Mengapa breadcrumb tetap bermasalah meskipun telah menggunakan standar schema org?

Ada yang salah saat memeriksa validitas melalui webmaster: Pada sisi Breadcrumbnya, disana ada peringatan:  'Skema data-vocabulary.org telah dihentikan.' Artinya template yang dipakai editblogtema tadinya menggunakan fitur breadcrumb dengan skema data-vocabulary yang sudah tidak di support oleh Google lagi. 

fitur breadcrumb data-vocalubary

Mau tidak mau saya harus kembali ke hlaman editor HTML blogger dan menghapus fitur breadcrumb lama yakni data-vocalubary.org tadi dengan fitur schema.org yang kini telah di jadikan standard. Google memang sering membunuh fitur fitur yang tadinya telah diperkenalkan dan di dukungnya sendiri.

Setelah fitur tersebut saya ganti dan perbaiki saya masih harus berkunjung ke halaman Webmaster Google untuk mem-validasinya. Untuk beberapa waktu saya berfikir persoalan akan terpecahkan. Tapi apa yang terjadi 3 hari kemudian saya mendapat notifikasi melalui gmail: Validation is failed! Oh apa salah dan dosaku? Sekali lagi saya periksa ke halaman webmaster Google.

TERNYATA GARA GARA HALAMAN BLOG SUBDOMAIN

Saya periksa halaman halaman yang bermasalah, saya mengenali postingan lama itu tapi kok tidak ada di blog ini? Sekali lagi saya teliti linknya mengarah kepada blog subdomain dari blog ini.....zzzz...saya baru sadar jika webmaster Google menganggap halaman subdomain itu walau dengan judul blog yang berbeda adalah sama dengan blog ini! Padahal saya menyangka itu telah menjadi halaman yang berbeda, bayangkan:

Blog ini beralamat dan berjudul: https://www.editblogtema.net.

Sedangakn blog tersebut beralamat dan berjudul: https://www.editblogtemplate.editblogtema.net

Panasaran saya uji ranking Alexanya kok sama? Padahal editblogtemplate hanya memiliki beberapa postingan, rugi dong domain induknya yang terus menurun drastis rankingnya gara gara kinerja subdomainnya. 

Kembali ke persoalann breadcrumb, jadi saya berasumsi pasti gara gara si 'subdomain' ini masih menggunakan fitur breadcrumb lama, akhirnya saya mengkopy habis template domain induk dan mempastekannya ke halaman HTML template subdomain. Hasilnya?

Benar, satu persatu halaman dengan pesan pada akhirnya berhasil di validasi.

Kembali ke persoalan
Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak