Cara seting mobile template blogger untuk SEO

DUA MODEL TEMPLATE BLOGGER MENURUT VERSINYA. 
Template blog yang sering di pakai sekarang itu terdiri dari dua model varian lho, teman teman. Ada model lama dengan ciri ciri layout versi kedua. Dan ada model baru dengan ciri ciri layout versi ketiga. 

cara seting mobile

Template template model lama dengan versi layout 2 adalah:
  1. Sederhana
  2. Dinamis
  3. Jendela Gambar
  4. Awesome (PT. Keren Sekali)
  5. Tanda Air (Watermark)
  6. Kelembutan (Ethereal)
  7. Perjalanan (Travel)
Setiap template masing masing memiliki 4 hingga 5 yang kadang hanya dibedakan oleh warna dan latar tema.
Ciri cirinya di dalam HTML tertulis sebagai dalam xml sebagai berikut:
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html b:version='2' class='v2' expr:dir='data:blog.languageDirection' expr:lang='data:blog.locale' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
Sedangkan template template bawaan terbaru maupun premium buatan pihak ketiga yang sudah menerapkan layout blogger versi terbaru semuanya telah menerapkan layout versi ke 3.

Template template tersebut adalah:
  1. Contempo
  2. Emporio
  3. Soho
  4. Notable
Masing masing model template memiliki 4-5 varian yang dibedakan dari warna temanya. Dan ciri cirinya di dalam HTML/XML halaman editor HTML Blogger adalah sebagai berikut:
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html b:css='false' b:defaultwidgetversion='2' b:layoutsVersion='3' b:responsive='true' b:templateUrl='rockpool.xml' b:templateVersion='1.3.0' expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
Disamping itu tidak seperti varian varian lama, 4 varian utama terbaru template blogger ini juga menganut aliran gaya desain yang jelas, contohnya:
  1. Contempo beraliran Indie di tandai dengan script: <b:template-script async='true' name='indie' version='1.0.0'/>
  2. Emporio beraliran veaga di tandai dengan script: <b:template-script async='true' name='vegeclub' version='1.0.0'/>
  3. SOHO beraliran Fancy ditandai dengan script: <b:template-script async='true' name='fancy' version='1.0.0'/>
  4. Notable beraliran Rockpool di tandai dengan script:  <b:template-script async='true' name='rockpool' version='1.0.0'/>

TEMPLATE PREMIUM YANG MASIH MENERAPKAN LAYOUT VERSI KEDUA

Saya memeriksa template viomagz melalui inspect halaman hingga versi ke 3 masih menerapkan template dengan layout versi kedua yang telah di modifikasi menjadi responsif dan mobile, dapat terlihat jelas dari HTML/XMLnya:
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html b:css='false' b:responsive='true' b:version='2' class='v2' expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>

Ciri ciri yang kuat seperti template Blogger default 'sederhana'. Namun tampaknya karena Mas Sugeng telah membuat struktur yang samasekali berbeda, template ini dapat diterima sebagai template dengan struktur paling simpel dan paling masuk akal untuk menjadi populer: Sederhana.

Template template dengan ciri ciri layout versi ke 3 telah di buat oleh bung Frenky, Igniel dan Kompi Ajaib. Kita juga dapat memilih template template default Blogger terbaru dan melakukan kustomisasi tampilannya untuk dipergunakan buat blogging. Template template yang saya pergunakan sendiri (editblogtema) karena berbasis template bawaan (default) Blogger model terbaru sudah menerapkan 
versi layout ke 3. Misalnya saya menyukai Notable.

Cara setting mobile template lama

  1. Setting Mobile template lama
  2. Masuk kepengaturan blogger
  3. Pilih Tema
  4. Klik mata panah menghadap kebawah sebelah kanan 'SESUAIKAN' 
    setting template blogger

  5. Setelah muncul menu dropdown ke bawah, pilih 'Setelan Seluler'
  6. Klik Mobile > Lalu klik panah menghadap kebawah> Pilih Custom.
Save Template.

Cara diatas dapat di terapkan ke template viomagz karena ia berbasis template model lama dan strukturnya telah di kusomisasi  menjadi responsif dan mobile friendly.

Cara setting mobile template blogger versi terbaru

Nah untuk varian template template Blogger terbaru cara settingnya lebih simple: cukup masuk kepengaturan Blogger dengan cara seperti yang telah kita jelaskan untuk template versi lama (layout 2). Cukup pilih setelah seluler dan klik atau pilih 'DESKTOP' saja karena tampilannya akan lebih mendukung pengoptimalan SEO dengan cara demikian: Perhatikan gambar:

Save template.

Mengapa berbeda cara setting?

Berdasarkan prioritas Google yang mengutamakan halaman mobile dibanding desktop, maka dibuatlah 4 varian template baru yang responsif dan mobile yang lagi lagi berbeda dari varian varian sebelum nya, template template seperti contempo, soho
 Emporio dan notable ini di dominasi oleh pengaturan CSS.

Nah karena template lama secara default tidak  mengutamakan halaman mobile sebaliknya hanya pas buat layar dekstop dan laptop, (sesuai dengan kebutuhan zaman itu) dibuat pengaturan setting mobile seperti yang kita sudah kita jelaskan pada bagian pengaturan seting mobile template lama, kita harus memilih pengaturan mobile, dan jika template telah di kustom, pilihan lanjut adalah memilih menu 'custom'.

Akan tetapi sebaliknya pada template terbaru setting tersebut tidak diperlukan namun namun saya pribadi lebih suka memilih mencentang pilihan Pilih tampilan Desktop pada tampilan mobile. 

Alasan mengapa Google tidak mematikan fitur pengatutan mobile pada dasbor pengaturan Blogger adalah karena template model lama masih membutuhkannya. Saya beharap Blogger sama seperti Wordpress dalam ketersediaan template templatenya. Di wordpress orang dapat memilih template template gratis dari yang HTML klasik hingga template dengan plugin AMP (Accelaration Mobile Page)


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak