DAPATKAH SCRIPT EXPIRES HEADER DI TERAPKAN KE BLOGSPOT?

Setelah membersihkan template dan meyederhanakannya Saya melakukan pengujian ke situs GTMetrix
dan sewaktu melakukan pengujian kecepatan loading template blogspot di GMetrix pada bagian YSlow saya temukan satu list dengan sederet items yang di tandai sebagai high priority tidak dapat mencapai 100 karena persoalan 'expires header' saya sama sekali tidak tahu caranya bagaimana menambahkan expires header ke dalam template.

Template editblogtema walau dengan beban sedemikian berat masih dapat menyandang kecepatan maksimum dengan nilai skor: 100.
Skor editblogtema bagian kecepatan adalah 100
Jadi kecepatan template memang berpengaruh terhadap kecepatan halaman loading blog. Namun ganjalan pada bagian YSlow cukup membuat panasaran, bagaimana ya blognya Igniel dapat menerapkan expires header sehingga YSlownya dapat skor 100 juga. Saya sudah baca triknya tapi ternyata tidak dapat diterapkan dengan mudah ke dalam jenis template editblogtema.
bagian YSlow masih terganjal expires header
Sampai saat ini kami memang masih sedang mencoba memperbaikinya sambil mencari cari informasi di Internet. Siapa tahu akan ada solusinya.

Menurut Pingdom Tools:
Halaman web menjadi semakin kompleks akibat semakin banyaknya terdapat scripts, style sheets, gambar, dan flash didalamnya. Misalnya akses pertama kali kesuatu halaman web memerlukan beberapa protokol HTTP, yang pasti sangat membebani loading karena harus memuat semua komponen komponen seperti yang disebutkan tadi. Maka dengan menggunakan Expires Header komponen komponen ini dapat di simpan sebagai cache dengan tujuan menghindari permintaan protokol HTTP pada setiap kali berkunjung ke halaman.

Expires Header lebih sering di asosiasikan dengan gambar, tetapi sebenarnya itu mencakup untuk tujuan penggunaan semua komponen halaman web kita termasuk scripts, style sheet, dan flash.

Sedangkan pada YSlow halaman blog saya ditandai dengan NOL:
"There are 20 static components without a far-future expiration date."
(terdapat 20 komponen statis tanpa tanggal kadaluarsa berlaku)

Teman teman para blogger senior termasuk mbak Arlina pada salah satu artikelnya di Arlina Desizn menyarankan agar kita menambahkan kode berikut dan meletakannya ke dalam tag <head>

<!-- Leverage Browser Caching -->

<include expiration='7d' path='*.css'/>

<include expiration='7d' path='*.js'/>

<include expiration='3d' path='*.gif'/>

<include expiration='3d' path='*.jpeg'/>

<include expiration='3d' path='*.jpg'/>

<include expiration='3d' path='*.png'/>

<meta content='sat, 02 jun 2020 00:00:00 GMT' http-equiv='expires'/>

Akan tetapi benarkah itu akan bekerja? Ketika saya bermaksud menanyakannya ke forum, ternyata jauh sebelum saya pada tahun 2017 lalu  ada  Mbak Igniel yang telah menanyakannya :

Can i add expires header in Blogspot? I already add this script but seems like doesn't change my score in GTMetrix site.

(dapatkah saya menambahkan expires header ke dalam blogspot? Karena saya telah menambahkan script ini namun tidak ada perubahan skor terlihat pada GMetrix)

Dan dijawab oleh Irsah salah seorang dengan level expert (ahli):

"The expires headers you mean is Blogger server side file cache 'instructions' which is outside Blog users control. Adding scripts like in your example does not make any difference (yet) by modern web browsers".

(expires header yang anda sebutkan itu adalah file instruksi "cache" di dalam server blogger dan berada di luar kontrol anda sebagai pengguna blogger. Menambahkan script seperti yang anda contohkan tidak akan merobah apa apa, terutama pada browser browser modern sekarang ini)

Mbak Igniel bertanya lagi:

So there's nothing i can do to clear browser cache?

(Apakah ada cara yang dapat saya lakukan untuk membersihkan cache pada browser?)

Irsah menjawab:
Unfortunately not, this is handle by service provider (Blogger) and not users.

(Sayangnya tidak ada, karena hal itu ditangani oleh penyedia layanan (blogger) bukan oleh pengguna)

Sementara di Forum Blogger Help saya temukan jawaban yang terkesan malas: "Blogger Comes With in-built expire header you don’t need to do anything"

(Blogger hadir dengan opsi penanganan Expire Header jadi anda tidak perlu melakukan apa apa)
Tempat bertanya kepada para ahli

Benar saja, setelah tiga hari saya cobakan menambahkan script tersebut kedalam template, memang tidak terlihat perubahan apa apa YSlow tetap memberikan skor 0 untuk expires header blog saya.

Namun terakhir ada bantahan dari seseorang di forum yang menulis sebagai berikut:

I have searched a lot and find some quick points;
  1. That’s the myth that blogger has expire header by default… that’s totally wrong.
  2. you need to put the expiry tags as you required (explained by problogbooster website)
  3. need to update and crawl your HTML code.
  4. check gtmetrix analysis after 7-8 days.
(Saya telah melakukan pencarian dan mendapatkan point poin singkat berikut:
  1. Bahwa blogger memiliki  setting default Expires Header adalah mitos belaka...atau sepenuhnya tidak benar.
  2. Anda tetap perlu meletakan tag expire tersebut seperti yang anda butuhkan (mengacu kepada  websitenya problogbooster)
  3. Diperlukan update dan crawling kode HTML anda
  4. Kemudian silahkan cek kembali analisisnya GMetrix  setelah 7-8 hari.)
Silahkan kunjungi: PROBLOGBOOSTER

Dimasa ini browser browser web modern lebih optimal dan efisien terhadap cache web. Untuk halaman halaman blogger jika telah di optimalkan dengan benar pengguna masih dapat memuat halaman halaman mereka dalam hitungan dibawah 3 detik.

Hal ini berbeda jika kita ngeblog menggunakan platform Wordpress yang memiliki banyak add on. Add on expires header dapat berjalan otomatis pada Wordpress.

Ya sudahlah, manfaatkan saja terlebih dahulu lazyload untuk mengoptimalkan pemuatan gambar, dan beberapa komponen halaman juga yang apabila tidak diperlukan lebih baik di buang saja.

www.editblogtema.net

11 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Untuk sementara saya juga mengandalkan lazyload, tidak mau terbawa pusing yang nanti justru semangat menulis hal berita, kuliner atau traveling jadi hilang. Saya sendiri, sebenarnya sudah pasrah saja. Dah apa adanya, sudah lelah otak-atik tema. Walau ada rasa senang, tapi ya itu resikonya artikel jadi kalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he...tidak juga kalau kita manfaatkan buat berbagi. Soalnya setelah menulis perihal ini peringkat Alexa saya meningkat tajam hanya dalam 3 bulan!
      Kayaknya si Mbah suka banget sama hal hal berbau teknis.

      Hapus
  2. Sementara ini masih mengandalkan lazyload. Khawatir jika terlalu banyak script malah terdeteksi error.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lazy load masih bagus paling tidak untuk nilai GMetrix

      Hapus
  3. mas sofyan memang jago dalam blogging, saya follow ah blognya. thanks mas

    BalasHapus
  4. wah mantap triknya,, siap eksekusi..
    jika berkenan mampir di blog sederhana saya mas,, hehe.. :D
    https://serviskomputerweleri.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. Pernah pasang dan banyak blogger luar negeri bilang gak berguna, ya lepas aja dah.

    BalasHapus
  6. Ane coba terapin di Template Viomagz mas Sugeng malah loading tambah wus. Bahkan ketika berpindah ke halaman lain malah ikon refresh browser sama sekali tidak ada loading wkwkwk. Ternyata menurut saya tetap bekerja nih script Cachingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Afid Arifin: pada update terakhir Google memang pengoptimalan telah terjadi otomatis di Browser. Jadi bukan karena script caching itu...

      Hapus
  7. Saya 1 bulan udh muter muter udh pakai tag itu, tetep di pingdom skor expired header F, cuma kalau pakai google pagespeed insights, skor dapat 100. Alhamdulillah bisa bangun template sendiri walau bentuknya sederhana sekali. Makasih gan postingannya. kayanya setelah baca ada otomatisasi di broser saya pikir utk hapus aja tag tag tersebut dr blog bumidibandung.id saya. makasih.

    BalasHapus
  8. Masih newbie, jadi maju mundur pasang ini script. di rankmath, aioseo juga nyuruh pasang expires image header.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak