NGODING PAKAI TABLET ANDROID? MENGAPA TIDAK

AvatarPosted By:
Orang kalau ngoding pastinya masih lebih banyak menggunakan laptop baik pc windows maupun Macbook. Namun lama kelamaan hal tersebut mulai berubah...kini banyak orang mulai ngoding menggunakan iPad dan tablet Android.

Hal tersebut tidak terlepas dari perubahan atau transformasi perangkat keras dan perangkat lunak tablet yang sudah semakin mumpuni dan gap-nya terhadap perangkat PC terutama laptop dan macbook sudah hampir tidak terlihat lagi. lagipula mobilitasnya yang sangat tinggi itu lho.

ngoding pakai tablet android

Jika dilihat dari perangkat keras iPad tahun 2021 mulai menggunakan prosesor M1 namun iPad sebelumnya yang di rilis tahun 2019 -2021 juga sudah dipergunakan oleh para programmer buat ngoding, bagaimana dengan tablet Android? Ternyata Tablet Android seperti samsung tab S6 versi murah yang di sebut Tab s6 lite juga mumpuni dipergunakan buat ngoding. Di tahun 2021 ini Tab s7 terutama yang versi plus telah di daulat mengalahkan latop standar dalam hal kegunaannya buat berproduktivitas.

Bagaimana tidak, tablet tetaplah termasuk perangkat yang sangat mobil, jika bicara di sisi tablet Android, saya menggunakannya buat blogging dan jualan online. praktis dan sangat powerful. Memiliki banyak sekali aplikasi yang dapat menopang pekerjaan atau berproduktivitas, berkirim email, membuat dan mengedit dokumen. 

Tablet Android juga jika di butuhkan bisa berfungsi 100% sebagai hape untuk berkomunikasi baik melalui cara konvesional, cahtting, video call dan video conference.

CARA NGODING MELALUI TABLET.

Kalau membuat template blogger dan mengedit kode kode HTML-nya tentu saja cukup hanya melalui browser chrome. Tinggal buka dasbor blogger>pilih tema>lalu pilih edit HTML. Sekarang kita kembali ke topik, bisakah ngoding menggunakan tablet Android? Bisa banget! Bahkan setelah menggunakannya saya benar benar rekomendasikan untuk meninggalkan laptop yang berat itu. 

Namun jika kalian ingin serius ngoding langkah langkah berikut harus dipersiapkan:
  • Tablet Android apa saja, kalau saya pakai tab S7 plus karena kebetulan punya. kalian bisa menggunakan tablet galaxy A terbaru yang murah atau tablet tablet seken lama yang harganya sudah sangat terjangkau, seperti Tab s3, tabs s4 dan tab s5. Atau versi versi litenya. Bahkan bisa dilakukan melalui hape Android juga. Namun hape itu pasti akan menjadi sibuk karena di pergunakan buat kebutuhan sehari hari seperti nelpon, chatting, main game dll.
  • Jika tablet belum punya keyboard, maka lengkapi tablet dengan keyboard bluetooth, saya rekomendasikan produk logitech karena terbukti mumpuni sekali baik segi kenyamanan mengetik, koneksifitas, hingga akurasinya (maaf bukan sedang berpromosi ya), tentu saja kalian bisa menggunakan keyboard sentuh bawaan atau keyboard aplikasi yang dapat di download di Play store Android, akan tetapi ribet karena keyboard nempel di screen atau layar tablet dan menyita ruang layar.
  • Pasang aplikasi termux (terdapat di Play store). Termux adalah terminal Android atau emulator yang dapat menjalankan linux tanpa perlu root. Termux adalah linux di perangkat mobile dan dapat juga di jalankan di hape Android, tapi ribet karena layarnya yang kecil.
  • Setelah di instal lalu buka termuxnya.
  • Selanjutnya pasang nod.js sebagai runtime yang akan me'runnig' aplikasi yang akan kita buat nantinya.
  • Setelah instalasi selesai pastikan nod.js dan NPM telah terinstal dengan sempurna di termux dengan cara mengetikan: -V.6.14.10.
  • Selanjutnya instal GIT kalian tahu kegunaan Github bukan?
Setelah langkah di atas selesai kalian bisa mencoba membuat aplikasi atau memulai project new react, kalian bisa saja membuat misalnya Angular projek atau projek projek lainnya.

Tentu saja Artikel ini saya buat hanya untuk menjawab pertanyaan, bisakah sebuah tablet di pergunakan buat ngoding? Dan yang bertanya pasti sudah belajar ngoding dengan baik, namun hal ini juga saya rekomendasikan buat kamu yang ingin atau sedang belajar koding, tidak perlu pusing pusing beli laptop jika kalian memang telah memiliki sebuah tablet Android atau bahkan hape Android jika ukuran layar kecil bukan menjadi halangan bagi kalian yang terus ingin belajar.


Bagi kalian yang menyukai projek projek dan pekerjaan front-end tentunya tablet tablet ini sangat membantu. Selain mobile, ia dapat dipergunakan kapan saja dan di mana saja. cukup masukan ke dalam tas kecil dan kalian dengan satai dapat bekerja di taman, di kafe, di perjalanan.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

4 Komentar untuk "NGODING PAKAI TABLET ANDROID? MENGAPA TIDAK"

  1. Aku nggak punya laptop atau tablet, aku hanya punya komputer lawas untuk melakukan semua hal, tapi nggak untuk ngoding karena emang nggak pernah punya basic buat ngoding. Meski begitu, aku pernah belajar koding saat menemani sahabatku mengerjakan tugas akhirnya.

    Wah, ngoding itu memusingkan dan aku pikir harus menggunakan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi. Tapi, kalau tablet aja udah mumpuni buat ngoding, artinya tablet juga udah makin bagus spesifikasinya. Menarik. Mungkin, tablet mulai bisa untuk editing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zaman sekarang zaman mobile, mbak Einid, jadi memang hampir segala hal kemudian dapat di lakukan melalui perangkat mobile

      Hapus
  2. Balasan
    1. kalau dual screennya dimaksud adalah multiwindows, itu normal. Tapi kalau dual screen menggunakan dua sistem operasi itu menurut aku, akan menguras daya perangkat, termasuk memperlambat performa laptop/tablet. Itu sebabnya produsen laptop/tablet dan iPad menghindari dual OS pada perangkat besutan mereka.

      Hapus

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel