FAKTA ATAU MITOS:USIA DOMAIN MENINGKATKAN RANKING WEBSITE.

strategi SEO
Di masa lalu para blogger sangat percaya ini: Usia domain mempengaruhi ranking Google. Semakin tua usia domain maka semakin penting domain tersebut di mata Google. Domain lama bisa saja hebat, tetapi domain baru yang rajin kampanye dan memiliki usaha lebih mungkin akan segera mengatasi Domain tua.

Banyak Blogger berkeyakinan begini: Karena usia yang tua menunjukan konsistensi blogging itu sendiri. Itu benar. Tapi tahukah sobat, strategi SEO terbaru tidak perduli terhadap itu. Domain tua dan Domain baru tidak ada bedanya dimata Google.

Seiring waktu backlink juga "tidak terlalu penting" - walaupun masih penting, sehingga misalnya banyak blogger berburu blogger Zombie untuk menarik manfaat dari backlink yang tertaut didalam blog blog terlantar tersebut, kini benar benar telah menjadi pekerjaan sia sia dan buang waktu.

John Mueller sang webmaster trend analyst Google atau lebih terkenal dengan panggilan : (sobat bisa mengikutinya di twitter)
John (@JohnMu) | Twitter
telah menjawab semua itu dengan tegas melalui sesi tanya jawab di twitternya:
JohnMU
Dalam diskusi tersebut para websider dunia berdiskusi dan sekaligus  mempertanyakan pentingnya usia sebuah domain, namun ada juga yang kalangan yang berpendapat bahwa terdapat domain yang berusia kurang dari satu tahun namun ternyata jauh lebih baik daripada domain yang telah berusia 4 tahun. JonMU mewakili Google menjawab dengan tegas: Tidak, itu tidak benar.
Dan menanggapi pernyataan Rajesh Kumar seorang pakar SEO, yang mengatakan bahwa usia usia domain adalah satu satunya cara untuk mendapatkan penilaian yang terpercaya, atau bahkan menurutnya satu dari signal penting dari 200 ranking signal untuk menaikan ranking website dimata Google.

Dengan tegas John Mueller membantahnya: Tidak benar, usia domain tidak akan membantu menaikan ranking website anda.

TOOL DETEKSI DOMAIN ONLINE "MENGHILANG"
Tiba tiba saja beberapa tool deteksi usia domain (domain age) dari internet. "menghilang kemampuannya dalam mendeteksi usia sebuah domain blog. Hal yang menjadi pertanyaan besar. Apakah memang usia sebuah domain penting?

Jadi terlihat sepertinya keyakinan kita selama ini adalah keyakinan tanpa dasar. Yang harus kita ketahui adalah semua berubah dengan cepat menyesuaikan diri dengan keadaan...Dan fakta memang beberapa tool deteksi usia domain "menghilang" dari internet, misalnya Nibbler hanya meninggalkan notifikasi:
"Sorry, we cannot check the domain age of .net or .com websites."
Faktanya saya tidak terlalu menyukai tool tool dari pihak ketiga, karena mereka juga sering "terbirit birit" mengikuti perubahan algoritma. Memindai DA/PA blog saya yang mulai menampakan hasil, namun beberapa ahli Anilitik website mengatakan kepada saya: "Tidak terlalu mempengaruhi kemajuan jenis blog seperti milik anda". Segalanya sering menjadi misteri atau rahasia dapur Google.

Hal yang paling masuk akal terkait "usia domain" hanyalah terlihat seperti signal konsistensi atau tidaknya sebuah halaman blog, setidaknya usia blog telah berusia satu tahun untuk menjamin konsisten atau tidaknya sebuah halaman blog tersebut. Yang jelas Google sudah menegaskan bahwa lamanya usia domain bukanlah suatu signal untuk ranking domain. Nah lo...


www.editblogtema.net

12 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. meski senior tapi gak ngaruh yah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang gak kalau kita bicara usia domainnya Itu zamannya sekarang.

      Tapi pasti ngaruh kalau bloggernya yang sudah senior...hehehe

      Hapus
  2. Ada yang menarik:

    KeywordDensity bukanlah ranking factor...

    mungkin kita telah diajarkan oleh pakar seo di luar sana, bahwa untuk bisa merangking artikel, kita harus menempatkan keyword sebanyak 2-5% di dalam artikel..

    ternyata ini adalah SEO jadul... yang harusnya di tinggalkan..

    keyword memang harus ada di dalam artikel, namun memasukan keyword dalam jumlah tententu bukanlah cara google merangking artikel....

    pemikiran tentang pentingnya keyword density sebenarnya ada karena YOAST seo memasukanya dalam kriteria SEOnya..

    tapi sekarang, sudah dihapus tuh dari kriteria SEO yoast,

    Dan banyak kok orang yang YOASTnya nggak hijau tapi bisa ranking... jim harvey (income school) salah satunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tuh kagum ama para blogger lelaki yang jago banget dalam memahami SEO.
      Tapi saya lebih suka juga menelaah sendiri.

      Ada satu blog teman blogger wanita, trafficnya itu keren karena keyword.
      Pas saya amati, bahkan keyword tersebut cuman ada sekitar 3 kata dalam badan tulisan.

      Hapus
  3. Bagaimana dgn jumlah artikel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah artikel efektif membantu menaikan artikel. Itu SEO wajib, syaratnya ya artikel berkualitas dan kebutuhan pembaca

      Hapus
  4. Usia domain pengaruh sih menurut saya, bisa dilihat dari DA/PA.
    DA blog saya meluncur drastis gara-gara usia domain hehehe.

    Tapi kalau SEO terus terang saya masih belajar memahami hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut John tidak, sekarang sudah berubah.

      Hapus
  5. Nice information, valuable and excellent design, as share good stuff with good ideas and concepts, lots of great information and inspiration, both of which I need, thanks to offer such a helpful information here. Managed Websites

    BalasHapus
  6. Hmm, begitu ... ternyata rumit juga ya, terus menerus berubah aturannya .. dinamis sekali, dunia iptek memang melesat cepat #luarbiasa

    BalasHapus
  7. I like your post. It is good to see you verbalize from the heart and clarity on this important subject can be easily observed... PBN

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak