Langsung ke konten utama

ADDTOANY TOMBOL BERBAGI LENGKAP YANG SANGAT RINGAN (RECOMMENDED)

Beberapa widget / gagdet blogger memang dapat memperlambat laju sebuah halaman blog, terbukti pada indikator pengukuran kecepatan web yang berbeda beda telah mengungkapkannya. Logikanya setiap widget atau gagdet yang ditampilkan mengandungi kode HTML dan script yang harus diproses, terkadang menyinkronkan beberapa tautan untuk menampilkan dan menterjamahkan sebuah widget secara visual dihalaman blog.
untuk blogger pilih ikon blogspot dibawah
Misalnya widget pengikut atau follower bawaan blogspot sendiri, jauh lebih berat daripada widget popular post dan widget label blog, karena seluruh pengikut memiliki link mereka masing masing yang harus di "render" agar dapat tampil secara visual di halaman sidebar atau dimana saja di halaman blog.

Namun gagdet atau widget pengikut ini tentu saja memiliki pengaruh positif mirip "backlink" terhadap blog sobat sama seperti halnya link halaman fanspage facebook yang dianggap dapat meningkatkan performa blog dimata mesin pencari.

Tetapi sayang sekali harganya adalah mengorbankan kecepatan. Dan algoritma terbaru Google samasekali tidak ramah terhadap halaman blog yang lambat, mesin pencari seolah malas menunggu dan mengantarkan konten konten daripada halaman web yang berlari seperti siput. Itulah sebabnya mengapa blog blog AMP lebih memiliki peluang menempati tempat tertinggi pada index mesin pencari, lebih didahulukan.

LALU APAKAH TOMBOL BERBAGI MEMPERLAMBAT KECEPATAN BLOG?

Jelas sekali ya. Awalnya saya menggunakan tombol buatan sendiri di blog ini, dan terasa sangat ringan karena tidak ada tugas halaman menampung link dari pihak ketiga. Tetapi karena terbatasnya tombol share buatan sendiri baik dari segi penampilan dan kelengkapan linknya, saya lalu mencoba tombol share atau tombol berbagi custom dari Addthis, tombol yang sangat keren dan dapat kita robah tataletak dan bentuk ikonnya.

Akan tetapi dengan tombol addthis saya harus meletakan tautan javascript diatas tag </body> lalu meletakan kode line dibawah atau diatas <data:post.body/>

Awalnya pagespeed mengukur kecepatan blog saya adalah 89-100 dan setelah menggunakan tombol berbagi AddThis kecepatan menurun drastis menjadi 55-100, tentu saja saya tidak mau tinggal diam. Saya mencobakan tombol AddThis kepada tiga halaman blog dengan template premium yang berbeda dan hasilnya sama sama mengalami penurunan kecepatan.

Jadi saya mencari bantuan Google mencari apakah ada tombol berbagi pihak ketiga yang ringan? Dan seorang teman dari negeri seberang yang ahli koding menyarankan saya menggunakan Addtoany, saya langsung mencobanya setelah membersihkan semua kode kode pemasangan AddThis dari template blog, ternyata memang jauh sekali perbedaannya. AddToAny jauh lebih ringan walau juga mengurangi kecepatan namun tidak begitu berarti banyak bagi kecepatan halaman blog. Jadi untuk sementara saya memakai AddToAny.

CARA MEMASANG TOMBOL BERBAGI ADDTOANY
  1. Masuk ke AddToAny
  2. Pilih "GET"
  3. Pilih ikon BLOGGER lihat tampilan ilustrasi gambar diatas
  4. Akan muncul tampilan widget seperti gambar:
    tinggal tekan tombol menambahkan widget maka tombol berbagi addtoany jadi milik blogspot sobat
  5. Tekan tombol warna biru "Menambah Widget"
  6. Save dan tema blogspot sobat telah memiliki tombol berbagi AddToAny.
Tombol ini sangat lengkap. Hampir semua tombol medsos yang dimiliki oleh AddThis ada pada AddToAny. Sobat juga bisa mengkustomisasi letak, tampilan, warna tombol berbagi ini melalui halaman AddToAny jika diperlukan

Jika sobat menggunakan tema blogspot yang telah di edit menjadi responsive sobat dapat menghapus tombol bawaan blogspot dan menggantikannya dengan tombol ringan AddToAny dengan mengikuti petunjuk  yang telah saya posting di halaman blog ini sebelumnya dengan judul:

CARA MENGHAPUS TOMBOL SHARE BAWAAN BLOGSPOT DAN MENGGANTIKANNYA DENGAN TOMBOL SHARE RESPONSIVE

Sebenarnnya sobat bisa saja meletakan tombol AddToAny secara manual dengan cara :

  1. Masuk kepengaturan blogger
  2. Pilih Tema
  3. Pilih edit HTML
  4. Cari kode <data:post.body/> dengan cara tekan ctrl+f bersamaan 
  5. Jika terdapat lebih dari satu atau dua kode yang sama pilih yang ketiga, (cari sampai ketemu ya...) lalu copy kode dibawah ini:

<div class='post-body post-content'>
<div class='a2a_kit a2a_kit_size_32 a2a_default_style' id='my_centered_buttons'>
    <a class='a2a_button_facebook'/>
    <a class='a2a_button_twitter'/>
    <a class='a2a_button_google_plus'/>
    <a class='a2a_button_pinterest'/>
    <a class='a2a_dd' href='https://www.addtoany.com/share'/>
</div>
<script async='async' src='https://static.addtoany.com/menu/page.js'/>
  1. Letakan di atas <data:post.body/> jika ingin tombol berbagi berada diatas postingan
  2. Letakan di bawah <data:post.body/> jika ingin tombol berbagi tersebut berada dibawah postingan.
  3. SAVE template.

www.editblogtema.net

Komentar

  1. Saya pun pernah pakai AddThis, dan loadingnya memburuk... jadi saya copot jadi tombol share bawaan template aja.

    Syukur deh kalau sudah ada AddToAny.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AddToAny menggunakan API yang ramah, wajar agak ringan

      Hapus
  2. Makasih tutorialnya gan.

    Monggo singgah di www.abdulmajid.id

    BalasHapus
  3. langkah nomor 2 Pilih Teman kali,, bukan Tata Letak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih koreksinya bang. Ane nulis gak pakai laptop salah satu inilah akibatnya 😊😊😊

      Hapus

Posting Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa