Langsung ke konten utama

Meningkatkan skill koding dengan memainkan game Elevator Saga

Saya sedang kepincut yang namanya Javascript dan mencari cara untuk menguasainya sampai ke "akar akarnya" Belajar koding itu berita bagusnya adalah tidak perlu memiliki kemampuan "menghafal" karena beberapa jagoan koding dewasa yang saya kenal malah cenderung terlihat "pelupa" benar saja tuh setidaknya demikian karakter mereka yang saya kenal. Mereka suka lupa dimana melatakan kunci kenderaan, lupa dimana menaroh dompet, lupa nama teman temannya. Parah gak tuh?
ilustrasi game elevator
ilustrasi game elevator
Lol bercanda. Tapi itu yang saya temukan pada saat mengamati mereka. Dan jangan salah, mereka sangat logika, segala pertanyaan dan tantangan di jawab dengan logis dan masuk akal. Mereka terlihat tertutup dan hanya berbicara dengan teman yang benar benar mereka sukai. Jadi belajar koding itu adalah belajar LOGIKA.

Tulisan ini sebenarnya mengajak kalian mencoba cara meningkatkan kemampuan koding kalian terutama Javascript dengan cara bermain game. ya..Ini buktinya Javascript dapat dilibatkan dalam pembuatan game.

Elevator Saga adalah game seru yang menggunakan JavaScript untuk mengontrol elevator. Mulainya sederhana, dimulai dengan satu lift, dan 3 lantai. Tugas Kalian adalah memindahkan 15 orang dalam waktu lebih kurang 60 detik.
Kalian melakukan ini dengan cara mengedit JavaScript yang disertakan pada halaman, dan kalian bisa melakukannya untuk hal-hal seperti:
  •  mengendalikan kemana elevator pergi
  •  mengendalikan apa yang terjadi ketika tombol lift ditekan
  •  buat perubahan berdasarkan berapa banyak orang yang ada di lift
Jika ingin memainkannya silahkan kunjungi webnya langsung, cobalah robah nilai nilainya pada kode Javascript yang tertera di dalam kotak kode kode game tersebut;
MAINKAN ELEVATOR SAGA
Kalian tidak perlu terlalu banyak pengetahuan JavaScript untuk memainkan game ini, dan itu tidak terlalu teknis kok. Tetapi Kalian akan membutuhkan pikiran untuk menyelesaikan masalah dan harus memiliki insting membangun perangkat lunak. Jika Kalian belum memilikinya, maka game ini akan membantu untuk membangunnya. Perhatikan kode Javascript game elevator berikut:
{
init: function(elevators, floors) {
var elevator = elevators[0]; // Let's use the first elevator
// Whenever the elevator is idle (has no more queued destinations) ...
elevator.on("idle", function() {
// let's go to all the floors (or did we forget one?)
elevator.goToFloor(3);
elevator.goToFloor(3);
});
},
update: function(dt, elevators, floors) {
// We normally don't need to do anything here
}
}
Yang harus kalian lakukan
Secara teorinya sih, Kalian bisa membuat elevator naik dan turun dengan cukup cepat dan itu akan membuat semua orang melewatinya. Ini berfungsi di tingkat pasangan pertama tetapi setelah itu kalian perlu mengoptimalkan ketrampilan kalian karena semakin banyak jumlah pasangan demi pasangan yang mulai harus di pindahkan.

Berikut beberapa hal yang perlu Kalian pikirkan:
  • Koordinator elevator - Jangan hanya membuat dua elevator mengambil jalur yang sama, itu boros.
  • Memprioritaskan lantai yang lebih ramai - Beberapa lantai lebih sibuk daripada yang lain, yang berarti naik dan turun secara berurutan tidak akan memotongnya
  • Mengoptimalkan rute Kalian - Menjumlahkan perjalanan yang sia-sia. Kalian harus berhati-hati dalam mengendalikan kemana elevator pergi.
  • Kapasitas elevator - Kalian harus berhati-hati dalam menjejalkan terlalu banyak orang dalam lift.
Itulah  beberapa hal yang harus Kalian pikirkan dan tulis kode. Kalian perlu memikirkan seluruh sistem dan bagaimana membuat agar orang orang bergerak cepat.

LHO KOK BISA GAME INI MENINGKATKAN SKILL KODING SAYA?
Lah iyalah. Meskipun game ini tidak menggunakan JavaScript yang kompleks, itu akan meningkatkan keterampilan yang akan Kalian gunakan untuk pengembangan diri. 

Kalian harus memikirkan strategi dan alur kerja. Kalian akan mengoptimalkan kode JavaScript yang sedang kalian pelajari karena semakin lama menggulir semua baris untuk membuat perubahan. Maka kalian bahkan dapat mulai bereksperimen dengan algoritma yang berbeda.

Kalian dapat meningkatkan keterampilan dan bersenang-senang sekaligus. 
Mungkin terasa seperti membuang-buang waktu dengan permainan, tetapi sesungguhnya hal ini tanpa terasa meningkatkan kemampuan koding kalian. Lakukan saja walau hanya beberapa menit.

Komentar

  1. Sebenernya saya juga ada ke tertarik kan untuk belajar coding namun karena tidak ada yang membimbing jadi saya bingung kalau ada masalah mau tanya siapa. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar sendiri, bang. Otodidak via sekolah sekolah gratis online misalnya melalui w3school.

      Hapus
  2. Ada juga game di ccode.org bisa ningkatin coding juga hehehe

    BalasHapus
  3. salam kenal mbak, kalau masalah coding, saya harus mempelajari dulu tu, ya bisa sampai berminggu-minggu baru bisa, tergantung tingkat kesulitannya

    BalasHapus
  4. Wah baru denger ka game elevator saga.. kayanya seru ya nggame sambil belajar coding

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu game penunjang untuk belajar koding

      Hapus
  5. wah, kalo ada gam yang bisa digunain buat nunjang pembelajaran coding seperti ini, kek nya belajar coding gak bakal susah-suah banget deh. Pernah ada niat untuk belajar coding, sedikit ngulik kok kayaknya udah nngak kuat ya, dan akhirnya ndak belajar lagi kwkwkwkwk

    BalasHapus

Posting Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa