Android Google Play memiliki tool scanning untuk melindungi penggunanya dari serangan virus adware

AvatarOleh:
Maraknya aplikasi yang di tumpangi oleh virus terutama adware membuat Google melengkapi Google Play atau Store aplikasi Android dengan tool pengaman dalam bentuk pemindai (scanning) langsung melalui perangkat Android. Kalian bisa mengaktifkan notifiksi play Store atau Google play melalui pengaturan atau biarkan perangkat (hape atau tablet Android) memilih pengaturannya secara default (bawaan perangkat).

Kebetulan karena blogging melalui perangkat Mobile Android (hape dan Tablet) Saya melihat ada notifikasi di bagian atas layar dan setelah saya periksa ternyata pemindai keamanan. Karena saya menggunakan tablet dengan posisi landscape tampilannya sebagai berikut:

tool pemindai virus aplikasi android bawaan perangkat

Perhatikan pada pojok atas kiri layar ada tombol 'scan' jika kalian ingin men'scan' ulang tekan tombol tersebut. 

Play protect ini sangat berguna karena kita kadang tidak tahu apakah sebuah aplikasi aman di donwload dan dipergunakan apa tidak. Berikut aplikasi aplikasi berbahaya yang telah terdeteksi dan mungkin telah di keluarkan dari Google Play dan kalau masih ketemu jangan dipasang ke perangkat Android kalian ya...
  1. Auto Picture Cut: 100,000+ pemasangan
  2. Color Call Flash: 50,000+ pemasangan
  3. Square Photo Blur: 500,000+ pemasangan
  4. Square Blur Photo: 500,000+ pemasangan
  5. Magic Call Flash: 50,000+ pemasangan
  6. Easy Blur: 100,000+ pemasangan
  7. Image Blur: 100,000+ pemasangan
  8. Auto Photo Blur: 100,000+ pemasangan
  9. Photo Blur: 500,000+ pemasangan
  10. Photo Blur Master: 100,000+ pemasangan
  11. Super Call Screen: 100,000+ pemasangan
  12. Square Blur Master: 100,000+ pemasangan
  13. Square Blur: 50,000+ pemasangan
  14. Smart Blur Photo: 500,000+ pemasangan
  15. Smart Photo Blur: 500,000+ pemasangan
  16. Super Call Flash: 100,000+ pemasangan
  17. Smart Call Flash: 50,000+ pemasangan
  18. Blur Photo Editor: 5,000+ pemasangan
  19. Blur Image: 10,000+ pemasangan 
Aplikasi aplikasi tersebut di atas mengandung adware yang mampu mengambil alih perangkat hape kalian dan mengisinya dengan iklan iklan liar yang tentunya sangat mengganggu.

Cara kerja Adware (perangkat lunak yang berisi program iklan) itu adalah mereka mampu mengambil alih saat perangkat smartphone dibuka kuncinya atau sedang mengisi daya.

Selain itu adware itu memiliki kemampuan meluncurkan serangannya tidak perduli pada saat aplikasi di hape kalian terbuka ataupun tidak.

Beberapa aplikasi berbahaya bahkan dapat bersembunyi dari pengguna dengan menghilang saat mereka diunduh. Berbahaya sekali gukan? Bukan hanya berbahaya tapi juga sangat mengganggu dan menjengkelkan sekali.

Apakah perangkat kalian memiliki alat pemindai bawaan perangkat ini? Kebetulan saya sedang menggunakan tablet Samsung keluarga 'S'. Seharusnya ada jika ingin menemukannya cukup buka Google Play store, sekali lagi saya memberikan contoh melalui perangkat tablet dengan posisi landscape begini:

Google Play Store

Perhatikan menu hamburger yang di tandai bulatan kecil warna merah klik dan akan muncul menu sidebar seperti berikut:

tool menu perlindungan Google Play

Nah pada sidebar yang muncul kalian dapat melihat menu 'Play Protect' dimana jika itu di klik akan muncul tool pemindai virus adware dan virus lainnya sehingga kalian dapat memutuskan untuk men'uninstall' suatu aplikasi yang terlanjur di pasang.

Tampilannya pada hape:

tampilan tool pemindai virus pada hape oppo

Tampilan pada hape di atas adalah screenshoot layar ponsel oppo, artinya fitur pemindai ini memang telah dipasang satu paket dengan Google Play sehingga kita dapat memanfaatkannya pada perangkat Android manapun asalkan memiliki fitur Google Play Store.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Adel

Adelina Sofyan

contributor hanya bisa menulis artikel pendek

Belum ada Komentar untuk "Android Google Play memiliki tool scanning untuk melindungi penggunanya dari serangan virus adware"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel