Cara mengatasi jumlah postingan di homepage blog hanya tampil satu

bingung mengapa jumlah postingan di homepage blog hanya satu?

bingung mengapa jumlah postingan di homepage blog hanya satu?

Artikel serupa memang sudah ditulis oleh teman teman blogger lain, tapi saya ingin memperjelas kepada teman teman mengapa hal itu terjadi?

Apa benar karena sebelum memposting anda terlebih dahulu menulis konten atau artikel menggunakan MSWord? MSWord atau Microsoft Word adalah aplikasi perkantoran yang memang diperuntukan untuk menulis dokumen dalam bentuk tulisan text, dulu memang terdapat sebagian orang menulis artikel melaluinya lalu mengkopi dan mempastekannya ke dalam compose dasbor blogger sebagai artikel atau konten blogger.

Ketika artikel di copy-paste semua atribut koding didalam MS-Word lantas ikut ter copy dan ter-pastekan pula kedalam halaman postingan blog, dan terjadilah kompliks antara format office word dengan format compose text blogger.

Itu terjadi karena kedua format ditulis dan di program berbeda, program post blogger adalah "text editor" berbasis Web HTML sedangkan program MS word adalah "word processor" berbasis bahasa C.

Mungkin dulu bikin pusing ada benarnya ketika MS-words masih satu zaman dengan zaman warnet, saat ini kode MS word sudah terupdate dan lebih lengkap dan mencakup program text editor juga. Namun bagaimana jika anda merasa tidak pernah melakukan hal tersebut dimasa sekarang dan mendapatkan artikel di homepage anda tampil hanya tinggal satu?

Jika demikian anda harus ingat apakah pernah mengkopi dan mempastekan sesuatu dari suatu halaman blog ke halaman blog anda tanpa "memformat"nya terlebih dahulu?

Jangan panik, memang siapa tahu mungkin saja anda telah melakukan copy-paste bagian artikel tertentu dari internet yang formatnya berbeda dengan fomat text editor blogger dan anda tetap bisa mencoba masuk ke pengaturan blog seperti saran para senior blogger kita:
  1. Masuk ke pengaturan blog
  2. pilih tataletak
  3. Pilih Blog Posts
  4. Pada Blog posts bagian bawah sebelah kanan tekan edit
langkah pertama edit blog post

Lalu akan muncul setting sebagai berikut:

tentukan jumlah postingan

Anda dapat merobah angka 8 menjadi 10 atau kurang dari itu. Angka itu menunjukan jumlah postingan dengan "Read More" pada homepage atau halaman utama blog anda. Bagaimana, tidak berhasil?

SOLUSINYA AGAK BERBEDA:
Saya tidak menganjurkan anda melakukan "jumpbreak" dengan cara mengedit kembali postingan yang dirasa bermasalah dan membuat jumpbreak pada sebagian post walaupun hal ini "mungkin" akan cukup membantu. Nanti akan saya jelaskan sebabnya.

Saya sarankan anda mencoba triks ini terlebih dahulu: Jika kasus seperti  itu terjadi, anda harus mengingat postingan mana sih yang pernah anda copy-paste situs lain? Jika sudah ingat artikelnya masuk kepostingan tersebut melalui:
  1. Masuk kepengaturan blogger
  2. pilih postingan  yang anda rasa copy paste darimana saja (gak harus dari MS word)
  3. Pilih edit
    edit postingan
  4. Ketika opsi layar pengeditan telah muncul, letakan kursor mouse anda ke tengah artikel tekan ctrl+A bersamaan maka seluruh postingan akan tersorot habis. Lalu lihat diatas layar post editorial terlihat tool tool begini:
    format postingan
  5. Tekan ikon yang saya lingkari merah maka semua artikel copy-paste terformat menjadi sesuai dengan standard text editorialnya blogger, bukan word processor lagi. Mungkin hasilnya membuat tulisan berantakan, rapikan kembali menggunakan tool blogger dan itu sangat mudah anda lakukan sendiri. Ternyata blogger memiliki tool format ini untuk menghabisi format yang berbeda dengannya dan merobah setiap text menjadi "text editor" kembali.
  6. Save.
PENJELASAN TAMBAHAN:

Sekali lagi bukan hanya format MS-word, jika anda meng copy paste format tertentu dari internet misalnya situs situs review produk yang menggunakan tabel untuk menampilkan fitur produk tertentu, dan menpastekannya kedalam halaman Blog post maka sebaiknya anda melakukan format artikel yang di copy dengan cara menyorotnya dan lalu mengklik tool huruf "T" dengan tanda silang diatas. Jika tidak hal serupa bisa anda alami juga.

Karena jika anda tidak melakukannya, format itu tercopy berikut kode penyusun strukturnya kedalam postingan anda dan berpotensi mengubah prilaku atau bentuk susunan HTML blogger anda.

Apabila anda ingin mengikuti saran blogger lain dengan cara menyorot sebagian kalimat artikel dan mengklik tombol "Jumpbreak", hasilnya hanya akan memunculkan 2x perintah: "Read more..."

Yakni pada tampilan postingan homepage anda khusus pada artikel yang di beri "jumpbreak" tadi memiliki dua readmore dibawahnya. Jadi menurut hemat saya sebaiknya anda lakukan adalah "memformat" artikel hasil copy-paste tersebut terlebih dahulu melalui cara yang telah saya tunjukan diatas setelah itu baru pertimbangkan untuk mem-publishnya.

Sekian semoga bermanfaat.

14 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. kadang hal mudah yang kaya ginian juga kalau salah pengaturan bikin tampilan bog amburadul ya kak.. btw makasih sharingnya.. ilmunya bermanfaat banget bagi newbie nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar klo sudah amburadul pusing sekali mikirnya he he he

      Hapus
    2. ehehehhehehe semangat kak sofyan keren nih terus update artikel yach

      Hapus
  2. Nah pak Sofyan tulisan ini sangat bermanfaat sekali.

    Sedikit cerita, saya sering sekali menulis di word lalu kopi paste (bukan kopi paste tulisan orang lain ya hehehe), melainkan tulisan di word yang saya sebutkan sebelumnya.

    Nah kalau tulisannya banyak (700 kata ke atas) sering seperti itu pak, tetapi jika kurang dari 700 biasanya tidak.

    Apakah ini ada hubunganya atau hanya kebetulan saja pak? mohon penjelasannya. Tetapi kebiasan saya memang mengetik dulu di word baru kopi paste ke blogger..


    Penjelasan di atas sangat bermanfaat sekali pak, terima kasih atas penjelasannya pak. salam @

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Ya sebenarnya jumlah kata yang kita copy dari format word tidak mempengaruhi "tabiat" struktur blog pada saat, mungkin tergantung MS-Officenya versi lama atau versi baru? Mungkin saja saat mengkopi ada perbedaan versi dari ms office tsb.

      2. Buka hanya MS-office word, mengkopi dari situs situs tertentu juga dapat mengakibatkan prilaku sama terhadap blog kehilangan jumlah postingan pada HOMPAGE, karena format mereka juga di tulis berdasarkan "text processor".

      Contoh mengkopi tabel table GSM arena tanpa memformatnya terlebih dahulu.

      Hapus
  3. oh, ini ya gan,..saya pernah mengalami dulu,..postingan cuma muncul satu di homepage,..ha-ha,..lucu juga kadang-kadang,..caranya bagus gan, bisa nambah ilmu blogger saya,..ea, tapi kalau saya biasanya tak jump aja,..he-he

    BalasHapus
  4. wah ini ya penyebabnya, bisa jadi mengerti sekarang.

    BalasHapus
  5. Pantesan kemarin amburadul bgt waktu copas dari word ke blog. Btw, nice post kak! :)

    BalasHapus
  6. Artikelnya sangat menginspirasi mas..btw apakah ada kendala ketika merancang template dengan media queri agar bisa tampil sama disemua browser mas..maaf nih pertanyaannya out of topic...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasekali tidak, biasanya saya main ejas di kira kira saja. Tulis valuenya (kodenya) , lalu periksa tampilannya langsung melalui tablet dan ponsel.

      Hapus
  7. Noted nih, nanti aku coba ah.. Kadang suka nulis di word juga soalnya.. Tp lebih sering nulis di memo supaya kl di copy paste ke blog font lgsg sesuai dg font yg ada di blog. Wkwkwk
    Ternyta ada cara yg lebih praktis, thanks mas

    BalasHapus
  8. kalau nggak dirubah formatnya jadi kacau ya bang....lebih amannya tulis langsung aja di blog

    BalasHapus
  9. Thanks informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak