EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

Ada lho negara negara yang di blokir oleh Google dari skor web vitals

AvatarOleh:
Bayangkan, ketika Core web vitals telah menjadi metrik yang sangat penting di dalam skor webmaster, tiba tiba kita mendengar berita baik sekaligus buruk yakni: Google telah memutuskan untuk memblokir negara negara dengan internet lambat. Pertanyaannya, apakah Indonesia termasuk?

Di kutip dari Tempo: Kecepatan koneksi Internet rata-rata Indonesia nyaris terendah dibandingkan dengan lebih dari 40 negara lainnya. 

Berdasarkan riset yang dirilis Hootsuite, pada Januari 2020, kecepatan Internet Indonesia rata-rata hanya 20,1 Mbps atau jauh di bawah rata-rata dunia (worldwide) yang mencapai 73,6 Mbps.

Data Web Inti

Martin Splitt, dalam video di sela sela Jam Kerja SEO JavaScript, menjawab pertanyaan tentang seluk beluk meningkatkan skor Core Web Vitals dengan memblokir negara dengan internet lambat tersebut. 

Idenya adalah bahwa memblokir pengunjung situs tersebut berguna untuk menghindarkan Google memasukkan metrik Core Web vitals yang lambat agar tidak digunakan untuk menghitung skor akhir. Dengan kata lain inti daripada Web vital itu sendiri adalah kecepatan loading dimana di samping menggunakan halaman fast loading kecepatan bandwith internet tetap mutlak sangat menentukan. 

Lalu jika demikian bagaimana mungkin skor kecepatan lambat masuk ke dalam skor metrik Web Vitals?

Core Web Vitals adalah sekumpulan metrik dari pengalaman pengguna halaman yang akan menjadi faktor pemeringkatan halaman web (termasuk blogger) pada tahun 2021. Ada dua jenis skor Core Web Vitals: 
  1. Metrik lapangan 
  2. dan Pengukuran Lab.
Anda bisa mengukur kecepatan halaman melalui Pagespeed untuk melihatnya.

Metrik lapangan adalah skor aktual yang diperoleh dari pengunjung situs. Data lab adalah skor yang dihasilkan dari kunjungan simulasi melalui berbagai alat yang ditawarkan oleh Google.

Tujuan pengukuran Lab adalah memberikan cara kepada penayang dan SEO untuk menguji dan mendiagnosis kinerja situs untuk mengidentifikasi area area yang diberi peningkatan atau mendapatkan peningkatan.

Tujuan metrik lapangan adalah untuk memberikan umpan balik dunia nyata yang sebenarnya. Ada banyak metrik dan tool analitik yang menawarkan Core Web Vitals sebagai fitur. Namun yang terpenting, Google menggunakan toolnya sendiri untuk menghasilkan dan menampilkan skor yang akan digunakan untuk tujuan pemeringkatan.

web core vitals

Pertanyaannya adalah bagaimana caranya mencegah penurunan skor Core Web Vitals ?

Idenya adalah jika Google menggunakan data lapangan dunia nyata, maka bukankah pengunjung situs yang menggunakan sambungan Internet lambat akan mendistorsi skor Core Web Vitals secara negatif, sehingga memengaruhi peringkat situs.

Beberapa negara memiliki koneksi Internet yang lambat, jadi orang yang mengajukan pertanyaan ingin memblokir pengguna tersebut untuk mendapatkan skor Web Vitals sehingga hanya pengunjung dengan koneksi Internet cepat yang berkontribusi pada skor akhir yang bagus pada tahun 2021 ini.

MEREKA AKAN MENGGUNAKAN VIRTUAL VPN

Namun contoh dampak yang paling tidak bagus memblokir pengguna dari negara negara internet lambat alias lelet adalah akan memicu mereka menggunakan jaringan dengan virtual vpn sehingga antara kenyataan aktual dan tindakannya berbenturan tajam.

Core Web Vitals penting apalagi ia bermanfaat menjadi faktor pemeringkat.  Namun sangat penting untuk melakukan bagian itu dengan benar.

Namun jangan mengambil langkah ekstra untuk mencoba memanipulasi skor karena hal itu dapat menjadi bumerang, baik dengan mengubah perilaku pengguna untuk membuat skor yang lebih buruk untuk situs Anda atau memasukkan lapisan kerumitan yang tidak perlu yang dapat memengaruhi peringkat dengan cara yang sangat berbeda.

Ada banyak skor peringkat yang juga sangat penting selain Core Web Vitals.  Faktor peringkat yang ini misalnya, terkait dengan popularitas situs dan relevansi konten dengan kueri penelusuran.

Itu tidak berarti faktor faktor tersebut menjadi lebih penting daripada Web Vitals, karena Web Vitals secara tidak langsung dapat berkontribusi dan memberikan sinyal popularitas yang lebih baik dan juga supaya halaman blog mendapatkan lebih banyak konversi dan klik iklan.

Dan mengabaikan kecepatan? Jangan lakukan! Karena Google telah berjanji akan menerapkan beberapa hal terkait dengan hal tersebut, diantarandya: 
  • Halaman blog harus cepat loading
  • Halaman blog harus mobile
  • Halaman blog harus terstruktur dengan baik
  • DST.
Dan asal ingat saja,  meskipun blog di bangun dengan halaman AMP kalau internet di Indonesia lelet,  ya gak dapat dong skor bagian Core Web Vitalnya. Jangan jangan halaman kanoniknya tidak bisa ditentukan pula.... 


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
Annisa

Anissa Auliasari

hanya mendesain template blogger sederhana
Ada lho negara negara yang di blokir oleh Google dari skor web vitals

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar:

kembali ke atas