ALASAN MENGAPA VIDEO SHORTS MUDAH VIRAL, BISA CUAN DAN MENINGKATKAN SUBSCRIBER CHANNEL YOUTUBE

kesempatan menjadi youtuber pemula dengan sangat mudah: Cara membuat video Youtube shorts pemula, mudah banget!
Cara membuat video Youtube shorts pemula, mudah banget!

Keuntungan membuat video shorts untuk yotuber pemula adalah sebagai berikut:
  1. Modalnya hanya hape doang
  2. videonya berkisar 10-60 detik doang 
  3. Mudah viral karena Di bantu dan di promosikan oleh algoritma 'feed shorts'
  4. Tidak membutuhkan syarat pertama 1000 subscriber dan 4000 jam tayang untuk mendapatkan penghasilan dari Google 
  5. Dapat menambah subscriber channel Yotube 
Mari kita bahas satu persatu:

1. Modalnya hape doang

Sudah banyak youtuber ternama terbukti benar benar membuat konten video hanya menggunaka hape dan di buat senyaman mungkin. Yang pasti jika sudah terbiasa kalian pasti akan ketagihan. Tapi ketagihan yang kreatif dan menghasilkan uang.

Ya dengan hape di tangan kalian kalian bisa berkonstribusi menjadi seorang youtuber shorts, membuat cuplikan cerita berdurasi mulai 5 detik, 10 detik hingga batas 60 detik. Iya benar, gak sampai satu menit lebih.

Beruntungnya biar hapenya hanya sejutaan atau kalau beruntung beli yang seken 200 ribuan di marketplace namun zaman now hampir semua kamera hape entry level segitu sudah memenuhi syarat sebagai kamera buat vlogging video shorts! Mengapa harus yang harga puluhan juta tapi tidak menghasilkan apa apa, mending hape sejutaan yang mampu menghasilkan puluhan juta perbulan. He he he...

2. Konten videonya berkisar 10-60 detik doang

Bukan hitungan beberapa menit ya: hanya beberapa puluh detik! Dan itu mudah banget, sudah terbukti bermunculan para youtuber dengan konten video shorts yang tadinya namanya tidak dikenal. Kalau misalnya kalian bisa membuat video menarik dalam hitungan 5-10 detik itu akan sangat lebih menghemat waktu. 

Oke aku kasih contoh ya, aku buat video original aku sendiri yang durasinya hanya 9 detik:


Itu kami upload beberapa hari yang lalu berapa jumlah viewnya? sudah 2 ribuan lebih lho. Coba kalau bikin video panjang dengan subscriber kami yang masih dibawah seribuan gak bakalan dapat 40 viewer alasannya ada pada poin berikut, jadi baca sampai selesai ya...

Dan berikut video short apik di buat oleh salah satu admin kami:


3. Mudah viral karena dibantu dan di promosikan oleh algoritma 'feed shorts' Youtube

Nah alasan mengapa video shorts lebih mudah viral adalah karena ia masih baru dan sementara masih menjadi prioritas Google, oleh karena itu ia memiliki feed dan algoritma khusus yang mempromosikan setiap video shorts ke mesin pencarian. Jadi tidak heran video aku di atas cepat mendapatkan banyak viewer, berikut catatan statistik dari Youtube Studionya:

statistik penayangan video shorts editblogtema info

Perhatikan baik baik stats di atas Feed shorts telah menjadi sumber trafik yang sangat baik buat pemula hingga saat ini, sementara penelusuran youtube itu hanya bagus buat konten youtuber terkenal seperti kalangan artis dan youtuber besar lainnya.

Namun syarat memanfaatkan feed shorts tentu saja harus membuat video shorts bukan video normal dengan panjang bermenit menit.

4. Tidak membutuhkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang untuk mendapatkan penghasilan

Ini juga membuat youtuber pemula yang kreatif mendadak 'Kaya' walau hanya bermodal hape entry level sejutaan. Mereka membuat video short menarik, unik dan orisinal. Video tidak boleh milik orang lain yang telah di publikasikan di situs manapun! 

Mengutip sumber Google:

Pendanaan YouTube Shorts adalah pendanaan sebesar $100 juta untuk mengapresiasi kreator atas dedikasinya dalam membuat video Shorts yang kreatif dan orisinal untuk menghibur komunitas YouTube. Kami akan menghubungi ribuan kreator setiap bulan guna memberi tahu bahwa mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus Shorts dari pendanaan.

Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus dari Pendanaan YouTube Shorts:

  1. Channel harus mengupload setidaknya satu video Shorts yang memenuhi syarat dalam 180 hari terakhir.
  2. Channel harus mematuhi Pedoman Komunitas YouTube, aturan hak cipta, dan kebijakan monetisasi.
  3. Channel yang mengupload video dengan watermark atau logo dari platform media sosial pihak ketiga, video tidak asli (misalnya, klip yang tidak diedit dari film atau acara TV), atau video yang diupload ulang dari channel kreator lain tidak akan memenuhi syarat.
  4. Kreator harus berusia 13 tahun ke atas di Amerika Serikat, atau usia cakap hukum di negara/wilayah mereka.
  5. Kreator yang berusia 13–18 tahun harus meminta bantuan orang tua atau wali untuk menyetujui persyaratan dan menyiapkan akun AdSense untuk pembayaran jika belum ada akun AdSense yang ditautkan ke channel-nya.
  6. Harus berada di negara negara terdaftar (Jangan kuatir Indonesia sudah termasuk negara terdaftar)

5. Video Short dapat menambah subscriber ke halaman channel Youtube kalian

Ini sudah kami buktikan, aku telah mengupload sebuah video shorts dengan viewer hingga saat ini adalah 22 ribuan:

viewer, jam tayang dan jumlah subscriber sebuah konten video

Stats di atas akan membuktikan kepada kalian bahwa disamping tidak membutuhkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, kalian justeru akan mendapatkan tambahan jam tayang sekaligu subscriber dari sebuah video shorts, apalagi kalau kalian membuatnya hingga ratusan video shorts.

Tips mengambil gambar melalui hape sederhana kalian

Pegang hape di tangan, jika ada tumpuan jauh lebih baik agar hape tidak goyang goyang pada saat merekam. Atau beli stand, semacam tripod untuk kamera tapi yang ini khusus buat hape, aku melihat harganya murah banget di tokopedia berkisar puluhan ribuan saja.

Arahkan kamera ke objek menarik yang ingin di abadikan menjadi video shorts, misalnya kucing sedang berantem, kucing sedang curi ikan di pasar, gadis gadis cantik sedang menari, atau tutorial dalam ukurang 30-40 detik! Banyak kok yang bisa di jadikan konten asalkan kalian mau berlatih menjadi pribadi yang kreatif.

Banyak trik pengambilan gambar video sudah di tulis dan dijadikan konten video di youtube.

Selamat jadi blogger, vlogger, dan youtuber! Masa depan di tangan kita.

Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:

I want go anyway, but so manything still leave behind.

4 komentar

  1. wow...
    sangat bermanfaat...
    👍👍👍
  2. Makasih buat ilmunya Kak. Mantap 👍
  3. Ga menurut saya itu tidak benar video short bisa menghasilkan uang, soalnya video shot tidak dihitung jam tayang dalam syarat moniter Ads.

    Saya yang salah memahami peratuan Youtube atau saya salah baca artikel.

    Intinya jangan lupa saling subscribe. wkwkw
    1. Video shorts mendapatkan pendanaan jika memenuhi syarat. Saya punya teman yang bagus sekali skill nya dalam membuat video shorts sinematic dan sudah mendapatkan "bayaran"
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain