BENARKAH MENGGANTI TEMPLATE ITU BISA BERAKIBAT BURUK TERHADAP HALAMAN BLOG?

benarkah mengganti template itu buruk bagi halaman blog?Jika melihat ke parameter MOZ memang buruk karena bisa meurunkan ranking DA, namun PA tidak terlalu terpengaruh. Akan tetapi MOZ adalah tool pemeringkat buatan pihak ke-3 alias bukan milik Google, bagaimana menurut Google?

Jika ada pendapat yang mengatakan " bisa berakibat" buruk dan mempengaruhi trafik pengunjung itu benar ingat saya menekankan kepada "bisa", atau: "mungkin". Tetapi apabila pernyataanya berbunyi "mengganti tema blogger berakibat buruk bagi trafik pengunjung" adalah kurang tepat, bisa jadi tidak benar.

Bayangkan jika ternyata Anda mengganti template yang buruk dengan template yang baik, pasti akan terjadi peningkatan performa blog yang signifikan, Blog menjadi kencang, lebih SEO dan lebih cantik, bukan? Webmaster tool bekerja untuk 'penyempurnaan' walaupun terjadi beberapa konflik prosedur seperti pengulangan 'crawl' akibat perubahan algoritma pada saat kita mengganti template blog. Misalnya pada saat robot txt harus membaca ulang format halaman blog kita.

Tapi jangan kuatir, selama gonta ganti template kami tidak pernah kehilangan konten yang menjadi konten teratas di mesin pencarian, itu tidak berubah samasekali, tetap bertengger disana. Namun ketika memeriksa Domain Authority versi MOZ memang DA menurun. Tapi banyak websider no worry about it

Apa kata Google?

Bukti Google sama-sekali tidak mentabukan penggantian template halaman blog adalah:

Pada awal tahun 2017 saat template contempo di rilis, Google bahkan menghimbau para blogger agar mengganti template blog mereka, judulnya: "Switch your blog to a new Blogger theme! (ganti tema blog Anda ke salah satu template Blogger terbaru)" Artinya apa? Kalau merugikan dan berakibat buruk, pasti google tidak mengeluarkan himbauan tersebut. Jika Google menyarankan demikian maka hal itu adalah yang terbaik dan perhatikan apa yang tersirat pada himbauan Google tersebut:
  1. Para ahli orang dalam yang mengetahui cara kerja web Google tahu persis template terbaik buat blogging
  2. Mereka tidak akan memberikan saran penggantian template jika hal tersebut merugikan para Blogger.
  3. Penggantian akan merobah tampilan halaman blog menjadi lebih fresh, lebih cepat dan gesit, lebih SEO dan lebih kompatibel dengan sistem baru yang lebih ter up to date.
  4. Himbauan itu tidak pelak berlaku juga bagi pengguna template template default (bawaan) lama maupun template template premium (berbeli) yang masih mengusung versi desain lama (kurang responsif, kurang mobile friendly dan tidak mengikti kaidah algoritma terbaru Google)
  5. Google sedang mengejar target halaman mobile dan template terbaru dirancang sangat responsive dan mobile friendly jadi jangankan template klasik, dan template lama (kebanyakan masih mengusung desain layout versi ke 2) template premium yang Kita beli mahal sekalipun harus memenuhi syarat ini dan disarankan memasang template baru ke halaman Blogger.
  6. Template yang disarankan pada waktu itu hingga sekarang adalah: Contempo, Soho, Emporio dan Notable.
Memang tidak semua Blogger menanggapinya, mereka sudah terlanjur mencintai tampilan lama dan status quo dengan standar matriks tool tool online seperti MOZ, Semrush, Ahref dll. Padahal dalam beberapa kasus parameter mereka justeru tidak sesuai dengan fakta Google.

Sebagai sebuah blog, editblogtema telah berulangkali mengganti template, dan memperhatikan tidak ada kerugian apa apa baik pada trafik maupun hal lainnya. Memang pernah satu kali mengalami hal yang buruk karena kesalahan template. Namun akhirnya segera dapat diatasi. Jadi sebelum mengganti template blog Kalian perlu memperhatikan hal hal berikut:
  1. Mengganti template blog lama ke template blog baru bisa menjadikan blog menjadi lebih baik, jika template baru lebih baik daripada template lama.
  2. Sebaiknya salin semua meta-tag google dan Bing yang terkait SEO untuk di pastekan kembali kedalam template baru. 
  3. Back up template lama karena jika terjadi ketidak sesuaian atau kesalahan sobat bisa kembali ke template lama dengan mudah.
Dan mengganti template blog itu tentu saja buruk jika:
  • Parameternya hanya berkiblat pada tool online pemeringkat DA
  • Template pengganti lebih buruk strukturnya, lebih lambat walau tampilannya cantik dan premium.
Intinya penggantian hanya dilakukan jika dirasa tema baru jauh lebih baik daripada tema lama. Saat pertama saya buka kompas dan merasakan ada yang beda kadang saya malah mengeksplorasinya dengan membuka halamannya bolak balik.

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Saya ada masalah dengan template saya yang di climate4life. Previewnya sering gagal. Saya tanya ke mas Sugeng kata dia, dia nyoba lancar2 aja. Kira2 masalahnya dmn yang bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang Day, konten konten yang telah kita buat sering tanpa kita sadari membawa format "asing" kedalam blog. Coba ingat ingat pernah meng-copy sesuatu? misal format rumus, table dll.

      Seseorang pernah mengalami hal yang mungkin sama namun pada kasus berbeda, pada saat dia menggunakan template buatan saya "pandorapro" megamenu dan related post tidak bisa tampil. Sedangkan para newbie saat memakai template tersebut bahkan blognya menjadi "lebih baik"

      Apa yang terjadi? Ternyata dia menggunakan format copy-paste untuk menampilkan sistematisasi konten teknologi hape dan format yang terbawa itu memblokir render semua format megamenu yang saya buat dengan susah payah. Solusinya?

      Saya suruh dia memformat beberapa postingan, tapi dia keberatan jadinya yah ikhlas saja pakai template tanpa fitur megamenu.

      Coba format beberapa konten yang dicurigai dengan cara menyorot semua konten dan memformatnya.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak