voice over. 

Contoh video sebelum saya booster:


Alat bantu itu adalah sebuah aplikasi yang bernama Video Sound Booster tentu saja setelah video yang direkam melalui hape di booster dulu melalui aplikasi ini agar suaranya lebih keluar. Saya gunakan versi gratis jadi fitur fitur pengaturan premium tidak bisa dipergunakan. Bagi saya yang saya butuhkan hanyalah mengencangkan suaranya saja sebelum saya edit lagi ke video editor lain seperti kinemaster

Tentu saja kelemahan aplikasi booster suara adalah ketika dia mengeraskan suara kita agar lebih kencang dan lebih keluar, ia juga mengeraskan suara suara lain sebagai noise dan untuk itu kita bisa mengaturnya melalui volume pengeras, bisa gunakan volume di kisaran 50%, jangan sampai 100% kalau tidak ingin noisenya tambah jelas atau malah suaranya jadi cempreng.

Contoh video setelah saya booster:


Jadi memang suaranya bisa menjadi lebih kencang, dan untuk menutupi beberapa kelemahan voice over kita dapat menggunakan editor video kine master bagian suara misalnya memilih suara jadi lebih rendah, lebih tinggi lebih pelan dst.

Menggunakan kondenser mic 

Untuk kualitas dan cara penggunaannya kita bisa dapat mencari referensinya di halaman web atau halaman video youtuber dll. Dan setelah itu kita bisa membeli kondenster mic murah di toko toko online. Biasanya untuk penggunaan outdoor vlogger yang menggunakan hape menggunakan microfon kondenser on clip yang bisa di sematkan ke kancing baju atau dekat krah. namun harganya beragam dari yang paling murah hingga paling mahal.

mic condenser on clip

Saya sebenarnya ingin membeli Boya on clip, akan tetapi untuk sementara saya belum lagi membuat video outdoor, niat itu saya tunda dulu. Mungkin sebenarnya lebih baik menggunakan microfon condenser on clip bluetooth agar tidak ribet mengurus kabel on clip yang terkadang panjangnya melebihi satu setengah meter.

Kelemahan menggunakan mic on clip adalah mengurus kabelnya itu, kalau soal suara ia cukup sensitif untuk mengurangi kebisingan pada jarak tertentu. Namanya juga mic kondensor.

Well, jadikan alam sebagai studiomu!

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Wah, iya, ya. Kabel 1,5 m itu yo cukup bikin ribet juga

    BalasHapus
  2. Wah keren ini sharingnya, seingkali saat membuat video untuk youtube, suaranya nggak begitu keluar. pas dech, ada tips dari Pak Sofyan. Salam sehat dan terima kasih Pak.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak