Pelajari 10 Bahasa Program ini jika ingin menjadi hacker yang handal

10 bahasa program ini bisa membuat seseorang menjadi seorang hacker yang handal.
Kita baru saja mendengar berita tentang virus Israel. Itu adalah virus pegasus dalam bentuk malware atau software mata mata. Jika kita melihat kapasitas dan fungsinya, ia adalah virus yang di dukung oleh sebuah negara. di buat oleh para programmer papan atas dan resmi atau separo resmi milik pemerintah suatu instansi. Misal badan cyber negara.

Kita tidak akan membahas apa tujuannya dalam postingan ini. Itu terlalu politis. Akan tetapi dari penjelasan singkat di atas Anda jadi tahu bahwa seorang programmer sangat berkapasitas menjadi seorang hacker dengan tingkatan ahli.

Hack bisa berarti mementahkan sistem protokol, bisa mengontrol dan bisa menghancurkan suatu aturan protokol di dalam suatu sistem. Bisa juga berarti kepiawaian dalam mengeksploitasi lubang atau celah keamanan suatu sistem, aplikasi dan keamanan. 

Bagaimanapun pekerjaan hacker sejatinya adalah pekerjaan 'diam seribu bahasa' dan jika ada hacker gembar gembor, itu pasti bukan hacker sejati.

Tetapi jangan membayangkan sisi kerusakannya saja, seorang hacker bisa berbuat jauh lebih baik daripada orang kebanyakan dengan cara mereka.

hacker bekerja diam diam

Contoh pekerjaan yang dapat dilakoni oleh seorang Hacker:

1. Programmer

Programmer adalah orang yang membuat program  atau software  atau game. Seorang programmer harus membuat software dengan cara menyusun script  dan sintax untuk menjadi sebuah program. Selain itu juga seorang programmer bisa membuat sebuah program  dan software  atau game dengan cara menghack atau meretas software yang telah ada sebelumnya.

2. Webmaster

Seorang webmaster harus menyusun  atau membuat sebuah website dengan cara mengumpulkan atau  meyusun syntax html untuk menjadi sebuah webiste. Selain itu juga webmaster harus memperbaiki kesalahan pada websitenya dengan cara menghack website tersebut.

3.Pakar Antivirus  dan Keamanan sistem

Sejatinya pakar antivirus itu adalah seorang hacker. Tugasnya adalah mengidentifikasi virus dan cara kerja virus tersebut agar dia bisa membuat penangkal antivirus dan mengatasinya.

2. Ciri ciri orang yang mulai jadi hacker:

Setiap profesi sedikit banyak akan berdampak pada pelaku profesi tersebut. Dan karena profesi seorang hacker itu tergolong sensitif, rumit dan bisa berakibat runyam kebanyakan mereka tampak tidak mencolok dan cenderung kesepian namun tidak tersiksa oleh kesepian tersebut.

Mungkin kita akan melihat mereka seperti ini:
  • Tidak pernah pamer.
  • Kurang tidur
  • Sulit dan malas menjawab inbox
  • Tidak menunjukan identitas dan jati diri mereka kepada umum.

10 BAHASA PEMROGRAMAN YANG MEMBUAT ANDA JADI HACKER HANDAL

Dan 10 bahasa program berikut ini, bukan hanya mampu membuat Anda menjadi seorang programmer yang Handal namun juga bisa membuat Anda menjadi seorang hacker yang lebih handal, mari simak saja.

1. HTML

HTML atau Hypertex Mark Up Language, sesungguhnya tidak dapat juga sepenuhnya dikatakan sebagai bahasa programming karena dia sesungguhnya ditujukan untuk me-"mark up" text kedalam browser sehingga browser tahu bagaimana caranya menampilkan suatu informasi lalu ketika semua browser di bangun menggunakan HTML, maka dia telah menjadi bahasa yang paling esensial bagi para hacker dalam memanipulasi protokol informasi di website.

Wah sebagian blogger sudah sangat tidak asing dengan bahasa mark up HTML, bukankah membuat template blogger juga harus menggunakan bahasa ini?

Dan jika Anda ingin menjadi seorang hacker yang handal bahasa yang satu ini adalah bahasa wajib utama yang harus dipelajari.

2. JavaScript

Telah menjadi bahasa langganan para programmer dan menjadi yang paling ideal untuk membuat program program aplikasi web. Ia bisa berada disisi klien dan juga berada disisi server juga. Jika Anda mampu membuat dan memahami bagaimana suatu aplikasi telah dibuat, maka gampang sekali bagi Anda untuk mengacaukannya.

Menguasai JavaScript adalah hal wajib bagi seorang hacker guna memanipulasi jenis web. Amatlah jarang aplikasi web dibuat tanpa JavaScript dan sangat besar kesempatan anda memasuki celah celah yang ditulis menggunakan bahasa yang satu ini melalui observasi halaman website.

Sebagian blogger juga sangat mengerti dan bahkan menguasai Javascript untuk membuat template blogger, tinggal selangkah lagi Anda bisa menjadi hacker!

3. PHP

PHP berarti Hypertex Processor. Dan bahasa program ini sangat populer untuk sisi penggunaan server. Bayangkan dengan menguasai bahasa ini Anda dapat mempermainkan sistem protokol suatu server dan bisanya server itu adalah bagian vital dari sistem di sebuah perusahaan.

Untuk urusan Blogging Wordpress menggunakan PHP ini. Menguasai PHP akan membuat Anda menjadi semakin piawai dalam meretas sistem keamanan pada bagian server. Sebagai seorang blogger terutama yang bikin template wordpress sedikit banyak mengerti bahasa yang satu ini ya...PHP yang bukan Pemberi Harapan Palsu.

4. SQL 

SQL atau "Structured Queried Language" adalah bahasa program yang berinteraksi dengan sistem database. Memiliki kemampuan: Menambah, mengambil alih dan mengedit data.

Kalau And pernah mendengar isu SQL injection, itu bukan isapan jempol dikalangan hacker hal itu sangat biasa. Karena semua website menggunakan suatu database dan hampir semuanya menggunakan SQL. Jadi SQL sangat berharga untuk di pelajari jika Anda ingin menjadi seorang hacker.

Ya istilah injection pernah begitu populer di awal awal saya belajar SQL.

5. C/C++

Bahasa programming C adalah bahasa tingkatan paling rendah dan tetap dipergunakan secara luas di era sistem operasi modern. Dia masih memiliki sudut penting diantara bahasa bahasa programming. Tingkatan rendah justeru terasa paling sulit dikuasai tapi sangat penting karena melihat kemampuannya yang luarbiasa dalam memanipulasi sistem resource dan hardware. Ya itu bahasa lebih mirip bahasa mesin!

Sementara itu C++ adalah bahasa tingkat tinggi yang menjadi perpanjangan dari bahasa C dengan fitur fitur tambahan dan bahasa yang lebih sederhana dan dengan sintaks sintaks yang sangat mudah dimengerti.

Mempelajari C/C++ akan semakin melengkapi kemampuan Anda dengan keahlian menjungkir-balikan rekayasa software enterprise. 

Fitur fiturnya yang sakti seperti: Pengetikan statis dan mempercepat Polymorphism dalam menuliskan aplikasi hacking dan menyamarkan virus PC. Jika anda ingin menjadi hacker yang sakti Anda wajib menguasai bahasa ini.

6. Python

Jujur ini adalah bahasa pavorite saya. Tapi saya masih dalam proses mempelajarinya. Bukan buat hacking ya. Tetapi karena memang terasa paling mudah untuk dipelajari.

Python adalah sebuah bahasa script yang dinamis yang dipakai untuk beberapa jenis keperluan termasuk untuk menulis program automatisasi. Artificial Inteligent menggunakan bahasa ini juga. Dipergunakan oleh para ahli untuk menguji integritas  banyak sistem.

Jadi jika Python dapat dipergunakan untuk menguji integritas suatu sistem, maka dia dapat juga membuatnya meledak dan hancur berkeping keping. Karena memiliki komunitas besar dan librari masif membuatnya mudah dalam menciptakan prototipe, automation script dll.

7. Java

Terlalu kalau anda ingin menjadi seorang hacker tidak tahu Java, bahasa ini diambil dari nama Java (Jawa) jangan Anda samakan dengan JavaScript, itu berbeda. Java adalah bahasa programming tingkat tinggi dan dibangun untuk memperbaiki kekurangan C++. Ini adalah bahasa yang memiliki kekuatan karena banyak memiliki aplikasi modern yang sudah diakui seperti Spring MVC dan Apache TomCat dipakai lebih oleh 3 milyar perangkat karena Java telah menjadi basis platform Android hal ini karuan saja mebuat Java menjadi sebuah tool yang paling sempurna bagi seorang hacker dalam hal melimpahnya sumber daya yang akan menjadi target.

Java juga menjadi sebuah bahasa lintas platform yang paling luas dipergunakan, yang paling kaya dengan trik pengkodean, tapi saya cukup pusing mempelajari bahasa ini he he he...

8. Ruby 

Wah saya kepingin menguasai Ruby ini. Dia adalah bahasa program yang fokusnya ke web sintax sintaxnya mirip dengan bahasa program Python dan dia juga dipergunakan untuk menulis program automation. Anda jelas mengerti istilah automation bisa menjadi kecerdasan buatan untuk mesin dan robot.

Dia juga sangat berguna untuk membuat aplikasi aplikasi web dengan kecepatan penulisan yang tajam menghunjam (he he he istilah saya). Mempelajari Ruby tidak kalah pentingnya karena banyaknya ahli menggunakannya misalnya testing penetrasi  pada test framework misalnya Metasploit ditulis menggunakan Ruby.

9. Assembly

Pasti anda - paling tidak pernah belajar ini pada waktu sekolah bukan? Ya menurut saya Assembly adalah bahasa program tingkat rendah yang paling rumit dan cukup sulit dikuasai (kenyataannya bahasa program tingkat tinggi jauh lebih mudah difahami karena sintaxnya mirip bahasa manusia) Sebenarnya dia lebih dekat ke sistem operasi ketimbang bahasa C, sangat menantang untuk di pelajari dan dikuasai. Terlihat seperti deretan kode kode tua dan kuno namun sangat ampuh dan memiliki kemampuan luarbiasa dalam merusak suatu sistem jika dipergunakan oleh seorang hacker handal.

Betapa tidak, bayangkan saja virus dan malware yang ditulis dan dibuat berdasarkan Assembly, maka tak pelak lagi seorang programmer Assembly pasti memiliki kemampuan seorang hacker yang paling mematikan di seantero jagat raya ini.

10. Bash

Jujur, bahasa terakhir ini asing bagi sebagian programmer pemula. Selain itu dia sebenarnya bukanlah tulen bahasa program, dia adalah command shell default pada semua sistem UNIX dan sistem sistem serupa dengan UNIX.

Menguasai Bash berarti memiliki kemampuan dalam menyelesaikan tugas tugas secara virtual  pada sebagian besar sisi Server utama. Terutama dalam tugas meremote sistem.

Sekarang mari kita bahas tingkatan dan status para hacker menurut keberadaan mereka yang selama ini walau secara tidak eksplisit diakui oleh umum.

Tingkatan (pangkat) hacker

Walaupun bukan status pangkat secara hirarki dan tidak official, namun perlu anda ketahui di dunia hacker ada tingkatan tingkatan berdasarkan skill pengatahuan, ketrampilan tingkat tinggi dan pengalaman. Juga tentunya jam terbang dan kesuksesan dalam beroperasi.

Sekarang mari kita membahas kembali Tingkatan hacker dari yang tertinggi hingga paling rendah:

a. Elite

Ciri-ciri : mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi dan menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien dan trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada.

Dia bisa menyusup hampir kesemua sistem bagaikan makhluk halus atau siluman. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai Master. Mereka ini adalah hacker yang paling senyap dan mungkin paling mematikan di dunia mereka yang selalu 'diam seribu bahasa'.

Mereka sesungguhnya adalah para programmer papan atas dan bahkan - sebagian secara rahasia - telah bekerja sebagai agen negara.

2. Semi Elite

Ciri-ciri : lebih muda dari golongan elite, mempunyai kemampuan dan pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi berikut celah celahnya, dan kemampuan programnya cukup untuk mengubah program menjadi  eksploit. Secara kemampuan semi elit bisa menyamai tingkatan elit. Hanya saja dalam posisi mereka kebanyakan masih belum memiliki posisi pekerjaan yang resmi.

Semi elit juga walaupun masih suka membobol diam diam mereka adalah para hacker yang misterius karena bersembunyi dalam  'diam seribu bahasa'.

Walaupun termasuk para petualang yang bekerja dalam sepi, mereka memiliki kebebasan dan bertindak tanpa dikendalikan oleh siapapun. Bekerja tanpa cinta, tanpa perasaan dan tanpa kebencian.

Kadang pihak berwenang di suatu pemerintahan juga menaruh perhatian khusus pada golongan ini.

b. Developed Kiddie

Ciri-ciri : umurnya masih muda (ABG) & masih sekolah, mereka hanya membaca tentang metoda hacking dan caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil dan memamerkan kemenangan ke lainnya, umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) dan baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi. Kecuali secara KEBETULAN.

Para hacker kelas ini masih suka pamer dan ingin terkenal.

c. Script Kiddie

Ciri-ciri : seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti dan menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet. Mereka masih sangat labil dan kekanak kanakan.

Tujuan dan passion mereka masih sangat mengambang dan terobsesi menjadi seorang hacker lalu dikenal dan dihormati orang.

d. Lamer

Ciri-ciri : tidak mempunyai pengalaman dan pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai ‘wanna-be’ hacker, penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS. 

Kalau zaman sekarang itulah ABG yang suka 'hack hack' point atau chip game. Suka pamer dan membantu menghack untuk teman temannya.

Suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja. 

Kemampuan para lamer biasanya hanya hack menggunakan tool tool atau menggunakan aplikasi yang telah ada. Alih alih membuat tool hacking sendiri, mereka harus mempelajari cara menggunakan tool tool tersebut buat keperluan hack.

Biasanya 'preman preman' yang suka menyatroni pengguna internet awam adalah para Lamer ini. Mereka sebenarnya tidak memiliki pengatahuan apalagi menguasai bahasa bahasa program yang kita bicarakan di atas.

https://www.tiktok.com/@editvlogtema

22 komentar

  1. wah berat kayaknya gan belajar itu semua, apalagi autodidak, ane nyerah duluan gan :D
    1. Harus diangsur ,Gan
  2. berat belajar gituan. Banyak amat
    1. Itulah susahnya jadi hacker
  3. ini baru artikel mantap,..keren, sepertinya harus mulai otak-atik nie, biar jadi seperti hack bae yang ada di youtube,..ea
    1. He he he...niatnya ...😈
  4. Pernah belajar coding, tapi g diulang-ulang dah banyak yang lupa. Tapi ilmu kayak gini manfaat banget nih, apalagi ada sekalian contohnya. Hehe
  5. seorang hacker yang bisa buat penipu jera dan bertobat itu adaalh suatu kemulian loh, jadi bgi yang mau jadi hacker, yuk kita brantas para penipu samapi ke akar-akarnya, agar indonesia aman dan sejahtera
  6. HAde liat gambar awal dah pusing duluan acu kak... tapi sampai saat ini belum niat jadi hacker.. tar udah jadi blogger sukses baru dah mau belajar jadi hacker yang penting buat hal positif gapapa kan ya kak
    1. Hacking hanyalah sebuah usaha mencari celah, memodifikasi dan mengambil alih bisa dengan tujuan mulia atau sebaliknya.

      Life hack kadang sangat dibutuhkan dalam hidup ini..
  7. Menjadi hacker walau sepintas terdengar hebat, tapi sangat beresiko. Dari namanya saja "hack" yang artinya mengambil/mengumpulkan data-data secara ilegal, sama seperti mencuri. Sekali identitas ketahuan dan dilacak balik, mampus lah.
  8. Waduh, saya sih sepertinya susah mempelajari semua itu. Tapi apa iya sih, hacker itu tidak mencolok dan cenderung kesepian? Bukannya hobi dan sifat bisa bervariasi ya? (Penasaran dengan hacker yang gaya hidupnya flamboyan. Masa sih nggak ada?)
  9. kalau bahasa pemrograman di geektyper bisa jadi hacker hebat gak om sofyan? hehe
    1. Semua bahasa program memiliki konsen mereka sendiri, geektyper tentu saja dapat men"trit" perangkat orang lain hingga menguasai sistem mereka.

      Akan tetapi menjadi seorang hacker sejati tidaklah cukup sekedar menguasai bahasa bahasa programming, jago script, ada pilosfi yang dan konsistensi yang harus kita fahami karena pada akhirnya hacking tidak selalu berkonotasi negetive dan "jahat" 😀
  10. Untung saya ngak ahli dibidang2 yang disebutkan diatas, kalau ahli, mmmmm....bakal di cari cari orang yah... :), dicari buat di gebuki , hahahah... #peace.
    1. Gak, justeru orang gak bakalan tahu hhh
    2. Apakah si tukang hack bisa dilacak mas ?
    3. bisa tapi sulit, biasanya hacker kelas ahli bekerjasama dengan pemerintah namun tidak terikat
  11. Entah mengapa hacker itu kedengaran keren, karena kalau lihat di film-film mereka itu bisa seperti penjahat yang menyerang lewat internet, serem, misterius, tapi kok keren...😂

    Apakah mas sofyan lagi belajar jadi hacker....
    1. Saya memang belajar hacking, tapi saya bukan hacker. Belajar itu adalah seni dalam hidup dan itu mudah jika kita memiliki kecintaan terhadap apa yang sedang kita pelajari
  12. pujangga koding
  13. saya ingin jadi hacker untuk utak atik akun channel penghina di youtube
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain