Langsung ke konten utama

DAMPAK DITUTUPNYA GOOGLE PLUS TRAFIK PARA BLOGGER PEMULA MENURUN TAJAM!

Yang akan menghilang bersama kenangan
Bagi para blogger yang terbiasa berbagi via google plus dan menggunakan beberapa fitur dari sosmed yang satu ini akan merasakan dampaknya langsung:
  1. Komentar via google plus yang selama ini menyumbang trafik signifikan menghilang
  2. Berbagi melalui Wall, berbagi bersama komunitas blogger yang selama ini dilakukan segera hilang
  3. Mesin "penyaran" saya menyebutnya demikian karena begitu kita mempublish sebuah blog walau belum dibagikan konten atau artikel kita langsung "diview" oleh mesin dan admin gplus. Walau kecil sangat berarti untuk peningkatan jumlah trafik pengunjung halaman blog.
Seperti yang pernah di tulis oleh Steve Cooper bahwa G+ jauh lebih baik daripada media lain dalam hal meningkatkan CTR pengunjung terhadap blog hingga mencapai 35% artinya jika media ini di tutup para blogger harus bersiap kehilangan itu fasilitas tersebut.
Menurun tajam
Google sendiri berterus terang penutupan terpaksa dilakukan lebih dikarenakan kurangnya pengguna yang jauh berada  dibawah facebook dan twitter. Ditambah lagi dengan kebocoran data 50 juta pengguna. Lengkaplah sudah alasan untuk menutup google plus bagian consumer ini.

DAMPAKNYA TERHADAP TRAFIK BLOG
Bagi siapapun, pemula atau senior pasti akan merasakan dampaknya, penurunan trafik blog yang cukup signifikan.
Menurun tajam

Penurunan trafik bisa berarti penurunan penghasilan dari adsense. Performa blog berdasarkan statistik juga dirugikan. Bisa berarti lebih sedikit sumber daya dan lebih sedikit interaksi. Lebih sedikit link masuk.

Google plus selalu memiliki keterkaitan dengan mesin telusur, memiliki induk semang yang sama: Google. Sedikit banyaknya menunjukan keunggulan yang signifikan dalam menaikan performa sebuah halaman blog dimata mesin pencari.

Trafik blog pengguna Gplus pasti akan terkena dampak penurunan ini.

ALTERNATIF

Bagi mantan pengguna Google Plus. Walaupun sifatnya mungkin sementara, mencari alternative pengganti Gplus adalah sebuah keharusan, jika tidak ingin trafik blog sobat berlarut larut dalam ke vakuman. Saya secara pribadi sangat menyarankan sobat mencoba lebih dari satu media sosial untuk berbagi. Misalnya optimalkan facebook, Linkiden, twitter, Pinterest dan bahkan Instagram. Mulailah berpromosi disana.

Tidak secara spesifik saya juga menyarankan sesekali promo dengan dana uang. Ingat uang untuk mencari uang. Lihat tirto.id yang tadinya hanyalah sebuah site kecil sekarang mampu berdiri sejajar dengan website website besar. Tirto dengan teratur dan sistematis memanfaatkan kampanye berbayar adwords untuk menyebarkan konten kontennya, menurut saya hasilnya tidak mengecewakan.

Tidak sedikit momen politik yang mereka jadikan konten menjadi viral setelah dikampanyekan melalui adwords. Terlepas soal benar atau salah isi konten yang relatif soal kebenaran isinya, yang jelas dari sisi bisnis itu terlihat berhasil.

Facebook juga memiliki banyak grup grup blogger yang tidak kalah ramai dengan grup grup blogger Google Plus. Saya bergabung dengan grup BLOGGER KEPRI. Sobat bisa memilih mengkampanyekan konten melalui grup grup tersebut.

Facebook juga memiliki opsi "page" yang dapat kita manfaatkan buat kampanye blog berbayar. Facebook walaupun berada dibawah google dalam hal pengiklanan, namun memiliki tool yang tidak kalah efektif dengan google. Keduanya bersaing nyaris seimbamg dalam hal ini.

Pelajari hal ini menjelang kepergian google plus untuk selama lamanya. Jika sobat ingin menggantikan trafik yang hilang akibat kepergian Gplus. Cari alternatif pengganti secepatnya.

www.editblogtema.net

Komentar

  1. Iya nih... sekarang juga mulai mencari komunitas blogger lain untuk jadi tempat promosi .

    BalasHapus
  2. waw,,, benar juga nih,, saatnya beraksi ke lain hati,, heheh he,,terima kasih min

    BalasHapus

Posting Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa