Begini sensasi berwisata di luar angkasa dunia


Wisata atau turisme selalu menarik perhatian para traveller atau turis di dunia ini. Tapi bagaimana jika suatu hari kelak manusia mampu melakukan perjalanan dan berkelana di ruang angkasa? Tentu cerita akan menjadi berbeda. Wisata hanya di kerak bumi adalah masalah kecil dan dapat dilakukan dalam sekejap mata karena teknologi transportasi sudah sedemikian majunya. Mari kita membayangkannya..

ilustrasi bumi dari angkasa luar

Ya teknologi trasportasilah yang menjadi kuncinya.

Dalam perhitungan tidak sampai satu dasawarsa lagi akan tumbuh dan berkembang bisnis baru: Travelling ke Keluar orbit bumi atau keluar angkasa. Keren, ini bisa menjadi solusi bagi simpang siur perdebatan flat earth. Flat earth adalah teori konsipirasi lama yang beberapa waktu sempat menjadi topik trending di youtube. Mereka mengira NASA badan Angkasa Luar Amerika telah membuat rekayasa tentang bentuk bumi bulat. Tentu saja NASA tidak pernah menanggapi hal hal yang mereka anggap tidak perlu ditanggapi. Mereka tentu saja lebih fokus kepada pekerjaan besar untuk membuat lompatan besar kemanusiaan dan demi masa depan dan keberadaan ras manusia di alam semesta.

Apapun alasannya bisnis tentu saja selalu menyertainya, Anda jangan keliru apapun yang Anda lakukan adalah "bisnis" kita terkadang terperangkap oleh topik yang panas namun sebenarnya biasa biasa saja. Penyimpangan selalu ada. Seorang ulama, pandeta dan rohaniawan bahkan mendaptakan uang ketika mereka melakukan tugasnya.

7 hal keren wisata di angkasa luar

Lupakan dulu pembahasannya, berdasarkan pengalaman dan keterangan sejumlah astronout berbagai negara jika kelak Anda memiliki uang untuk tour keluar angkasa maka Anda akan mengalami sensasi sensasi dibawah ini:

1. SENSASI KETIKA ROKET DENGAN KECEPATAN TINGGI MENDORONGMU

Pertama roket dilontarkan dengan kecepatan membuat Anda menempel dibangku, walaupun fungsi aerodinamis telah didesain secara matematis dan cermat untuk mengurangi sensasi tersebut terhadap reaksi tubuh manusia, namun dorongan tinggi mesin berkecepatan berkali kali lipat suara dan pengaruh gravitasi membuat Anda menahan nafas dibalik pakaian yang telah dirancang khusus. 

travelling dan bepergian menggunakan wahana angkasa

Itu keadaan masa kini hingga beberapa puluh tahun ke depan. Namun mungkin di masa depan hal ini dapat diatasi dengan rekayasa engineering teknologi yang lebih maju. Namun untuk masa sekarang jelas hal itu belum terjadi, jadi Anda mungkin masih harus melewati pengalaman ini.

Ketika roket atau pesawat ulang alik melewati atmosfir tubuh nda seolah menempel ketat di bangku penumpang Anda bukan hanya mendengar suara mesin akan tetapi juga merasakan tekanannya di telinga dan pada saat roket atau pesawat ulang alik melewati semua lapisan atmosfir terluar tiba tiba semua gelap dan hitam dan "pup" Anda merasa mesin pesawat tiba tiba mati, dan tubuh menjadi ringan pakaian kosmonot menjadi longgar hingga bulu kuduk terasa aneh dan merinding dan tidak terasa pakaian lagi di tubuh, Anda seperti kehilangan sensasi navigasi kesegala arah. 

Navigasi yang biasanya tersimpan dikepala seperti hilang. Tidak tahu lagi mana atas dan yang mana bawah, mana utara dan selatan, tidak tahu mana barat dan timur. Yang ada hanya bintang bintang dan Anda masih mengenalinya dan menjadi sensasi navigasi lain sebagai pengganti naluri navigasi pada saat berada di bumi.

Orang muslim yang akan melakukan solat harus bekerja keras mengatur waktu dan walaupun arah kiblat tidak terlalu dipusingkan karena yang kita sembah adalah pencipta semesta alam, masalah waktu tidak akan sesuai lagi dengan suasana gelap dan dinginnya ruang angkasa. Masalah waktu hanyalah masalah angka di jam digital. Itu belum lagi jika kelak manusia mampu menjelajahi tepian alam semesta yang jauh.

2. USIA ANDA LEBIH MUDA BERBANDING MEREKA YANG TINGGAL DI BUMI.

Einstein dengan menakjubkan telah menjabarkan sebuah rumus yang seolah menelanjangi hukum waktu terhadap waktu biologi tubuh manusia atau makhluk hidup lain pada saat mereka berada dalam kecepatan di angkasa luar.


manusia penghuni planet

Di bumi manusia berjalan bersama seluruh ritme waktunya, sedangkan diangkasa luar manusia terlepas dari ritme waktu bumi dan berada dalam kecepatan lebih tergantung jarak orbit terhadap bumi, semakin jauh orbit dari bumi maka akan semakin cepat sebuah setelit atau statsiun angkasa berputar mengelilingin orbitya. semakin kecil pengaruh waktu terhadap waktu biologi para astronot atau para wisatawan angkasa luar lainnya. Usia Anda menjadi lebih muda dibanding mereka yang tetap berada di bumi.

Perihal satelit golongan flat earth pernah menjadikannya sebagai dalil bumi datar, karena tidak pernah menangkap satelit melalui teropong, menurut mereka kalau membaca data dari jumlah satelit yang diklaim NASA sudah barang tentu banyak sekali satelit di angkasa dan oleh karena mereka tidak pernah menemukannya melalui teleskop, mereka mengklaim itu sebagai kebohongan.

Namun mereka lupa atau mengabaikan bahwa ukuran satelit itu sangat kecil jika dibanding objek angkasa, dan juga bergerak sangat cepat dan dalam jarak yang sangat jauh. Itulah sebabnya sulit mendeteksi sebuah setelit angkasa luar-selain ukurannya yang relatif kecil dibanding objek angkasa alami mereka juga bergerak sangat cepat tanpa bahan bakar, hanya memanfaatkan hukum fisika gerak.

3. TUBUH ANDA MENJADI LEBIH TINGGI BEBERAPA INCI DALAM SETAHUN.

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh tinggi? Bagi sebagian wanita pria bertubuh tinggi lebih menarik dan lebih terlihat gagah, bukan? Tapi tunggu dulu menjadi tinggi di angkasa luar itu beda lho.

tubuh astronot menjadi tinggi

Kontraksi otot dan tulang terjadi pada ketiadaan daya tarik bumi. Banyak ahli kesehatan menghawatirkan pengaruh buruknya terhadap astronot dan para calon wisatawan angkasa dimasa depan. Akan tetapi para astronot membantahnya. Mereka yang telah kembali kebumi setelah beberapa lama akan kembali pada ukuran tubuh normal mereka. Lagipula perubahan itu tergolong relatif kecil.

Di luar angkasa mereka diberikan jadwal olahraga untuk tetap menjaga otot tidak berubah terhadap ketiadaan gravitasi. Sensasi gravitasi mereka buat dengan terus berputar dan menempelkan tubuh ke dinding kapal angkasa atau dinding ruang di stasiun angkasa. Di harapkan teknologi akan menemukan cara rekayasa engineering untuk menciptakan gravitasi buatan di stasiun angkasa masa depan. Pihak pemerintah cina dan juga India kabarnya telah mengalokasikan dana untuk riset ini sehingga kelak para wisatawan akan tetap merasakan sensasi gravitasi seperti layaknya pada saat mereka berada di bumi.

4. SAMPAI SATU DASARWARSA NANTI WISATAWAN MASIH BELUM MENJELAJAH ANTAR PLANET

Sekarang memanglah masih terbatas wisata 'keluar' orbit bumi. Jadi belum berkunjung ke antar planet. Walaupun telah ada beberapa perusahaan perjalanan angkasa sedang memulai projek perjalanan ke mars dan ke bulan, namun wisata angkasa yang paling umum dalam satu dasawarsa ke depan masih hanya akan terjadi disekitar orbit bumi untuk mempertimbangkan keselamatan dan keamanannya, jika terjadi sesuatu dengan cepat roket dapat di"tembakan" kembali ke dalam atmosfir bumi. 



Memang, suatu hari manusia berambisi membuat kapal angkasa sebesar bahtera Nuh yang dapat bergerak dengan kecepatan cahaya, namun lagi lagi terbentur dengan hukum relativitasnya Einstein: "Semakin cepat objek bergerak, semakin besar energi yang diperlukan" kelipatan dari perkalian rumus mc2 masih terlalu jauh dapat dicapai oleh rekayasa teknologi masa sekarang.

Bergerak di luar angkasa lebih sederhana daripada bergerak di dalam atmosfir bumi yang memiliki hambatan gravitasi dan udara. Namun kecepatan cahaya akan membutuhkan energi tambahan untuk mendorong agar objek bergerak melebihi start hukum fisikanya. Dan energi itulah yang terdapat dalam hitungan matimatika teori relativitas dan teori kuantum masa kini. Tidak ada yang gratis dalam setiap perpindahan dari koordinat satu ke koordinat lain. Ada harga yang mahal harus dibayar: yakni kelipatan Energi yang sangat besar jumlahnya.

5. LUAR ANGKASA YANG BERAROMA DAGING BAKAR ATAU STEAK.

Ya ini bukan hoax, para astronot mengakuinya bau itu mungkin berasal dari bintang bintang yang telah mati milyaran tahun silam. Aroma itu sesungguhnya mirip bakaran besi, sisa solar dan berbeque. Lagi pula kebiasaan kita menghidu aroma di bumi tidak kita dapatkan di dalam kabin angkasa, maka bau alam semestalah yang akan tercium dan sebagai akibat dari reaksi kimia oleh indera penciuman para angkasawan dan wisatawan angkasa.

ruang angkasa berbau steak

6. MELIHAT BOLA BUMI YANG BIRU DARI LUAR ANGKASA

Pada ketinggian 249,5 KM bulatan bumi sudah terlihat bulatannya, sedikit biru dan gelap mungkin tidak terlalu biru seperti pada gambar gambar image angkasa pada umumnya. Namun hal itulah kelak yang diharapkan dapat menjembatani perbedaan pandangan manusia tentang dunia kita.

Ketika wisata angkasa telah menjadi kenyataan dalam waktu tidak lama lagi, banyak manusia yang akan memijakan kaki di stasiun stasiun angkasa lepas milik Cina yang akan di buka. Bahkan beberapa negara sudah mulai berlomba lomba melakukannya yakni membuka stasiun angkasa luar mereka untuk tujuan wisata bagi penduduk bumi yang ingin melihat bumi dari orbit yang jauh. Rusia bahkan berambisi membuat perjalanan ke ruang angkasa sebagai kegiatan wisata yang murah di masa depan.

indahnya bumi dari kejauhan ruang waktu

Yang paling terkemuka adalah perusahaan asal Amerika Tesla-nya Elon Musk yang memiliki ambisi membuat perjalanan ruang angkasa luar menjadi murah dan menjadikannya biasa biasa saja dalam sepuluh tahun kedepan - benar benar patut kita apresiasi. Bahkan dia melakukan riset yang terus menerus dan berkesinambungan agar kelak manusia dapat menikmati perjalanan hingga ke planet Mars.

7. KEBIASAAN TIDUR MENDENGKUR HILANG

Tidak jelas apa hubungannya ketiadaan daya tarik gravitasi dengan kebiasaan mendengkur, namun para astronout menduga ada hubungannya. Tidak ada orang yang bisa mendengkur pada saat tidur diruang angkasa, baik didalam stasion, atau wahana apapun. Mereka tidur menempel pada tempat tidur di dinding pesawat dan para awak yang memiliki kebiasaan mendengkur jika tidur di permukaan bumi tidak akan pernah mendengkur lagi walaupun selama bertahun berada diluar angkasa.

Kemungkinan yang masuk akal adalah tidak ada lubang pernafasan yang tertutup atau tersumbat atau tertindih di kerongkongan karena tidak ada daya tarik tadi.

tidur tanpa mendengkur

Akan tetapi terkait dengan ketiadaan daya tarik gravitasi ini para peneliti telah mulai membuat rekayasa dengan meniru gaya tarik medan bumi dan akan di aplikasikan pada wahana wahana angkasa luar dalam waktu dekat.

Saya hanya membayangkan suatu hari tidak ada lagi kontroversi bumi datar yakni pada saat wisata ke luar bumi telah menjadi lumrah seperti halnya wisata ke Eropa dan ke Bali. Dan bisa saja bumi akan menjadi hanyalah sebuah kampung kecil yang sempit dalam pandangan rasa keingin tahuan manusia akan posisinya di alam semesta. Perasaan yang membuat kita terpencil, kesepian dalam haus naluri berpetualang.....Rasanya kita tidak akan menunggu terlalu lama lagi.

Batam, 7 Jul 2018 sumber: adedansasa.com

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak