Fakta blogging dengan adsense di tahun 2021

AvatarOleh:
Saran kami, satu hal yang harus dihindarkan: Jangan berbohong kepada blogger pemula, blogging itu sederhana saja namun yang menjadikannya runyam itu adalah adsense, mengapa? Karena tidak sedikit para pemula yang termotivasi oleh hal itu. Lalu apa yang terjadi? Lebih banyak berakhir dengan kekecewaan daripada happy ending.

Dan adsense tidak akan pernah menjadi pohon uang yang apabila kita perlukan tinggal menggoyang goyang pohon itu, lalu uang akan berjatuhan ke bawah.

Uang berjatuhan dari pohon?
adsense di tahun 2021, tidak akan pernah menjadi pohon uang 

Lebih parah lagi Google juga memang dan masih sedang menawarkan program itu. Itu bukan salah Google, itu adalah bisnis. 

Yang salah itu kita yang terlalu menaroh harapan. Perhatikan keluhan keluhan para blogger dari yang baru usia 6 bulan hingga 4 tahun keatas di media sosial atau grup grup blogger di medsos lainnya:
  1. Adsensenya kok gak datang datang ya...blognya tidak juga di monetisi.
  2. Adsensenya sudah jalan, blognya telah diterima dan di monetisi tapi setelah berbulan bulan bahkan bertahun tahun belum juga mendapatkan uang dari Google meskipun semua trik SEO telah dijalankan.
  3. Setelah setahun dan jalan 80% monetisi, tiba tiba adsensenya terkena banned dan tertutuplah sudah harapan. Waktu adalah risiko walaupun dia juga adalah keberuntungan. 
  4. Rasanya setelah 100 tahun ngeblog kok cuma berakhir begini?
  5. Mengapa walau telah menulis konten berbahasa Inggris blog tetap sepi dari uang? 

1. Google tidak berbohong


Ya Google tidak berbohong, penghasilan para Blogger sudah ditampilkan di adsense, Google hanya menerapkan aturan, jika kita telah terkena ban pasti ada aturan main yang telah dilanggar. Tentu saja Google tidak bisa pilih kasih, siapa yang bersalah akan di "hukum" sobat sedang berbisnis dengan Google sebagai Publisher Ads, bisnis itu tidak boleh rugi, kalau rugi harus ditinggalkan.

Dan tentu saja dalam sementara kasus Google tidak sekejam itu, mereka melakukan investigasi, jika kita tidak bersalah dan bahkan beberapa pelanggaran kecilpun tentu dapat di maafkan.

Setiap hari ada rincian penghasilan di adsense walau hanya 100 perak artinya itu adalah penghasilan, soal cukup atau tidaknya, tidak ada yang bisa kita lakukan apalagi menyalahkan Blogging. Waktu berjalan adalah berkah bisa juga risiko terjegal oleh kesalahan. Pilihan selalu ada ditangan kita.

2. Blogger semakin banyak.


Ini hukum alam semakin banyak yang ngeblog maka semakin ketat persaingannya. Ini terjadi setiap waktu, dimana mana dan dalam hal apa saja.

Padahal ngeblog itu sendiri sudah termasuk "the old job" atau pekerjaan yang telah jadul. Artinya apa, seharusnya memang sudah berubah karena, selain ruangnya sudah sesak dan pengap walau penuh harap, karena banyak pilihan lain yang masih fresh: Misalnya ada VLogging, ada instagram, ada Youtube, ada toko online, ada website menawarkan jasa yang tulisan, artikel, konten dan misi misinya jauh lebih atraktif dan menarik. 

Ada hal hal baru yang menawarkan segalanya dalam sekaligus.

Bagaimana kita bisa tahu kalau kita ini adalah orang istemewa melalui hal hal di bawah ini, kecuali:
  1. Kita lebih pintar dari sejuta blogger yang lain, padahal biasanya setelah merasa pintar seseorang malah jadi bodoh. Padahal para blogger lama sudah mulai silent alias menyepi.
  2. Kita merasa akan lebih beruntung dari sejuta blogger yang lain. Padahal di dunia ini banyak orang yang beruntung melebihi diri kita.
  3. Kita merasa dapat menarik perhatian pembaca diantara 25 juta blogger lainnya? Tidak mungkin mudah ditengah tengah hiruk pikuknya orang orang berteriak dan juga minta diperhatikan.
  4. Kita terlalu yakin, walau apapun bentuk usaha pasti memerlukan keyakinan kita untuk menindak lanjutinya namun bukan berarti kita tidak berhitung untung dan ruginya, juga harus realistis.


3. Kita tinggal di negara yang tidak berbahasa Inggris.

Dan walaupun kita ngeblog dan menulis dalam bahasa Inggris, namun tinggal di wilayah Indonesia tetap saja akan tipis perbedaannya. 

Google memang telah mempetakan wilayah dunia dengan zona yang berbeda beda. Lagipula setiap zona telah menerapkan proteksi wilayah mereka melalui 'Term Of Condition' yang keras. 

Misalnya zona Eropa, Kanada dan Australia.

Jika dulu blog berbahasa Inggris akan mendapatkan prioritas tertentu, sekarang sudah jauh berbeda. Kita akan segera tahu apa perbedaannya: Dunia semakin terhubung dan berkat teknologi kendala bahasa mulai dapat diatasi. Begitu juga dengan batas imajiner wilayah, kesenjangan itu seolah sudah tidak ada lagi.

Juga, semenjak Google translate menjadi semakin tinggi akurasi menterjamahkan berbagai bahasa, dan perangkat keras dan lunak menjadi sedemikian canggihnya, kendala kita kini menjadi berbeda: Mereka mulai menerapkan sistem proteksi: Zona wilayah negara negara "miskin" tetaplah dipandang sebagai kelas miskin, tool bisnis online telah berkembang dan mendeteksi dimana negara asal kita. 

Bukan hanya wilayah seukuran negara, bahkan provinsi provinsi setiap negara telah di kotak kotak dan ditandai dalam mapping.

Cobalah menulis konten dalam bahasa Inggris, namun karena  wilayah tinggal kita di Indonesia, nilai yang di dapat adalah nilai yang tercakup di wilayah yang kita tinggali tersebut. Itulah sebabnya mengapa ekstensi "blogspot.co.id" ada, dan mengapa saat inspeksi elemen ada blog blog tertentu yang di tandai sebagai "Indonesia", India dan seterusnya. 

Dan mengapa blogger India yang blognya rata rata berbahasa Inggris penghasilan adsensenya tetap rendah bahkan banyak juga yang lebih rendah daripada Indonesia?.

Tidak terlalu mengherankan jika CPC adsense rendah karena algoritma telah menghitung berapa kemungkinan orang berbelanja pada suatu daerah. Kunjungan dan klik orang Inggris tentu tidak akan sama dengan orang dari pulau Jawa dan Sumatera.

4. Bagaimana kini dengan penghasilan blogging di tahun 2020-2021?

Tidak ada yang salah dengan keinginan kita untuk mendapatkan penghasilan dari blog melalui adsense. Tapi suatu blog tentu harus memiliki trafik tinggi kalau bisa 3 ribu orang/hari. Ingat dari tahun ke tahun itu bisa meningkat jadi 4,5,6 ribu/hari..dan tanpa terasa kita telah memasuki tahun periode 2020-2021.

Jangan iri kepada Blogger blogger senior yang sudah menemukan pola blogging mereka seperti Mas Sugeng, Kompi Ajaib, Igniel, Arlina, bung Frenky, Kang Ismet atau CB blogger tidak tampak seperti sedang mengandalkan adsense, mereka menjual sesuatu. Walaupun demikian mereka mulai mencari alternatif lain, misalnya membuat dan menekuni channel Youtube.

Mas Sugeng misalnya terlihat jelas template viomagznya begitu laris, banyak sekali blogger yang menggunakannya. Mereka menjual sesuatu dan dibeli orang. Adsense hanyalah ibarat pelengkap untuk mengumpulkan sen demi sen uang. Saya percaya setiap konten dan artikel mereka akan dibaca orang terutama kalangan blogger.

Apakah kita seorang blogger? Saya ingin sekali mengatakan kepada kepada diri saya sendiri bahwa adsense adalah cara yang buruk untuk menghasilkan uang namun tetap mendatangkan sedikit pemasukan bagi kalangan blogger yang menekuninya. 

Mereka adalah orang beruntung. Jika ada yang membantah itu hak setiap orang, tapi pikirkan jika semua orang beruntung atau memiliki keberuntungan yang sama dengan diri kita maka margin keberuntungan kita akan semakin tipis dan penghasilan kita akan segera menjadi semakin berkurang. 

Blogger karena hobi

Bagaimana dengan blog dengan DA dan PA yang tinggi di tahun 2020? Jujur saya sangat skeptis setelah meneliti beberapa pola bisnis online. Cara ini mulai ditinggalkan oleh sebagian besar pegiat website, mengantungkan kepercayaan pada matrix non-Google sering terlihat rapuh dan tidak pasti.

Bagaimana jika ranking Alexanya tinggi? Semua hal itu tentu memang menyenangkan, tetapi tidak dapat menjadi tolok ukur bahwa halaman blog kita telah sukses.

Dan Saya menulis karena hobi, tentu saja blog saya pernah di monetisi adsense. Satu blog adsensenya di ban. Yang lainnya adalah karena saya tidak ingin lagi halaman blog saya di tempeli oleh iklan. Walaupun telah sempat menikmati satu kali penghasilan.

Mungkin karena saya bekerja dan telah mendapatkan pemasukan dari hal lain akan tetapi hobi adalah hobi, walaupun tanpa adsense blog tidak lantas jadi mengendur, sering juga mendapatkan beberapa projek khusus yang terkadang saya terima terkadang tidak bisa karena tidak memiliki waktu.

Dan menulis adalah hal yang paling ringan dalam hidup saya, paling melegakan perasaan.

Tanpa uang tanpa beban namun bukan berarti tidak memiliki tujuan.


do you remember www.editblogtema.net? Here we are editblogtema.com!

13 Komentar untuk "Fakta blogging dengan adsense di tahun 2021 "

  1. wah pengen juga nih bisa daftar adsense dan pasang iklan di blog, tapi apa bisa di terima ya gan soalnya blog ane masih cupu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa. Hanya saja jangan dijadikan pengharapan bisa mendapatkan uang setiap bulan jika sudah diterima.

      Hapus
  2. suka bacanyaaa..
    Saya juga lagi belajar memaksimalkan adsense.
    Gara2 patah hati ama DA hahahaha.

    Ya gimana dong, biasa menikmati bayaran lebih karena DA tinggi, lah kok DA meluncur, dan fee juga meluncur, jadinya sedih dan males ambil kadang haha

    Maksimalkan CPC juga menarik ternyata, setidaknya bikin saya lebih semangat mengeksplor kemampuan.

    Oh ya mengenai Google tidak berbohong.
    Iyaaaa.. Google emang ga bohong, tapi dia cumanlah mesin yang kadang sering salah,
    Misal, laporin tukang copas, eh malah ditolak mulu ckckckcck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rey kamu termasuk blogger yang beruntung diantara ribuan blogger yang sedang mengeluh di forum global mereka berasal dari seluruh dunia.

      mengenai laporan terhadap tukang copas, saya mengerti mengapa kamu kesal akan tetapi yang proses laporan itu bukan mesin tapi manusia sungguhan, mesin hanya menangkap laporan dan mengangkutnya bukan memprosesnya, yang memproses dan mengambil keputusan adalah manusia sungguhan terlihat dengan cara:

      Memberi kesempatan kepada sipelanggar untuk memperbaiki kesalahan 1-3 bulan
      Memberikan warning melalui notififkasi akun milik merkea 1- 6 bulan
      Setelah itu memberikan tindakan DICIPLINER ACTION hingga PARMANENTLY BANNED.

      Jadi memang membutuhkan waktu. Memang seperti tidak adil bagi si korban. Tapi dari sisi kemanusiaan itu tampak sangat adil. Apalagi saya pernah mengalami hal tersebut, saya telah menerima selusin warning pada notifikasi saya setelah melewati satu tahun baru benar benar adsense saya di banned.

      Namun tindakan tersebut juga bisa berbeda terhadap pemilik situs blog yang sub-domain dan yang TLD, yang sub-domain bisa langsung kehilangan haknya mempergunakan blog, sedangkan yang TLD oleh karena telah “membeli” memiliki hak penuh terhadap blognya.

      Sebagai sebuah perusahaan raksasa Google telah berusaha berbuat adil dan yang terbaik.

      Hapus
  3. Tulisan ini sangatlah membuka mata blogger pemula,...bahkan saya sendiri juga mersakan hal fi atas,..sudah lama ngeblog tapi dapetnya cuma recehan

    Sebaiknya jangan berpikir untuk dapatkan uang dari adsense dulu deh ya mas,...ha-ha, betul sekali kata mas di atas, ngeblog itu harus hobi, kalau hobi itu ternyata bisa bermanfaat ya bonusnya uang dari adsense

    Butuh keyakinan dan kerja keras yang nyata jika ingin benar-benar bekerja dan mendaoatkan uang dari adsense 😀

    BalasHapus
  4. Memang benar apa yang disampaikan masnya.. hanya mengandalkan adsense rasa2nya masih kurang.. CPC selalu kecil meski page view nya udah ribuan

    Solusinya, kita harus menawarkan sesuatu entah itu barang/jasa kepada pembaca..

    Dengan demikian, hobi ngeblog tetap jalan, di sisi lain pendapatan mengalir tanpa harus nunggu PO adsense.. Semoga, Amiin :D

    BalasHapus
  5. Saya blogger santyy, kok, ngeblog tanpa ngoyo. Hehehe...

    BalasHapus

  6. Logika sederhana kalau mau dapat penghasilan tetap dari Adsense blognya harus saaaaangat rame, 100ribu visitor mgkn ya gan sehari baru tuh dpt hasil.. kalau tidak mending gk usah berharap 🤣

    Kalau menurut Mas Sugeng, saya baca di posting dia, kalau blog kita rame banget ada perusahaan yg melirik situs kita buat ngiklan di situs kita..

    Jadi sepertinya menjadikan blog rame ini satu2nya kunci klo mau dpt duit 🤣🤣

    Jadi bisa dibilang percuma ya gan bikin tulisan bahasa inggris, mo nulis ingris mo indo harga tetap sama hihi..

    BalasHapus

  7. Saya pernah coba beberapa kali daftar google adsense tapi ditolak dan ditolak terus dan akhirnya bosan tak daftar lagi.

    BalasHapus
  8. Sehari 100-500 rupiah, untuk bisa gajian saldo harus ada 1300,000.
    Stress kalau dipikir.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel