Embed video atau upload video? Mana yang lebih SEO?

Salah satu faktor ranking website adalah konten video, disamping konten gambar dan tulisan. Dan oleh karena tipe website modern memiliki fitur penyokong teknologi web yang lebih maju,  kaya dan lebih bervariasi daripada tipe web zaman old,  maka konten video memiliki tempat yang penting untuk SEO. 

Akan tetapi ada pertanyaan, konten video yang diposting dalam bentuk embed atau di upload langsung ke halaman web atau blog? 

Di embed berarti kita mengkopi sekumpulan kode HTML berikut link asal video untuk ditayangkan ulang ke dalam halaman kita. 

Contoh:

<iframe src="https://youtu.be/kMiHAn6ZxFg"frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Contoh video yang saya upload ke Youtube dan di embed ke halaman ini:


Sedangkan upload berarti video di upload langsung dari ruang penyimpanan komputer atau hape ke dalam halaman blog. 

Di dasbor blogger sendiri terdapat kedua opsi tersebut, bisa pilih video dari youtube, bisa langsung upload dari komputer. 

Jadi mana yang lebih seo upload atau embed? 

Pakar website Google John Mu mengatakan kedua duanya sama dan setara. Mau upload, langsung atau diupload terlebih dahulu ke youtube untuk kemudian di embed ke dalam halaman hasilnya adalah sama. Sama sama bermanfaat dan sama sama SEO. 

Kesimpulan:

Video adalah konten penting di era blogging modern. 

Upload video berarti mengambil video dari dalam perangkat komputer,  tablet dan hape dan memasangnya langsung ke dalam halaman blog. 

Berarti juga langsung menggunakan jatah ruang halaman ini tidak terlalu disarankan buat yang blogging menggunakan wordpress. 

Embed berarti menambahkan sekumpulan kode HTML dan link dari situs lain seperti youtube dan menayangkan video itu kembali melalui halaman kita. 

Itulah semuanya. 

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

3 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Tambahan aja mbak, kalau upload video ke hosting blogger itu kayanya bisa mengurangi ukuran storage google drive, saya pernah baca di web nya google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya memang demikian, tapi saya gak pernah perhatiin sih

      Hapus

  2. Aku lihat videonya aja, Anissa yg mana, soalnya dua2nya mirip 🤣

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak