Papan ketik bluetooth gaya retro hidupkan kenangan mengetik zaman old

Terkadang hidup adalah seni tergantung pilosofinya sih. Diantara asesories dan gagdet penting yang dapat membuat orang menjadi penulis produktif pada masa kini terdapat papan ketik bluetooth berbentuk retro, mirip mesin ketik kakek nenek kita di zaman dulu. Seni banget loh.

papan ketik gaya retro

Papan ketik nirkabel atau bluetooth wireless keyboard ini sudah umum kita temukan dan dipergunakan buat membantu para penulis melakukan pengetikan huruf demi huruf ke layar smartphone dan tablet. Yang unik itu adalah bentuknya yang retro alias klasik mesin ketik zaman old yang telah lampau.

Astaga ternyata benda itu mampu membuat saya terpikat, karena tombol tombolnya dibuat mekanis bukan elektris seperti kebanyakan keyboard wireless biasa, artinya mengetik terasa alami seperti pada zaman Johannes Guntenberg pada masa penemuan mesin tik namun dengan cita rasa teknologi modern. 

1. Apa itu papan ketik bluetooth mekanikal?

Nah disini kita akan mengetahui bedanya papan ketik membran dan papan ketik mekanikal. Karena perkembangan teknologi papan ketik hingga saat ini masih hanya dua tipe: Papan ketik membran dan papan ketik mekanikal. Teknologinya lambat berkembang ya.

Papan ketik mekanikal sampai saat ini memang masih menjadi pilihan para professional, gamer hingga peminat komputer. Papan ketik mekanikal memang terasa keras saat di sentuh namun terasa mantap dan alami, menggunakannya jarang terjadi kesalahan penulisan. Mau tahu kelebihannya?
  1. Tahan lama. Biasanya tuts papa ketik mekanikal itu kombinasi plastik dan logam. Mungkin lapisan luarnya plastik, namun komponen elektrik di dalamnya logam.
  2. Mengetik mantap, karena beratnya mantap sehingga sangat di sukai oleh para gamers.
  3. Lebih akurat dan mengurangi kesalahan atau RSI. Keyboard atau papan ketik mekanis ini dapat mengurangi kesalah pada saat melakukan pengetikan yang panjang dan banyak, mereka menyebutnya RSI (Repetitive Strain Injury).
  4. Anti ghosting. Yakni kesalahan pada saat menekan tombol secara bersamaan objek yang diperintah tidak muncul di layar. Pada papan ketik membran sirkuit elektriknya terlalu sederhana dan saling terhubung shingga bersiko menimbulkan error. Sedangkan tuts pada papan ketik mekanikal di buat individual. 
2. Dan apa pula papan ketik bluetooth Membran?

Nah papan ketik membran terdiri dari tiga lapisan, biasanya lapis pertama terbuat dari plastik atau logam. Di bagian bawahnya ada lapisan silikon sebagai alat membrannya dan di bawah silikon ada lapisan granit. 

Fungsi membran itu adalah untuk menghantar sinyal ketukan elektrik kelapisan sirkuit di bagian paling bawahnya.

Kelebihannya:
  1. Suara ketikan lembut
  2. Lebih ringan
Namun perlahan teknologi membran juga terus berkembang, misalnya mereka tampak dapat mengatasi tombol yang kadang tidak dapat di pencet sekaligus melalui penyempurnaan teknologi perangkat keras dan perangkat lunaknya sehingga pengetikan juga terasa lebih alami.

3. Apakah Keyboard bluetooth retro itu?

Mengetik dengan keyboard bluetooth retro

Nah ini dia uniknya. Jika biasanya tombol-tombol papan ketik berbentuk kotak, mereka mengubahnya menjadi bulat. Sisinya dibuat tidak terlalu menonjol. Pada bagian tengah dibuat lekukan agar pas dengan jari kita. 

Sensasi menulis dengan papan ketik ini jika di hubungkan (dipairingkan) ke Hape dan Tablet sangatlah sensasional, serasa kembali ke zaman ke emasan kakek nenek namun dengan sentuhan teknologi modern.

Ada produk unggulan dengan nama lofree yang memproduksi papan ketik bluetooth gaya retro ini. Karena lofree mengusung tombol mekanik pada keyboard buatan mereka.

Kesimpulan:

Meskipun apa bentuknya teknologi keyboard bluetooth perkembangannya masih lambat, ada beberapa perkembangan mengikuti trend teknologinya, misalnya: Kecepatan bluetooth versi 5.0, teknologi mekanik yang makin lengkap, model model yang mengikuti ergonomi (menyesuaikan dengan tangan manusia secara alami). Tentunya ke depan teknologinya akan terus berkembang. 

Sisanya adalah selera, kebutuhan dan minat kita. Termasuk jika kita menyukai papan ketik bluetooth gaya retro ini.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

1 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak