EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

MENGAPA APPLE BERENCANA MEMBUNUH MACBOOK AIR?

AvatarOleh: adelina sofyan
Ya Apple memiliki rencana ini: Mematikan Macbook Air dari jajaran perangkat laptop mereka. Duh sayang banget ya. Padahal Macbook Air ini sangat cantik, tipis dan menawan. Performa dan kinerjanya juga diatas rata rata laptop, apalagi daya tahan batterynya. Terkenal Stabil dan aman. Jika dibanding dengan laptop windows rasanya sekalipun Macbook Air (bukan Macbook pro) memiliki semua kelebihan itu.

Macbook Air

Bayangkan grafiknya yang tinggi dan kuat membuat penggunanya dapat menjalankan aplikasi aplikasi gambar seperti AutoCad, Adobe dan pengedit video dengan lancar dan tenang. Dan jika kita mau jujur para desainer di dunia ini lebih suka menjalankan program program mereka melalui perangkat laptop Apple ketimbang laptop windows.

Yang paling penting keamananya itu lho, sebagai konsekwensi dari sumber kode mereka yang tertutup, data data pengguna laptop jenis ini sangat sulit di bobol oleh para hacker.

Tapi ya walau demikian laptop Apple kurang greget buat bermain game jika dibanding dengan laptop windows, itu karena arsitektur mesinnya dibuat sangat bertolak belakang satu dengan yang lain.

Alasan mengapa Apple akhirnya tega membunuh Macbook Air?

Wah ternyata ada alasannya. Jadi setelah ini betapapun cinta dan sukanya kita kepada Macbook Air, lebih baik urungkan saja niat beli karena pada akhirnya pasti kehilangan banyak dukungan.

Apple pun menggiring orang yang berminat dengan MacBook Air untuk beralih ke model lain saja. Dalam presentasi saat merilis MacBook Pro anyar, petinggi Apple Phil Schiller membandingkan MacBook Pro 13 inch dan MacBook Air, kemudian menekankan kalau MacBook Pro 13 inch juga ringan dan lebih tipis dari MacBook Air.

Selain itu, masih ada alternatif MacBook Air lain yakni MacBook 12 inch. Meski begitu, jika tetap kukuh memilih MacBook Air, Apple masih memasarkan versi 13 inch dengan harga USD 999 untuk model 128 GB dan USD 1.199 untuk model 256 GB.

Namun bagi tim editblogtema alasan yang paling masuk akal adalah:
  1. Macbook terakhir memakai chipset menggunakan intel generasi ke 5, sedangkan Apple berniat meninggalkan Intel dan juga meninggalkan AMD karena mereka telah bertekad bulat akan pindah ke chipset ARM yang lebih ringkas.
  2. Chipset ARM sangat cocok buat prosesor yang berjalan pada perangkat mobile, seperti iPhone, iPad dan pada akhirnya berevolusi menjadi lebih kuat untuk menjalankan perangkat Macbook Pro generasi berikutya. Ini sangat menarik untuk di nantikan.
  3. Dengan menggunakan ARM Macbook Pro kedepannya akan menjadi lebih tipis fisiknya mungkin menjadi lebih tipis daripada Macbook Air sebelumnya, jadi buat apa mempertahankan Macbook Air? Sedangkan Macbook Pro tentunya bukan hanya akan menjadi semakin tipis tapi juga tetap memiliki performa dan kekuatan Macbook Pro sekaligus menjadi setipis dan secantik Macbook Air
  4. Apple boleh jadi berpendapat, untuk apa juga mempertahankan Macbook Air karena perangkat iPad pro telah dapat menggantikannya.  Ipad pro sendiri sudah memiliki sistem operasi sendiri yang mereka namai sebagai IpadOS, dapat bekerja di antara dua perangkat: iOS dan MacOS menjembatani antara perangkat mobile smartphone dengan Laptop Macbook mereka.
Bagi yang sudah terlanjur membeli Macbook Air tentu saja masih dapat dipergunakan dengan baik, dan yang penting bagi pencinta Apple perangkat tersebut tetaplah premium, berkelas dan berkualitas.

Pokoknya pada perhelatan WWDC yang lalu Apple terlihat lebih fokus pada sisi teknologi mobile AR (Argument Reality) iPad pro. Sedangkan untuk laptop Macbook yang menggunakan minimal chipset Intel generasi kelima dari 1.6 hingga 1.8 GHz juga kebagian update.

Apple sepertinya sudah tidak cinta pada Macbook Air lagi, dan mereka sangat percaya diri jawaban untuk penggantinya adalah iPad pro. Akan tetapi mengapa Macbook Air masih dijual? Alasannya tentu saja karena persoalan keuangan. Perangkat yang sudah terlanjur dibuat harus terjual sampai habis.

Macbook Air

Apa kelebihan Macbook Air selama ini?

Setidaknya ada 4 kelebihan Macbook Air bagi orang yang menjadikannya sebagai pilihan selama ini:
  1. Macbook Air adalah alternatif atau tipe dari Macbook Pro versi murah. Ia juga digunakan untuk membuat desain gambar, desain web, hingga drawing pekerjaan kelas berat seperti konstruksi bangunan, desain mesin dll.
  2. Battery tahan lama. Ini adalah fakta, Macbook Air dapat bertahan selama 12 jam kerja
    Kemampuan baterai 54 watt-hour jenis Lithium Polymer ini terbilang unggul bila dibandingkan dengan beberapa Ultrabook Windows, sehingga MacBook ini cocok untuk dibawa bepergian tanpa harus terlalu memikirkan untuk mengisi baterai berulang-ulang. Masa standbynya bisa bertahan hingga 30 hari tanpa charge.
  3. Desain tipis.Ketebalan atau tinggi dari MacBook ini adalah 1,7 cm dengan penampang 32,5 x 22,7 cm. Sedangkan bobot dari MacBook Air ini ada di kisaran 1,35 kg. Desainya sendiri khas dan cantik.
  4. Keyboard chiclet dan trackpad multi-touch. Salah satu yang menjadi daya tarik dari MacBook Air adalah keyboard yang memiliki jarak antar tombol (island-styles/chiclet keyboard) sehingga nyaman untuk dipakai mengetik. Papan ketik jenis ini memiliki banyak penggemar sehingga dipertahankan oleh MacBook Air.

    Trackpad pada MacBook Air ini juga nyaman untuk digunakan, walau belum menggunakan teknologi Retina Force Touch Trackpad seperti pada MacBook Pro, namun trackpad multi-touch pada laptop ini tetap berjalan mulus dan responsif saat dipakai.
Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!
MENGAPA APPLE BERENCANA MEMBUNUH MACBOOK AIR?

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar:

kembali ke atas