Cara memasang PlayStore Google di huawei matepad 11


Tablet huawei matepad11 memiliki speks tinggi terutama pada dapur pacunya yang setara dengan samsung tab s7plus yakni:

chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
CPU: Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.8 GHz Kryo 585)
GPU: Adreno 650

Yang beda itu,

Ukuran layar:
  • Samsung tab s7plus 12.4 inci superamoled (Samsung menang)
  • Huawei matepad11 10.99 inci IPS LCD
Battery: 
  • Samsung tab s7plus Li-Po 10090 mAh, non-removable hanya bertahan 7-8 jam pemakaian
  • Huawei matepad 11 Li-Po 7250 mAh, non-removable bisa bertahan hingga 12 jam pemakaian. (Huawei menang)
Sistem Operasi
  • Samsung tabs7plus: Android11
  • Huawei matepad11: Harmony OS 2.0
Nah meskipun huawei tidak lagi menggunakan sistem operasi android namun sebaliknya memnggunakan sistem operasi buatan huawei sendiri yang bernama Harmony OS ternyata sistem operasi baru ini entah bagaimana sangat bagus dalam hal UI, seperti kombinasi antara android, iOS dan bahkan iPadOS.

Android sangat bagus ketika berjalan di smartphone namun terasa buruk ketika berjalan pada tablet karena seolah tablet hanya menjadi smartphone besar. Itu tidak heran karena dari awal android memang lebih dioptimalkan buat lini smartphone dan ia bukan sistem operasi tablet yang sejati.

Sebaliknya harmonyOS terasa lebih dinamis pengalaman menggunakannya mirip dengan sistem operasi iPadOS yang memang di oprtimalkan buat layar besar. Sebagaimana kita ketahui iPadOS terpisah dari iOS yang memang hanya optimal buat lini iPhone saja. Namun biarpun demikian ternyata User interface HarmonyOS juga sangat optimal di pergunakan pada lini smartphone huawei.

Aplikasi terbatas

Satu satunya kekurangan huawei matepad 11 yang menggunakan sistem operasi harmonyOS - paling tidak hingga saat ini - adalah ketersediaan aplikasi baik game maupun aplikasi aplikasi untuk produktivitas, meskipun dari waktu ke waktu store aplikasi huawei juga semakin lengkap. Namun untungnya kita dapat memasang aplikasi android dan menjalankannya pada harmony OS misalnya melalui aplikasi APK. 

Biarpun di pasang melalui APK namun keamanannya di scan oleh sistem Harmony agar selalu aman.

Dan pada kesempatan ini kami ingin berbagi cara memasang Playstore Android langusng ke tablet huawei tanpa ribet, tanpa root dll. Yakni melalui cara memasang dual space dari XDA delevoper, caranya klik link DISINI

Dengan mengkliknya di tablet huawei yang telah terpasang browser chrome atau browser bawaan, maka tombol pop up akan muncul seperti gambar di bawah:

tombol download dual space xda developer

Klik download nanti akan diproses dan jika sudah lalu klik tombol atau folder paket insteller. lalu ketika paket terpasang kita akan diminta memasukan email registrasi Android layaknya pertama kita setting hape baru smartphone Android.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video di atas

Sementara jika kalian hanya menggunakan hape atau smartphone huawei harmonyOS kalian bisa pasang "GSpace" di App Gallery perangkat Huawei HarmonyOS ketkan saja di pencarian App Gallery: GSpace, maka aplikasi akan muncul.

memasang gspace di hape huawei harmonyOS

Demikianlah cara memasang PlayStore Android di perangkat tablet Huawei matepad 11


Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:

8 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. praktis dan langsung bisa dicoba....
    mantul...
    👍👍👍

    BalasHapus
  2. Ternyata pakai dual space agar bisa pasang playstore di harmony OS ya pak.

    BalasHapus
  3. Mantap sangant bermanfaat

    BalasHapus
  4. Saya malah jatuh hati pada OS harmony ketika beli tablet huawei untuk pertama kali, memang saya bekerja tidak perlu aplikasi dari google. hingga saya sedikit curiga. apakah yang membuat smartphone itu lemot adalah frameworks dari google pada smarphone andrioid lainnya. cus tablet ini terasa lebih lancar padahal hanya ram 4 gb. sampai hampir 6 bulan tablet ini masih berjalan lancar dan mulus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harmony OS versi terbaru lebih baik sekarang

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak