Langsung ke konten utama

Apakah Ark OS itu, mengapa Huawei memilihnya?

ilustrasi ark OS
Android dan iOS

Di dunia pada saat ini telah di dominasi oleh dua sistem operasi untuk PC, yakni Micrososft Windows dan MacCintosh Apple, walaupun masih ada ubuntu, linux dan sistem lain, namun yang paling banyak dipakai adalah sistem operasi windows pada laptop dan PC desktop.

Pada sistem operasi mobile yang terdiri dari perangkat tablet dan ponsel untuk masa kini Android dan iOS-lah yang menjadi rajanya, namun Android telah menjadi raja di rajanya sistem operasi mobile, tidak tanggung tanggung, hampir 90% sistem operasi mobile di dunia pada saat ini telah menggunakan Android!

Sistem Android menjadi hebat karena disupport oleh Google dengan aplikasi aplikasi seperti Gmail, google office, Google map, Google picture, Google maps dan sebagainya. Belum lagi playstore yang telah dipenuhi oleh berton ton aplikasi dan game dari pengembang yang telah dibayar oleh google dengan sistem bagi hasil.

Syimbian dan RIM

Dimasa lalu ada dua sistem operasi mobile kondang yang kini akhirnya mati suri: Symbian milik Nokia dan RIM milik Blackberry. Mereka memiliki gudang aplikasi sendiri, sistem email, hingga dukungan pengguna yang hebat kalau boleh dikatakan sama hebatnya dengan sistem operasi Android dan iOS dan dipergunakan secara luas diseluruh dunia.

Nokia dan Blackberry telah lama tersingkir dari arena persaingan gadget genggam dan digantikan oleh dua pemain utama: hape hape dengan sistem Android dan iOS. Kasus Huawei menjadi semakin unik: dia adalah perangkat mobile yang dikucilkan oleh Android karena tekanan politik dan perang dagang.

Oleh karena itu banyak pihak memprediksi, Huawei akan berpotensi mencetak sejarah dan menjadi legenda teknologi gadget di masa depan jika mereka berhasil melewati masa masa sulit ini.

Ark OS

Dan baru 4 hari yang lalu ketika artikel ini ditulis, Huawei kedapatan telah mendaftarkan sistem operasi mobile mereka sendiri EUIPO (European Union Intellectual Property Office)  yang diberi nama Ark OS yang akan menggantikan sistem operasi Android jadi bukan HongMeng OS seperti kita dengar selama ini.

Mungkin karena nama tersebut tidak akan menarik di Uni Eropa. Mereka memang telah mengujinya di Cina jauh jauh hari sebagai antisipasi jika peristiwa buruk seperti sekarang terjadi.

Menurut pakar nama Ark OS berpotensi lebih diterima oleh kalangan pencinta gadget telpon dan tablet genggam dimasa depan dan bisa menjadi salah satu mobile OS atau sistem mobile pesaing Android dan iOS di masa depan.

Akan tetapi untuk suatu gadget sebuah sistem operasi saja tidak cukup; dibutuhkan sistem enviromental, ketersediaan aplikasi utility, perkantoran dan game layaknya milik Android dan iOS.

Kabarnya Huawei mulai mengundang para develover aplikasi software dan game. Namun masih terlalu dini untuk menyatakan itu mudah dan berhasil, rencana B?

Kita lihat saja nanti apakah sistem OS mobile baru ini akan memiliki toko aplikasi yang dipenuhi oleh karya karya pengembang ternama seperti layaknya Android dan iOS.


Jadi jelas Ark OS dipilih oleh Huawei untuk menggantikan sistem Android yang terpaksa "diceraikannya" karena orangtuanya (Amerika) sudah tidak menyetujui atau merestui hubungan mereka lagi. Akankah Ark OS bisa langgeng bersama Huawei?

www.editblogtema.net

Komentar

  1. Sepertinya si ark os ini bisa lebih canggih mas ya,..karena sudah diuji sejak lama hanya saja baru sekarang tercium oleh media masa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang bilang nama cinanya Hongfeng. Tapi namanya baru pasti gak akan bisa dengan mudah mengalahkan Android

      Hapus

Posting Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa