Langsung ke konten utama

MENGAPA APPLE BERENCANA MEMBUNUH MACBOOK AIR?

Ya Apple memiliki rencana ini: Mematikan Macbook Air dari jajaran perangkat laptop mereka. Duh sayang banget ya. Padahal Macbook Air ini sangat cantik, tipis dan menawan. Performa dan kinerjanya juga diatas rata rata laptop, apalagi daya tahan batterynya. Terkenal Stabil dan aman. Jika dibanding dengan laptop windows rasanya sekalipun Macbook Air (bukan Macbook pro) memiliki semua kelebihan itu.

Macbook Air

Bayangkan grafiknya yang tinggi dan kuat membuat penggunanya dapat menjalankan aplikasi aplikasi gambar seperti AutoCad, Adobe dan pengedit video dengan lancar dan tenang. Dan jika kita mau jujur para desainer di dunia ini lebih suka menjalankan program program mereka melalui perangkat laptop Apple ketimbang laptop windows.

Yang paling penting keamananya itu lho, sebagai konsekwensi dari sumber kode mereka yang tertutup, data data pengguna laptop jenis ini sangat sulit di bobol oleh para hacker.

Tapi ya walau demikian laptop Apple kurang greget buat bermain game jika dibanding dengan laptop windows, itu karena arsitektur mesinnya dibuat sangat bertolak belakang satu dengan yang lain.

Alasan mengapa Apple akhirnya tega membunuh Macbook Air?

Wah ternyata ada alasannya. Jadi setelah ini betapapun cinta dan sukanya kita kepada Macbook Air, lebih baik urungkan saja niat beli karena pada akhirnya pasti kehilangan banyak dukungan.

Apple pun menggiring orang yang berminat dengan MacBook Air untuk beralih ke model lain saja. Dalam presentasi saat merilis MacBook Pro anyar, petinggi Apple Phil Schiller membandingkan MacBook Pro 13 inch dan MacBook Air, kemudian menekankan kalau MacBook Pro 13 inch juga ringan dan lebih tipis dari MacBook Air.

Selain itu, masih ada alternatif MacBook Air lain yakni MacBook 12 inch. Meski begitu, jika tetap kukuh memilih MacBook Air, Apple masih memasarkan versi 13 inch dengan harga USD 999 untuk model 128 GB dan USD 1.199 untuk model 256 GB.

Namun bagi tim editblogtema alasan yang paling masuk akal adalah:
  1. Macbook terakhir memakai chipset menggunakan intel generasi ke 5, sedangkan Apple berniat meninggalkan Intel dan juga meninggalkan AMD karena mereka telah bertekad bulat akan pindah ke chipset ARM yang lebih ringkas.
  2. Chipset ARM sangat cocok buat prosesor yang berjalan pada perangkat mobile, seperti iPhone, iPad dan pada akhirnya berevolusi menjadi lebih kuat untuk menjalankan perangkat Macbook Pro generasi berikutya. Ini sangat menarik untuk di nantikan.
  3. Dengan menggunakan ARM Macbook Pro kedepannya akan menjadi lebih tipis fisiknya mungkin menjadi lebih tipis daripada Macbook Air sebelumnya, jadi buat apa mempertahankan Macbook Air? Sedangkan Macbook Pro tentunya bukan hanya akan menjadi semakin tipis tapi juga tetap memiliki performa dan kekuatan Macbook Pro sekaligus menjadi setipis dan secantik Macbook Air
  4. Apple boleh jadi berpendapat, untuk apa juga mempertahankan Macbook Air karena perangkat iPad pro telah dapat menggantikannya.  Ipad pro sendiri sudah memiliki sistem operasi sendiri yang mereka namai sebagai IpadOS, dapat bekerja di antara dua perangkat: iOS dan MacOS menjembatani antara perangkat mobile smartphone dengan Laptop Macbook mereka.
Bagi yang sudah terlanjur membeli Macbook Air tentu saja masih dapat dipergunakan dengan baik, dan yang penting bagi pencinta Apple perangkat tersebut tetaplah premium, berkelas dan berkualitas.

Pokoknya pada perhelatan WWDC yang lalu Apple terlihat lebih fokus pada sisi teknologi mobile AR (Argument Reality) iPad pro. Sedangkan untuk laptop Macbook yang menggunakan minimal chipset Intel generasi kelima dari 1.6 hingga 1.8 GHz juga kebagian update.

Apple sepertinya sudah tidak cinta pada Macbook Air lagi, dan mereka sangat percaya diri jawaban untuk penggantinya adalah iPad pro. Akan tetapi mengapa Macbook Air masih dijual? Alasannya tentu saja karena persoalan keuangan. Perangkat yang sudah terlanjur dibuat harus terjual sampai habis.

Macbook Air

Apa kelebihan Macbook Air selama ini?

Setidaknya ada 4 kelebihan Macbook Air bagi orang yang menjadikannya sebagai pilihan selama ini:
  1. Macbook Air adalah alternatif atau tipe dari Macbook Pro versi murah. Ia juga digunakan untuk membuat desain gambar, desain web, hingga drawing pekerjaan kelas berat seperti konstruksi bangunan, desain mesin dll.
  2. Battery tahan lama. Ini adalah fakta, Macbook Air dapat bertahan selama 12 jam kerja
    Kemampuan baterai 54 watt-hour jenis Lithium Polymer ini terbilang unggul bila dibandingkan dengan beberapa Ultrabook Windows, sehingga MacBook ini cocok untuk dibawa bepergian tanpa harus terlalu memikirkan untuk mengisi baterai berulang-ulang. Masa standbynya bisa bertahan hingga 30 hari tanpa charge.
  3. Desain tipis.Ketebalan atau tinggi dari MacBook ini adalah 1,7 cm dengan penampang 32,5 x 22,7 cm. Sedangkan bobot dari MacBook Air ini ada di kisaran 1,35 kg. Desainya sendiri khas dan cantik.
  4. Keyboard chiclet dan trackpad multi-touch. Salah satu yang menjadi daya tarik dari MacBook Air adalah keyboard yang memiliki jarak antar tombol (island-styles/chiclet keyboard) sehingga nyaman untuk dipakai mengetik. Papan ketik jenis ini memiliki banyak penggemar sehingga dipertahankan oleh MacBook Air.

    Trackpad pada MacBook Air ini juga nyaman untuk digunakan, walau belum menggunakan teknologi Retina Force Touch Trackpad seperti pada MacBook Pro, namun trackpad multi-touch pada laptop ini tetap berjalan mulus dan responsif saat dipakai.
Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa