APAKAH AMAN MEMBELI JASA BACKLINK ITU?

1. Backlink

Masih terjadi hingga kini, umumnya orang beranggapan Backlink adalah salah satu fondasi SEO yang sangat penting, ia memang memainkan peranan penting dan  berpengaruh besar pada SEO. Mesin mesin pencari seperti Google, yahoo dll seolah menjadikannya sebagai patokan untuk menentukan terpercaya atau tidaknya suatu halaman web/blog. Ia dianggap memberikan kesempatan besar agar halaman Anda mendapatkan ranking dan tingkatan kepercayaan yang tinggi.

Karena berbagai alasan akhirnya banyak pelaku web komersial memperjual-belikan backlink.

Dan ternyata banyak juga blogger personal yang melakukakannya (membeli backlink) dengan berbagai alasan, contohnya:
  • Menghemat waktu. Bagaimanapun membangun link building itu - baik dengan taktik topi hitam atau topi putih - sangat memakan waktu lama, karena: Harus membuat konten berkualitas dan SEO friendly, harus menulis sendiri ?atau menyewa jasa penulis, dll. Membeli adalah jalan pintasnya.
  • Dengan membeli hasilnya cepat dan instan: DA dan PA bisa tiba tiba jadi tinggi, ini penting agar halaman blog terlihat lebih meyakinkan. 
  • Itu memang diperjual belikan oleh pelaku bisnis Jasa Backlink dan memang bekerja secara semu karena mengikuti prosedur cara kerja mesin pencari.
Tapi...ingat baik baik, sesungguhnya itu berbahaya karena membeli backlinks adalah melanggar panduan Webmaster Google, tidak perduli meskipun halaman blog Anda adalah hanya sebagai halaman privat, personal atau apalagi jika di tujukan buat bisnis komersial. Jika karena suatu hal halaman blog Anda 'tertangkap' atau karena suatu hal di permasalahkan, maka ia bisa menjadi bencana.


Backlink yang baik itu didapatkan secara alami melalui tahapan tahapan blogging yang bersih dan berkualitas. Tidak melui istilah blackhat atau whitehat.

Memang tidak semudah membalikan telapak tangan atau mengambil jalan pintas, paling tidak kita harus mencoba..

2. Domain Authority, Page Authority dan kaitannya dengan Backlinks.

Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) sesungguhnya tidak dijadikan standar oleh Google atau oleh mesin pencari lainnya dan faktanya itu samasekali bukan faktor aktual untuk SEO. Ia di ciptakan oleh MOZ sebagai indikator kesukesan domain Anda. Seringkali di diskusikan seolah olah DA maupun PA adalah sebuah matriks milik Google. Anggapan ini tentu saja salah besar.

ilustrasi google matrix

Ia juga diperjual belikan karena banyak pelaku bisnis mempercayainya. Contohnya saja jika ada perusahaan yang ingin menggunakan halaman blog Anda untuk digunakan sebagai media mempromosikan produk mereka, para marketing mereka akan menilai sebuah halaman blog dari tinggi dan rendahnya DA dan PA sebuah blog. Dalam hal ini harus di akui, MOZ memang telah sukses membuat tool online matrix pemeringkatan mereka.

Tinggi dan rendahnya skor DA dan PA juga berkaitan dengan jumlah backlink yang relevan dan juga harus berkualitas di dalam halaman blog Anda karena dengan memiliki profile backlink yang sehat dan berkualitas Anda dapat mempengaruhi dan meningkatkan ranking halaman ke tataran tinggi di dalam SERPS. Itu alasan mengapa orang membeli atau menggunakan jasa meningkatkan DA dan PA. Membeli dalam artian kata bisa saja dengan cara bertukaran (barter) link, mendapatkan link gratis yang berkualitas atau segala hal yang tidak kita lakukan dengan cara alami

Membeli DA dan PA selain tujuan komersial bisa saja buang buang uang, karena DA yang tinggi juga tidak mencerminkan segalanya, misalnya DA dengan skor tinggi oleh MOZ ternyata bisa rendah oleh skornya oleh parameter semrush, misalnya pada MOZ skor DA editblogtema hanya 10, namun entah bagaimana domain authority semrush memberikan skor 19. Sebaliknya salah satu halaman blog kami mendapatkan DA dengan skor 50 namun semrush menilainya hanya 14. Ambigu bukan?

Yang jelas matrix tersebut bukan standar Google, kita tidak harus memikirkannya berlebih lebihan. Boleh percaya banyak sekali konten editblogtema yang secara meyakinkan berada di tempat yang tinggi di dalam SERPS padahal DA dan PAnya rendah pada matrix MOZ. Entahlah saya sendiri kurang tertarik dengan paramater di luar Google.

Namun menurut para suhu blogger umumnya mereka sepakat cara meningkatkan domain authority adalah:
  • Buatlah halaman blog yang mobile friendly (wajib di zaman blogging modern)
  • Tingkatkan kecepatan halaman blog.
  • Konsisten pada niche tampilan (jangan seperti editblogtema ya...tampak tidak konsisten gonta ganti template melulu :D)
  • Membuat konten yang berkalitas, sangat dianjurkan karena akan mendatangkan pengunjung yang berkualitas pula.
  • Berbagi dan membuat strategi di media sosial, sangat membantu meningkatkan trafik.
  • Mengelola link di dalam halaman Anda secara keseluruhan.
  • Membangun branding sehingga mana tahu halaman blog jadi ikonik, salah satunya melalui ikon atau merek halaman kita.
  • Menjalin relasi dengan bisnis atau kegiatan terkait target halaman blog.
  • Meningkatkan SEO off page dan SEO on Page halaman blog.
Sedangkan matrix pemeringkatan Google itu sendiri bagi saya masihlah suatu misteri..

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Komentar

  1. Menurutku memang buang buang uang saja kalo beli backlink karena yang penting itu konten berkualitas. Cuma memang membuat konten berkualitas tidak mudah.

    Tapi jika backlink atau DA PA nya banyak cukup senang juga sih. Senang melihatnya biarpun tidak terlalu berpengaruh dalam pemeringkatan google

    BalasHapus
  2. Benar, John Mu (ahli webside sisi Google) telah menegaskannya

    BalasHapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE