Cara mengukur kecepatan halaman Blog dengan tool GTMetrix untuk SEO

GTMetrix adalah salah satu tool terbaik pada saat ini untuk mengukur kecepatan loading template blog, dan tentu saja ia sangat berguna sebagai tool penguji sekaligus untuk meningkatkan SEO halaman website atau blogger. 
kecepatan halaman

Karena kecepatan adalah faktor SEO blogging modern

Ya karena tidak dapat dipungkiri lagi kecepatan adalah faktor utama SEO blogging modern, mau tahu mengapa hal itu bukan omong kosong? Kita harus melihat jauh kedepan ada rencana besar yang sudah terlihat tanda tandanya: Halaman akan di penuhi oleh gambar dengan detail yang tinggi, dipenuhi juga oleh animasi dan konten video. 

Bahkan di Google site telah di singgung pentingnya short story dengan konten gambar, animasi dan video singkat dan setiap konten akan mendapatkan bayaran hanya dari menulis dari Google! Bukan seperti kita yang masih blogging sampai pada saat ini dan baru mendapatkan recehan setelah menunggu hasil adsense. Halaman tersebut harus kanonik dan kebanyakan berbasis AMP.

Mau tahu lagi mengapa itu penting? Karena jika dibandingkan dengan blogging konvensional yang kita lakukan sekarang, konten konten tersebut sangat dinamis, sangat cepat, sangat modern dan sangat atraktif. Lebih jauh silahkan cari di Google perihal short story dengan syarat syaratnya yang hanya dapat dilakukan oleh pembuat konten tulisan singkat berikut gambar dan video bernilai tinggi. 

Akan tetapi baiklah mari kita membahas topik kecepatan halaman blog agar kita dapat bersaing di halaman mesin penelusur. Dan kita harus memahami pradigma blogging klasik sudah usang dan akan segera di abaikan oleh mesin pencari. Google sendiri lho yang mengeluarkan statemen itu.

Cara menggunakan GTmetrix untuk SEO blog

Cara menggunakannya juga sederhana sekali, cukup masuk ke halaman GTMetrix dengan mengetikannya di halaman pencarian Google atau melalui LINK INI

Jika sudah masuk ketikan atau copy alamat URL link blog kalian ke kolom url perhatikan gambar:
kolom url GTMetrix

Klik Analyze, maka kita akan melihat skor kecepatan blog kita dan di sertai oleh daftar bagian bagian dan elemen blog mana yang harus di tingkatkan. Bukan hanya sekedar daftar, Tool juga menyertakan saran perbaikan dan peningkatan.

Namun untuk mengetahui dengan pasti seberapa cepat sebenarnya template blog yang sedang kita pergunakan kita harus mencari perbandingannya, dan disinilah letak seninya, kita tidak dapat mengklaim sebagai cepat, tercepat dan paling cepat jika kita tidak membandingkannya dengan blog teman teman. Masukan alamat blog mereka dengan mengklik tombol 'compare' perbandingan ini dapat dilakukan terhadap beberapa alamat url blog sekaligus.
gambar hasil pengujian
Setelah mengklik tombol 'compare' akan muncul sidebar dengan kolom url dimana kita harus mengetikan atau mengkopy-pastekan URL halaman blog salah satu teman kita:
kolom url pembanding
Setelah mengklik tombol 'compare' dan memasukan URL halaman blog teman tadi kita akan melihat hasilnya apa saja kelebihan kita dan apa saja kekurangan kita dalam beragam perbandingan elemen elemen yang di uji oleh GTMetrix skornya. Contoh perbandingan skor kecepatan template blog editblogtema dengan halaman blog 'lain' adalah sebagai berikut:
tampilan perbandingan kecepatan

Merah berarti kalah. Namun terkadang tidak semua bagian bisa menang, dan selisih skornya juga turut menentukan apakah perbaikan sulit atau lebih mudah dilakukan.

Sederhana bukan? GTMetrix memang terkenal user friendly. 

Manfaatnya bagi Kalian:

  1. Untuk mengetahui kecepatan loading template yang sedang dipergunakan buat blogging sekarang. Kecepatan adalah nomor satu setelah halaman blog memiliki konten. Kecepatan dapat dengan efektif mengurangi efek pentalan (bounching effect) 
  2. Untuk membandingkan kecepatan halaman blog kita dengan blog orang lain dengan cara ini kita akan melihat kelebihan dan kekurangan halaman kita dan mencari cara untuk memperbaikinya.
  3. Memperbaiki kecepatan halaman blog. karena GTMetrix memberikan saran berikut daftar bagian dari blog yang perlu ditingkatkan dan bagaimana cara meningkatkannya. Misalnya bagaimana mengoptimalkan gambar, Javascript, dan mengkompres CSS. Inilah rahasia membuat template SEO pada masa kini.
  4. Agar blog jadi lebih SEO
Saya tidak sedang memprovokasi Kalian untuk mencapai kecepatan 100% walaupun itu bisa dilakukan, cukup kecepatan yang rasional saja, yang membuat pengguna mudah mengakses halaman dan tidak membuat mereka kesulitan berkunjung akibat terpental berkali kali. Akuilah kecepatan itu penting untuk menghindarkan frustasi dan marah pengunjung.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Yuhuuu aku menang, thumbnail di blogku itu yang bikin jadi berat, 128px, kalau di set 64px jauh lebih ringan tapi jadi buram 😆

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak