Agar tulisan mendapatkan perhatian dari pembaca

Siapa yang menghidupi siapa, ayo jawab..


agar tulisan mendapatkan perhatian pembaca

Siapapun tidak akan benar benar tahu apa yang difikirkan oleh blogger pemula saat memulai ngeblog, tapi biasanya tidak jauh jauh dari:
  • Pingin coba coba
  • Pingin nanti blognya diterima adsense dan mendapatkan penghasilan.
  • Pingin jadi terkenal
  • Karena hobi menulis dan menemukan atau memanfaatkan blog sebagai salurannya.
Bagi saya poin terakhir paling aman, sehat dan bermartabat . Namun bagaimana agar tulisan mendapatkan perhatian diantara 5 juta blogger dan semilyar manusia yang juga ingin diperhatikan?

Orang mengira tulisan tulisan dibaca karena ada triknya. Padahal sebenarnya tidak. Sobat hanya perlu menulis apa yang benar benar sobat fahami dan sobat kuasai namun pada intinya adalah:
  • Tulis artikel singkat yang paling lama berdurasi 1-3 menit ketika orang membacanya.
  • Terbitkan secara teratur
  • Yakni sebaiknya diterbitkan pada hari hari kerja.
  • Sertakan gambar yang menarik
  • Buat pragraf tulisan tetap pendek jangan sampai kepanjangan.
Kita juga harus tahu ngeblog bukanlah perkara simpel dan mudah seperti yang sering dibayangkan oleh pemula. Misalnya: Ngeblog, jadi viral dan adsensenya banyak diklik. Lalu bisa hidup dengan blog itu, gak usah lagi mencari pekerjaan lain.

Pada kenyataannya daripada berharap menggantungkan hidup dari blog dalam waktu yang cepat apalagi instan, Kita harus mengerti satu hal: Blog itu tidak bisa hidup tanpa kita! Di pertengahan perjalanan ngeblog Kita harus memikirkan pertanyaan ini:
"siapa yang harus menghidupi siapa?"

Blog akan mati karena tidak ada konten! Kita harus rajin membuat postingan yang bagus, bermanfaat dan mudah difahami oleh pembaca. Selagi blog kita masih baru itulah yang harus dilakukan, dan itu belum cukup, ketika memasuki usia pertengahan blog akan kembali mendapatkan ujian.

Sudah sekian lama bersabar, berusaha dan ratusan konten sudah dibuat belum lagi sambil melakukan optimalisasi dan teknik SEO, eh trafik tidak juga meningkat, pengunjungnya itu ke itu saja, bagaimana sih supaya konten kita di perhatian?

Tidak ada jalan lain di atas dunia dengan sejuta kemungkin ini, mari kita abaikan saja nasib baik dan nasib buruk yang jelas asalkan kita mau berusaha dan konsisten, kita akan mendapatkan upahnya.

Yang jelas dimasa masa sulit dimana kita harus menghidupi blog ketimbang blog yang harus menghidupi kita, jadi kita juga harus melakukan kewajiban, bukan? Dan yakinlah suatu hari dia akan bekerja untuk kita.

Jadilah diri sendiri

Hei banyak sekali kalimat itu didengar dan dibaca, tetapi hal itu memang sangat penting. Karena ketika kita kehilangan jati diri, langkah akan menjadi bimbang; ketika kita membawakan peran orang lain sebagai diri kita pada akhirnya hal itu akan segera menguras tenaga dan pikiran. Mengundang banyak keputus asaan.

Ngebloglah menurut apa yang kita sukai, memang lebih mudah jika itu adalah sebuah hobi, tidak karena keterpaksaan. Biatlah niche kita sendiri. Menulislah ditempat lain juga jika memiliki kesempatan misalnya di Kaskus, medium dst. Kita tidak akan merasa keberatan jika memang hobi menulis.

Gunakan semua sumber daya untuk menulis

Ada terdapat orang orang cengeng di dunia ini. Selalu komplain tidak punya ini dan tidak punya itu untuk bertahan hidup layak. Tidak mau pergi ke sebuah acara keluarga karena tidak punya mobil. Memang ada sementara orang menilai segala seauatu dari kepemilikan selain orang yang picik?

Padahal kita lebih baik pergi dengan menunjukan apa adanya diri kita. Rasa hormat orang lain datangnya dari bagaimana kita dapat bertindak efektif dengan segala sumber daya yang kita miliki.

Begitu juga dengan kita,  yang ingin menulis jangan menjadikan alasan dibawah ini sebagai halangan besar:
  • Tidak punya laptop, gimana menulis? Saya menulis  dan menghasilkan ratusan artikel di blog ini tanpa laptop samasekali! Saya hanya menggunakan hape cina oppo dibawah 2 jutaan.
  • Tidak ada waktu. Sebenarnya saya malas. Saya bekerja diperusahaan, dan saat luang ketimbang main game saya menulis konten. Kita boleh percaya beberapa desain template saya buat menggunakan hape, walaupun dalam beberapa point harus dibantu oleh tablet ukuran layar 9,7" dengan bantuan bluetooth keyboard dan mouse.
  • Tidak ada ide atau inspirasi. Menulis memang membutuhkan ide. Berdiskusi dengan sesama blogger, berinteraksi dengan pembaca juga bisa mendatangkan ide tulisan yang cemerlang. Saya biasanya duduk di kafe hingga berjam jam disana. Namun setiap orang memiliki mood yang berbeda.
Menulis via hape tidak buruk samasekali, contohnya artikel ini saya tulis menggunakan hape, caranya buka browser chrome, masuk ke blogger draft (jika kita telah biasa menulis di hape akun skita otomatis akan terhubung). Perhatikan, selain ukuran layar hape yang memang kecil, tool pengaturan blogger tidak berbeda dengan laptop.

Kita dapat membuat sebuah artikel atau konten dengan mudah melalui hape mulai dari menulis, insert gambar dan video tentu saja akan terasa lebih mudah.

Jadi tunggu apa lagi?

www.editblogtema.com

7 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Tersentil baca tulisan ini hehe karena masih susah buat nerbitin postingan blog secara teratur. Ide kadang ilang-ilangan dan temen-temen deket yang suka nulis blog juga gak punya, jadinya banyakin blogwalking buat dapet ide nulis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Instal notes di hape: setiap ada ide catat supaya tidak hilang melayang...

      Hapus
  2. instal aplikasi notes (kecil saja kok ukurannya gak bakalan ngabisin space) setiap ide datang catat sebelum dia menghilang, begitu caranya steve job mengolah semua ide ide tanpa harus kehilangan satupun lagi...hhh

    BalasHapus
  3. Jadi redesign blog juga menyenangkan nih :D

    BalasHapus
  4. tulisan ini seperti mengingatkan saya apa tujuan semula saya ngeblog. thanks sharingnya mas

    BalasHapus
  5. saya setuju dengan tulisan di atas, cuma terkadang mepetnya waktu kerja dan padatnya jam terbang,..ea, membuat seorang blogger seperti saya contohnya, tidak begitu bisa update setiap hari, palingan tiap minggu

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak